Tempat Tidak Terjamah
Ada banyak tempat di bumi yang jarang bakan tidak pernah terjangkau oleh manusia.
Tempat-tempat tersebut jarang atau bahkan tidak pernah dikunjungi lantaran beberapa faktor. Mulai dari faktor aksesnya yang sangat sulit, kondisinya yang terlalu ekstrem, lokasinya sangat misterius, atau mungkin karena tempat tersebut dilindungi oleh pemerintah setempat. Tempat yang masih ‘perawan’ dari manusia ini menyuguhkan pemandangan alam yang sangat luas biasa.
Berikut tempat di bumi yang jarang bahkan tak pernah terjamah manusia:
1. Gurun Namib
Gurun Namib merupakan salah satu gurun di Namibia. Melansir Insider, 17 Desember 2019, gurun ini merupakan salah satu tempat terkering di Bumi dan sebagian besar belum dijelajahi. Gurun Namib di Afrika diperkirakan menjadi salah satu gurun tertua di dunia. Wilayah Namib Selatan digambarkan oleh Dana Margasatwa Dunia sebagai sebagian besar belum dijelajahi, meskipun diyakini tidak memiliki banyak vegetasi.
2. Palung Mariana
Sudah jelas bahwa Palung Mariana atau Mariana Trench ini merupakan tempat di mana manusia modern belum pernah menjelajahi tempat ini 100 persen. Seperti yang kita ketahui bahwa Mariana adalah area laut paling dalam yang ada di planet Bumi. Saking dalamnya paling ini, jika kamu masukkan Gunung Everest ke dalam palung ini, maka gunung tersebut masih tetap kurang tinggi. National Geographic melaporkan bahwa kedalaman dari Palung Mariana ini adalah 11.034 meter. Palung Mariana menjadi tempat di dunia yang belum terjamah oleh manusia karena kedalaman dan tekanan tinggi kedalaman tersebut yang sangat berbahaya untuk keselamatan. Karena masih belum terungkap oleh manusia, diyakini masih banyak makhluk hidup yang belum diketahui yang berada di laut tersebut.
3. Oymyakon
Bisa dibilang, ini adalah hunian terdingin di dunia. Demikian rendah suhunya, tanah di Oymyakon diliputi oleh es abadi. Suhu rata-rata di tempat dekat Kutub Utara itu pada Bulan Januari mencapai minus 50 derajat Celsius. Tempat ini dihuni hanya oleh sekitar 500 orang. Tanaman pertanian sulit tumbuh di tempat ini sehingga penduduk menggantungkan kebutuhan pangan mereka dari daging rusa dan kuda.
4. Gangkhar Puensum
Gangkhar Puensum adalah salah satu gunung tertinggi di dunia yang belum pernah didaki. Lokasinya berada di Bhutan dekat perbatasannya dengan Tibet. Gunung Gangkhar Puensum memiliki ketinggian 24.981 kaki di atas tanah. Gunung ini diyakini belum pernah ditaklukkan, tetapi pada tahun 1994, calon pendaki mulai dilarang mencoba mencapai puncak gunung, karena pemerintah menutupnya untuk pendaki.
5. Pulau Pitcairn
Pulau Pitcairn yang berada 3.300 mil dari Selandia Baru, tidak ada pesawat atau helikopter yang pernah mendarat di tempat di dunia yang belum terjamah oleh manusia ini. Kira-kira diperlukan waktu sekitar 32 jam dengan kapal pesiar untuk sampai ke pulau terpencil Pitcairn dari Aauckland, Selandia Baru. Pulau ini dikenal menjadi Wilayah Luar Negeri Inggris, tapi pemerintahannya berada di Selandia Baru.
6. Benua Antartika
Antartika adalah benua yang sebagian besar tidak berpenghuni. Benua ini penuh dengan daerah-daerah yang belum dijelajahi. Sebagian besar ilmuwan dan peneliti yang menghabiskan waktu di Antartika mendiami daerah sekitar stasiun penelitian karena bentang alam yang ekstrem. Hal ini karena sebagian besar wilayah di Benua Antartika tidak memang layak huni. Satu-satunya benua yang tidak pernah dihuni oleh manusia, 96 persen dari pulau itu tertutup es, yang rata-rata tebalnya lebih dari satu mil (1,6 km).
7. Alert, Nunavut, Kanada
Boleh dikatakan, tempat ini benar-benar tidak berpenghuni. Alert berada di bagian bumi paling yang paling utara. Hanya personel militer dan ilmuwan saja yang datang ke tempat ini untuk melakukan operasi penelitian cuaca maupun operasi intelijen.
8. Pulau Sentinel Utara
Pulau Sentinel Utara adalah sebuah bagian dari Kepulauan Andaman di Samudera Hindia, yang hampir tidak terjamah oleh manusia modern. Dalam pulau ini ada suku penduduk asli yang dikenal dengan sebutan Sentinel dan diyakini mendiami tempat di dunia yang belum terjamah oleh manusia tersebut.
9. Segitiga Bermuda
Segitiga Bermuda merupakan tempat yang paling misterius di Samudera Atlantik yang terletak di perbatasan Miami, Bermuda, dan Puerto Rico. Bahkan, tanggal 28 Agustus 2018 lalu, puluhan kapal dan pesawat menghilang secara misterius di Segitiga Bermuda. Lokasi ini pun sampai kini masih menjadi misteri lantaran tidak dapat dijangkau dan diidentifikasi oleh manusia.
Nah itulah beberapa tempat di dunia yang belum terjamah oleh manusia. Semoga bermanfaat!