Fakta Kucing Bengal
Kucing Bengal adalah salah satu persilangan kucing hutan dan domestik yang cukup populer.
Kucing bengal adalah jenis kucing domestik berbulu pendek yang dikembangkan di Amerika Serikat (AS) pada tahun 1970-an. Kucing bengal dikembangkan dengan cara mengawinkan kucing macan tutul Asia dengan kucing peliharaan. Nama kucing bengal pun diambil dari nama ilmiah kucing macan tutul Asia, yakni Felis bengalensis. Meski memiliki tampilan yang fisik yang tampak garang, kucing bengal memiliki temperamen yang lemah lembut. Berikut ini fakta kucing bengal:
1. Memiliki tingkat intelegensi diatas rata-rata kucing lainnya
Kucing Bengal adalah salah satu kucing yang memiliki karakteristik sangat pintar dan juga aktif. Sehingga kamu dapat mengajarkanya beberapa trik-trik tertentu padanya. Ia juga merupakan kucing yang sangat peka terhadap rangsangan sehingga ia akan reaktif kepada apapun yang ada di dekatnya.
2. Tidak Mungil
Meskipun tidak sebesar kucing giant Maine Coon, kucing Bengal masih memiliki tubuh yang berotot dan atletis. Umumnya, kucing Bengal bisa mencapai berat 8-15 pound. Ringkasnya, mereka bukan hewan peliharaan atau kucing yang mungil. Kucing ini memiliki bulu dengan bintik-bintik yang mirip dengan macan tutul, memberi mereka penampilan kucing hutan yang eksotis. Kucing Bengal adalah satu-satunya ras kucing domestik dengan tanda rosette (motif seperti bunga mawar) pada bulunya. Bintik-bintik ini bisa bermacam-macam warna, termasuk kuning tua, cokelat, dan hitam.
3. Bulu yang Berkilauan
Jika dilihat secara saksama, bulu Bengal mungkin tampak memiliki kilau warna-warni. Sifat ini juga disebut "berkilauan", atau “glittering”. Karakter ini membuat bulu kucing Bengal tampak seperti ditaburi debu peri keemasan. Sebagian besar penggemar kucing ini setuju bahwa sifat unik ini semakin meningkatkan keindahan kucing Bengal.
4. Kucing bengal memiliki insting predator Kucing bengal memiliki naluri predator yang sangat kuat sehingga penting untuk menjauhkan kelinci, hamster, atau hewan peliharaan kecil lainnya dari mereka.
5. Suka Berinteraksi
Kucing Bengal berkembang dengan interaksi yang konsisten. Hewan sosial ini senang menghabiskan waktu bersama pemiliknya. Jika kamu pergi bekerja hampir sepanjang hari, pertimbangkan untuk memiliki kucing kedua di rumahmu. Sebab, kucing Bengal suka memiliki teman bermain.
6. Memiliki ukuran yang besar
Kucing Bengal jantan rata-rata memiliki berat dari 4,5 - 6,8 kilogram dan untuk betina memiliki berat rata-rata 3,6 - 5,4 kilogram. Sedangkan kucing lainnya hanya sekitar 3,6 -4,5 kilogram untuk kucing dewasa. Berat tersebut hanya rata-rata dari yang biasa ditemukan, karena ada pula yang beratnya lebih besar dibandingkan hal tersebut.
7. Mudah Dilatih
Kucing Bengal adalah jenis kucing yang sangat cerdas. Mereka suka mempelajari trik baru, dan mereka dapat dilatih untuk melakukan perintah sederhana seperti mengambil mainan. Mereka bahkan dapat dilatih untuk berjalan bersama pemiliknya dengan tali.
8. Harga kucing bengal sangat mahal
Menurut Bengal Cat Club, harga kucing bengal bisa berbeda-beda, bergantung pada lokasi, peternak, jenis kelamin, kualitas, dan generasi yang dihasilkan dari kucing macan tutul Asia. Mereka mencatat salah satu harga kucing bengal termahal adalah $10.000 atau sekitar Rp142.547.500.
Itulah fakta tentang Kucing Bengal. Semoga bermanfaat!