Penghasil Gandum Terbesar
Gandum (Triticus spp.) adalah makanan pokok bagi sebagian masyarakat dunia.
Gandum merupakan bahan utama berbagai makanan di seluruh dunia seperti pizza, roti, hingga pasta. Kelebihan gandum seperti mudah beradaptasi di berbagai iklim, kaya akan karbohidrat, serta tinggi protein daripada jagung dan beras, gandum adalah sumber energi yang relatif murah dan mudah dicari. Gandum berasal dari daerah sekitar Laut Merah dan Laut Mediterania. Tepatnya di Turki, Suriah, Irak dan Iran. Kemudian menyebar ke seluruh dunia. Budidaya gandum sendiri sudah ada sejak tahun 2700 SM. Beberapa negara menjadikan gandum sebagai hasil pertanian utamanya.
Berikut negara penghasil gandum terbesar di dunia:
1. Amerika Serikat
Amerika Serikat telah mengalokasikan 55 juta hektare lahan untuk budidaya gandum. Kansas, North Dakota, dan Montana adalah negara bagian AS penghasil gandum terkemuka. Tahun 2021/2022 ini, sekitar 44,790 juta ton metrik gandum atau senilai 10,2 miliar dolar AS diproduksi di negara itu. Hal ini mencatatkan AS sebagai negara kelima penghasil gandum terbesar di dunia.
2. China
China terus menunjukan dominasinya sebagai negara produsen gandum terbesar di dunia. Pada 2020, negara ini menghasilkan sekitar 135.000.000 metrik ton gandum atau sekitar 29% dari total produksi gandum di dunia. Di China sendiri, beras merupakan produk pertanian utama dan banyak dikonsumsi khususnya di bagian Selatan. Sedangkan gandum sebagai tanaman musim dingin tumbuh subur di Provinsi utara ketika suhu disana mencapai minus dua digit. Melalui bukti paleobotani, menunjukan bahwa gandum berasal dari sekitar Afghanistan atau Asia Tengah dan masuk ke China melalui provinsi utara Xinjiang. Bukti arkeologisnya berupa alat kuno yang digunakan untuk budidaya gandum menunjukkan bahwa gandum datang ke China baik dari Siberia atau Mongolia di Eurasia.
3. Turki
Turki ternyata bukan hanya indah dan memiliki budaya serta sejarah yang memukau. Pertaniannya juga maju. Sebagai negara penghasil gandum terbanyak, Turki mampu memanen 17,5 juta ton gandum setiap tahun. Selain diekspor ke berbagai negara termasuk Indonesia, gandum juga menjadi makanan utama di Turki. Budidaya gandum telah dikenal sejak ratusan tahun lalu di Turki. Sebuah situs kuno bernama Gobekli Tepe terdapat bukti pengolahan gandum tertua di dunia. Situs yang berada di bagian selatan Turki ini menjadi bukti arkeologi bahwa di zaman peradaban Anatolia Turki telah menjadi negara penghasil gandum.
4. Kanada
Kanada berada di urutan berikutnya dengan 34.000.000 metrik ton gandum yang diproduksi tahun ini. Ekspor gandum Kanada menghasilkan uang lebih banyak daripada produk pertanian lainnya, yang nilainya mencapai USD5,5 miliar. Produksi Kanada tercatat lebih dari 14% dari total pasokan dunia. Ilmuwan dan produsen Kanada bekerja sama dalam mengembangkan metode penanaman yang optimal terkait dengan iklim di Kanada. Mereka juga mengembangkan teknologi inovatif untuk menghasilkan banyak varietas gandum, dan menjadikan Kanada sebagai produsen gandum penggilingan protein tinggi paling terkenal di dunia. Komisi Biji-bijian Kanada dan para peneliti yang membuat gandum Kanada berkualitas secara konsisten. Hal itu memberi Kanada reputasi sebagai keranjang roti dunia.
5. Pakistan
Sebagai negara dengan ekonomi yang tidak terlalu maju, ternyata Pakistan secara mengejutkan bisa menghasilkan 25 juta ton gandum. Di negara ini gandum memang merupakan makanan pokok. Sehigga gandum memang ditanam dalam skala besar.
Tingginya produksi gandum ternyata bukan didukung oleh teknologi pertanian yang maju. Melainkan tanah Pakistan yang subur akibat endapan alluvial dari Sungai Indus. Curah hujan yang cukup juga membuat petani Pakistan tidak terlalu memerlukan irigasi dalam menanam gandum.
6. Argentina
Negara yang terletak di Amerika Selatan ini bukan hanya terkenal dengan sepak bolanya saja. Argentina juga penghasil gandum utama di dunia. Sekitar 19 juta ton gandum bisa dipanen setiap tahun. Berbeda dengan Iran, Argentina memiliki sistem pertanian yang cukup maju. Sebagai negara agraris, Argentina juga memiliki curah hujan dan iklim yang memadai serta struktur alam yang lengkap dan subur. Mulai dari kutub yang beku, padang rumput, hingga dataran tinggi yang kaya nutrisi tanah.
Demikianlah daftar negara penghasil gandum terbanyak di dunia. Semoga bermanfaat!