Sejarah Istana Himeji
Kastil Himeji di Kota Himeji termasuk salah satu Kekayaan Nasional Jepang yang tercatat dalam Situs Warisan Dunia UNESCO.
Menurut pembagian provinsi zaman dulu, istana ini terletak di Harima-no-kuni, Shikito-gun, Himeji. Pesona keindahan plesteran berwarna putih yang mendominasi tembok-tembok istana menjadikan Istana Himeji mempunyai sebutan lain "istana burung kuntul putih". Istana Himeji merupakan salah satu contoh peninggalan arsitektur istana dari awal abad ke-17 yang paling penting
Istana Himeji dikenal pula sebagai Istana Bangau Putih dan merupakan Pusaka Nasional Jepang sekaligus situs Warisan Dunia. Statusnya sebagai salah satu dari 12 istana asli yang masih tersisa di Jepang menjadikan benteng ini wajib dikunjungi bagi siapa saja yang tertarik dengan sejarah Jepang.
Kastil ini dibangun pertama kali pada tahun 1346, kemudian mengalami beberapa kali rekonstruksi hingga menjadi bentuknya sekarang. Di antara kastil di Jepang, ada kastil modern yang direstorasi setelah tahun 1950. Sedangkan Tenshukaku (menara kastil) milik Kastil Himeji yang dibangun pada tahun 1609 ini masih berdiri sampai sekarang dan membuat nilai sejarah kastil ini semakin tinggi.
Tenshukaku Kastil Himeji baru saja selesai mengalami renovasi besar pada musim semi tahun 2015. Selama masa renovasi yang memakan waktu sekitar 5,5 tahun, dilakukan pemlesteran ulang pada dinding dan perbaikan atap sehingga menambah kesan putih bersih. Kastil yang semakin cantik ini cocok sekali untuk diabadikan dalam foto.
Pemerintah Jepang menetapkan 8 bangunan, antara lain menara utama, menara kecil, dan Watari-yagura yang ada di dalam kompleks istana sebagai pusaka negara. Selain itu, berjenis-jenis bangunan dengan total 74 bangunan di dalam kompleks istana (27 bangunan Yagura/Watari-yagura, 15 bangunan pintu gerbang, 32 bangunan tembok) ditetapkan sebagai warisan budaya yang penting.
Daya tarik utama adalah bagian dalam menara istana. Di dalam menara , ada pameran berharga yang terkait dengan Istana Himeji. Kamu juga dapat memanjat ke atas keep besar (O-tenshu) yang terletak di atas menara istanal. Sebagai sebuah observatorium, kamu dapat melihat kota Himeji dari tempat penyimpanan besar, sehingga tempat ini sangat direkomendasikan. Selain itu, benteng barat adalah taman Jepang besar yang terletak di sisi barat kastil. Tidak hanya ada pertahanan di dalam kastil, tetapi ada juga pertahanan di bangunan benteng barat untuk melindungi istana di semua lini. Kamu dapat menikmati berbagai pameran menarik serta area yang dirancang dengan baik di dalam gedung.
Istana Himeji terkenal sebagai tempat melihat bunga Sakura di musim semi. Setahun dua kali, pada tanggal 1 Januari dan 6 April, pengunjung bisa memasuki istana dengan gratis. Kereta Sanyo Shinkansen dan kereta JR jalur Sanyo-honsen berhenti di stasiun JR Himeji. Dari stasiun JR Himeji, Istana Himeji dapat dicapai dengan berjalan kaki (20 menit).
Demikian informasi mengenai istana himeji. Semoga bermanfaat!