Pegunungan Zhangye Danxia
Pegunungan pelangi, Zhangye Danxia menyuguhkan pesona relief bebatuan puspa warna nan memanjakan mata.
Pegunungan ini memiliki spektrum warna yang beragam di sepanjang pegunungannya. Gunung ini dinamakan Zhangye Danxia Landform Geological Park yang berada di provinsi Gansu, Tiongkok. Nama lain yang biasa orang sebutkan untuk mendeskripsikan pegunungan ini adalah Gunung Pelagi, karena memang terlihat seperti warna-warna pelagi jatuh menghiasi seluruh pegunungan ini. Luas dari Gunung Zhangye Danxia adalah 300 kilometer persegi.
Secara resmi ditetapkan sebagai "Zhangye National Geopark" oleh Kementerian Pertanahan dan Sumber Daya pada 16 Juni 2016 setelah lulus uji penerimaan di tempat. Dikenal karena formasi batuannya yang berwarna-warni, telah dipilih oleh media Tiongkok sebagai salah satu bentang alam terindah di Tiongkok. Ini bukan situs warisan dunia UNESCO.
Taman ini terletak di kaki utara Pegunungan Qilian , di kabupaten Linze dan Sunan , yang berada di bawah administrasi kota tingkat prefektur Zhangye, provinsi Gansu. Area utama bentuk lahan Danxia berada di kotapraja Kangle dan Baiyin. Area inti taman, Linze Danxia Scenic Area, terletak 30 kilometer (19 mil) barat pusat kota Zhangye dan 20 kilometer (12 mil) selatan kursi Linze County. Ini adalah bagian taman yang paling berkembang dan paling banyak dikunjungi.
Laporan China Highlights menyebut sebelum menjadi gunung puspa warna yang dikenal hari ini, Zhangye Danxia jutaan tahun lalu merupakan permukaan dasar samudera lepas. Tumbukan lempeng tektonik di dasar laut membuat permukaan dasarnya berlipat dan membuncah ke luar. Letusan gunung berapi di dasar laut yang terjadi berkali-kali jutaan tahun silam lantas memunculkan bongkahan pegunungan serta zat-zat di dasar bumi macam kalsium, besi, tembaga, klorit dan sulfida.
Bermacam warna pada permukaannya kemudian terbentuk akibat fenomena geomorfologi petrografi, yakni erosi dan endapan menahun yang menciptakan formasi bebatuan dari pasir merah dan mineral. Selain Zhangye Danxia, fenomena pegunungan pelangi juga dapat kita temukan di beberapa titik di belahan dunia lainnya. Antara lain pegunungan Brennisteinsalda di Islandia, pegunungan Cerro de los Siete Colores di Argentina hingga Gunung Ausangate di Peru.
Fenomena alam yang luar biasa ini adalah sebuah contoh fenomena geomorfologi petrografi yang terbentuk karena kondisi lingkungan. Warna-warni indah yang menghiasi pegunungan ini adalah hasil dari batuan pasir merah dan mineral yang terbentuk sejak Periode Kapur, yang tepatnya 24 juta yang lalu. Formasi batuan ini kemudian mengalami pergeseran lempeng tektonik yang juga membentuk pegunungan Himalaya.
Karena keunikannya, berbagai macam turis dari berbagai macam belahan dunia pun berlomba-lomba mengunjungi Tiongkok untuk melihat Gunung Pelangi ini secara langsung, karena itulah para penduduk lokal akhirnya memutuskan dan berinisiatif untuk membangun jalan agar para pengunjung bisa lebih mudah mengakses perbukitan tersebut.
Demikianlah informasi mengenai pegunungan zhangye daxia. Semoga bermanfaat!