Manfaat Penghijauan
Dalam kehidupan, manusia akan selalu bergantung pada keberadaan pohon, begitu juga sebaliknya.
Selain bermanfaat untuk kehidupan manusia, penghijauan juga bermanfaat untuk aneka satwa. Hal tersebut dikarenakan tidak hanya manusia saja yang bergantung dengan tanaman, namun satwa pun juga bergantung terhadap tanaman tersebut. Faktanya adalah jika ada hutan yang gundul akibat kebakaran hutan atau penebangan pohon di hutan secara liar satwa yang tinggal di hutan akan keluar dari hutan. Berikut beberapa manfaat penghijauan bagi kelangsungan hidup:
1. Pelestarian Satwa Liar
Manfaat penghijauan yang keempat adalah sebagai pelestarian satwa liar. Ketika hutan mulai berkurang, jumlah satwa liar juga ikut berkurang. Hewan liar adalah yang paling menderita ketika manusia menyerang dan menghabisi hutan dan habitat mereka yang lain. Saat ini, sebagian besar tempat di mana manusia telah membangun kota dan perkebunan, dulunya merupakan tempat merumput dan tinggal bagi satwa liar. Ketika aktivitas manusia terus berkembang, jumlah satwa liar yang tinggal di daerah yang tidak terlindungi akan semakin berkurang. Untuk kondisi yang lebih ekstrem, sebagian besar jenis hewan akan punah. Dengan melakukan penanaman pohon dapat membantu memastikan bahwa ada cukup tempat tinggal bagi kehidupan liar. Dengan keberadaan banyak pohon juga berarti banyak jenis binatang atau satwa yang akan terlindungi, baik terlindungi ketersediaan makanannya ataupun terlindungi tempat tinggalnya. Karena alasan ini, penghijauan dapat membantu melindungi hewan liar.
2. Sebagai Tempat Mencari Makanan Ekosistem di Sekitarnya
Hutan adalah tempat bagi makhluk hidup untuk mencari makanan. Hutan adalah ekosistem yang sempurna untuk hewan sehingga jika manusia mengganggu ekosistem tersebut maka akan terjadi ketidak seimbangan ekosistem. Berkat ekosistem tersebut akan tercipta rantai makanan yang seimbang. Rantai makanan yang putus bisa disebabkan oleh populasi salah satu rantai makanan yang berubah menjadi sedikit, penyebabnya bisa dikarenakan ekosistem hutan yang sudah rusak akibat minimnya tindakan penghijauan. Contohnya saja hewan herbivora yang mengandalkan makanannya dari dedaunan hijau, jumlahnya akan berkurang ketika jumlah pohon yang ada di hutan menjadi berkurang, akibatnya adalah hewan karnivora tidak bisa memangsanya. Ketika hal tersebut terjadi terus menerus maka rantai makanan itu tidak akan menjadi seimbang.
3. Menjaga kualitas air tanah
Semakin banyak zona hijau dalam satu kota maka kualitas air tanah semakin baik. Penghijauan sangat penting untuk mempertahankan zona hijau di dalam kota. Ketidakseimbangan proporsi luas lahan hijau dan zona terbangun akan merusak kualitas air tanah. Limbah yang meresap ke dalam tanah akan merusak kualitas air tanah sehingga berdampak pada kesehatan apabila air ini kembali di konsumsi masyarakat.
4. Pengontrol Iklim
Tanaman dapat menciptakan kehidupan yang lebih baik bagi manusia, khususnya pada daerah yang beriklim  tropis maupun subtropis. Pada daerah subtropis, dedaunan akan berguguran agar cahaya matahari dapat menyinari bangunan. Pada daerah yang beriklim tropis, pepohonan berdaun lebat berfungsi mengurangi efek langsung sinar matahari.
Demikianlah informasi mengenai manfaat pengijauan bagi lingkungan hidup. Semoga bermanfaat!