Mengatasi Kucing Stress
Kucing memang hewan karnivora yang mudah beradaptasi dengan lingkungan baru. Sama seperti manusia, kucing juga bisa mengalami stres.
Ketika kucing kesayanganmu dilanda stres, jangan heran bila tingkah lakunya jadi cenderung menyebalkan atau merepotkan. Hal yang perlu diketahui, penting untuk melakukan tindakan untuk mengatasi stres pada kucing. Penting bagi pemilik untuk mengelola dan mengurangi stres pada kucing sesering mungkin. Pasalnya, stres pada kucing bisa menyebabkan perubahan perilaku yang bisa berdampak negatif pada kesehatan emosional dan fisiknya. Bahkan, stres pada kucing yang dibiarkan tanpa penanganan bisa memicu berbagai penyakit. Berikut ini beberapa tips untuk mengatasi stres pada kucing:
1. Hindari Mengurung Kucing
Pada dasarnya, kucing adalah hewan yang senang berkeliaran. Jika kamu mengurungnya terlalu lama di dalam kandang, kucing akan cepat bosan dan mudah stres karena ia merasa kesepian. Akibatnya, hewan peliharaan kamu jadi rentan terkena penyakit. Kalau kamu takut kucing akan kabur pada malam hari, kamu bisa mengunci semua pintu dan jendela agar ia tidak keluar rumah.
2. Lakukan Pelatihan Kucing secara Konsisten
Kurangi stres dengan memastikan semua orang dalam keluarga memiliki pemahaman yang sama tentang pelatihan kucing. Jangan sampai setiap anggota keluarga memiliki pemahaman pelatihan yang berbeda. Sebab pesan yang bercampur bisa membingungkan dan membuat kucing stres. Jadi berilah pelatihan yang baik dan konsisten.
3. Gunakan aroma yang menenangkan
Agar kucing menjadi lebih rileks, kamu bisa gunakan diffuser dengan aroma yang disukai kucing. Pastikan untuk menggunakan jenis diffuser dan aroma yang aman bagi kucing peliharaan. Letakkan diffuser di area tempat bermain kucing atau tempatnya beristirahat. Kamu juga bisa menggunakan beberapa aroma alami dari tanaman herbal.
4. Ajak Kucing Bermain
Sebagai pemilik, ada baiknya jika kamu selalu meluangkan waktu untuk mengajak kucing bermain. Namun, perhatikan juga kondisi mood-nya. Hindari memaksa kucing untuk berinteraksi saat ia tidak mau. Biarkan kucing kesayangan kamu menentukan kapan ia ingin bermain dan tidak untuk menghindarinya dari stres.
5. Pastikan kucing tidak merasa terjebak
Kucing, seperti kebanyakan hewan, merasa aman ketika mereka memiliki area untuk bersembunyi dan melarikan diri. Sebaiknya hindari menutup pintu agar kucing tidak merasa terjebak dan meningkatkan kecemasan mereka.Berusahalah untuk menciptakan rumah yang aman dan nyaman bagi kucing.
6. Bebaskan Interaksi Sosial pada Kucing
Jangan pernah memaksa kucing untuk berinteraksi. Biarkan kucing mengatur kecepatan seberapa besar ia ingin terlibat dalam interaksi sosial. Jangan memaksa untuk memegang atau membelai kucing, jika dia tidak menginginkannya. Berikan pengalaman positif tentang interaksi sosial, dengan begitu kucing menjadi lebih ramah.
7. Ciptakan Waktu Makan yang Tenang
Berikan makanan yang berkualitas tinggi yang sesuai dengan usia dan kesehatan kucing. Selanjutnya, ciptakan pengaturan waktu makan dan jaga tempat makan tetap bersih dan nyaman. Gunakan mangkuk makanan dengan ukuran dan bentuk yang nyaman, sehingga tidak menyebabkan kumis kucing terjepit. Temukan area makan di tempat yang tenang dan bebas dari hiruk-pikuk. Jika memiliki beberapa kucing, sebaiknya sediakan mangkuk makanan dan minuman untuk masing-masing kucing. Bila perlu, beri makan kucing di ruang terpisah untuk mengurangi stres.
8. Cek Kesehatan dan Kebersihan Secara Rutin
Baik itu kucing atau hewan peliharaan lain, tentu kamu harus melakukan pemeriksaan kesehatan secara rutin. Jadi, jika kucing sakit, kamu bisa memberikannya penanganan lebih cepat.
9. Hindari Perubahan Lingkungan Secara Mendadak
Lingkungan dan jadwal makan kucing yang selalu berubah-ubah dapat membuatnya cepat stres. Oleh sebab itu, pilih satu lokasi untuk menempatkan kandang kucing dan hindari memindahkannya secara terus-menerus. Kemudian, buatlah jadwal makan dan bermain untuknya, lalu ikuti jadwal tersebut secara konstan. Jika kamu terpaksa harus mengubah salah satu dari kedua hal di atas, lakukan secara perlahan dan hindari perubahan yang mendadak.
10. Berikan Makanan Bernutrisi
Makanan yang kurang tepat dapat menurunkan nafsu makan dan membuat kucing jadi stres. Jadi, pahami kebutuhan nutrisi kucing dan pastikan makanan yang kamu berikan mengandung seluruh nutrisi tersebut. Selain itu, hindari juga memberikan makanan yang pantang disantap oleh kucing agar ia tidak mengalami keracunan. Berikut adalah rekomendasi makanan kucing terbaik yang bisa kamu berikan.
Nah, itu dia cara mengatasi kucing stres yang dapat kamu lakukan. Semoga bermanfaat!