Jenis Kelinci Termahal
Kelinci adalah hewan mamalia lucu yang banyak dibudidayakan oleh para peternak.
Kelinci telah menjadi sebuah hewan berharga bagi manusia selama ratusan tahun. Pada awalnya mereka menjadi komoditas yang diambil dagingnya untuk konsumsi. Saat ini dikarenakan kelakuan dan penampilannya yang lucu dan menggemaskan, banyak orang yang menjadikan kelinci sebagai hewan peliharaan. Kemudian muncullah orang yang mengkawin silangkannya, sehingga muncullah Jenis kelinci hias yang dikhususkan untuk hewan peliharaan di rumah. Jenis kelinci hias yang unik dan berkualitas tinggi memiliki harga jual yang sangat mahal. Berikut jenis kelinci termahal:
1. Kelinci Lop
Jenis kelinci termahal berikutnya adalah tipe Lop, yakni ras lokal yang memiliki telinga panjang menggantung. Variannya terbagi lagi menjadi French Lop, English Lop, Holland Lop, dan sebagainya. Sifatnya manja sehinga kamu harus sering mengajak kelinci Lop bermain serta menggendongnya. Sayangnya, kelinci hias satu ini tidak menyukai tempat yang terlalu ramai dan bising. Oleh sebab itu, sebaiknya letakkan kandang kelinci di halaman belakang yang jauh dari kebisingan jalan raya.
2. Himalayan
Tak beda jauh dengan American Chincilla, untuk kelinci Himalayan ini juga merupakan kelinci hias dengan harga ‘cukup’ terjangkau. Kelinci jenis ini memiliki rambut tebal dan punya mata merang terang, tubuhnya yang memanjang membuat kelinci ini banyak diminati. Bobot dari kelinci Himalayan ini mencapai 4 KG lebih, dan ada versi mininya yang berasal dari Rusia dengan sebutan dwarf yang merupakan hasil persilangan. Untuk jenis ini termasuk salah satu jenis kelinci yang aman untuk anak-anak karena memang tidak begitu galak.
3. Kelinci Lion
Untuk kelinci yang satu sering kali disamakan dengan kelinci Anggora, namun sebenarnya berbeda. Kelinci Lion ini bisa jadi alternative bagi anda yang ingin memiliki kelinci dengan bulu tebal panjang namun dijual lebih terjangkau. Karena harganya lebih murah dibandingkan dengan Kelinci Anggora, namun dengan alasan khusus harga Kelinci Lion ini sama dengan jenis Anggora. Namun kalau ditemukan tanda kelinci sakit ya sama-sama harus segera diatasi dengan tepat.
4. Kelinci Lionhead
Lionhead merupakan ras yang relatif baru yang ada di American Rabbit Breeders Association. Ia baru diakui sebagai salah satu ras kelinci pada tahun 2014. Ia memiliki bulu wajah yang sangat tebal sehingga dianggap mirip seperti kepala singa (lion head). Awalnya ras ini dianggap sebagai hasil persilangan anggora yang gagal karena memiliki beberapa kekurangan diantaranya adalah telinganya yang pendek dan bulu wajah yang sangat tebal. Akan tetapi justru tampilannya tersebutlah yang membuat ras ini terlihat sangat lucu. Saat ini harga kelinci lionhead di pasaran adalah sekitar 1,4 sampai 2 juta rupiah.
5. Kelinci Netherland Dwarfs
Jenis kelinci hias ini berukuran mungil tetapi sangat penuh energi, sehingga suka sekali bergerak kesana kemari. Netherland Dwarfs mempunyai ukuran yang hanya sebesar anak kucing, sehingga terlihat sangat menggemaskan. Akan tetapi bagi anda yang mempunyai anak kecil sebaiknya jangan memeliharanya, karena hewan ini mudah sekali stress. Apalagi biasanya anak kecil suka sekali untuk menggendong dan memeluk hewan peliharaannya. Netherland Dwarfs memiliki harga yang lumayan yang membuatnya sejajar dengan jenis kelinci termahal lainya. Saat ini Netherland Dwarfs yang telah dilengkapi dengan sertifikat tentang keasliannya dijual dengan harga sekitar 3 juta rupiah.
6. Kelinci English Spot
Sesuai namanya, kelinci ini memang berasal dari dataran Inggris, dan merupakan persilangan antara Anggora, Patagonian, Dutch, Silver, English Lop, Himalaya dan Flamish Giant. Kelinci jenis ini memiliki keunikan pada bulunya yang berwarna hitam putih dan bercorak unik.
Meskipun dikenal dengan warna hitam dan putih, namun Kelinci English Spot ini memiliki kombinasi warna lain seperti abu-abu, hitam, serta putih yang membuatnya lebih bervarian dan memiliki tampilan makin cantik serta menggemaskan.
7. Flemish Giant
Tubuhnya lebih besar dari jenis kelinci lain, sehingga terlihat sangat gemuk serta menggemaskan. Ukuran tubuh Flemish Giant bisa mencapai 50,8 cm dengan bobot 15 kg apabila tumbuh dengan baik. Sementara, telinganya memanjang ke atas dengan ukuran hingga 15 cm. Tidak heran harga kelinci ini mencapai Rp10 juta per ekor ketika dewasa. Sebagai catatan, apabila ingin memelihara kelinci ini, pastikan membeli kandang yang besar agar ia tetap leluasa bergerak.
8. Kelinci Anggora Jerman
Jenis kelinci hias ini memiliki bulu yang sangat lebat dengan warna putih polos membuatnya terlihat seperti gumpalan kapas. Dulunya ras ini dibudidayakan di Eropa untuk diambil bulunya yang dijadikan sebagai kain Wol. Akan tetapi karena kelucuan yang dimiliki ras ini serta sifatnya yang lincah dan ceria membuatnya banyak disukai orang. Kelinci anggora jerman biasanya dijual di Indonesia dengan harga sekitar 1 juta rupiah.
Nah itu beberapa jenis kelinci termahal di dunia. Semoga bermanfaat!