Gelombang Laut Tertinggi
Deburan ombak menjadi pemandangan yang dinantikan oleh wisatawan saat berlibur di pantai.
Pantai adalah tempat rekreasi favorit bagi para pecinta olahraga surfing. Selain itu, banyak pula orang yang memilih berlibur ke pantai untuk menikmati suasananya yang indah seperti semilir angin, langit sore yang cantik, hingga suara deru ombak.
Berikut ini adalah beberapa ombak terbesar yang tersebar di seluruh dunia:
1. Peahi, Maui, Hawaii
Pantai Peahi atau juga dikenal sebagai Pantai Jaw merupakan pantai dengan air biru kristal di Hawai. Pantai ini terkenal dengan keganasan ombaknya yang bisa mencapai 30 kaki hingga 80 kaki, atau sekitar 9-23 meter. Tak heran, gelombang ini diperkirakan menjadi yang terbesar dan tercepat di Samudera Pasifik. Tak hanya ombak besar, peselancar menghadapi tantangan dari reruntuhan karang yang terendam air laut sehingga berpotensi mencederai badan mereka.
2. Cortes Bank - San Diego, California
Ombak yang unik ini terletak kira-kira 100 mil dari lepas pantai California Selatan. Tempat ini merupakan sebuah pulau kecil, tepat di bawah permukaan laut terbuka. Ketika gelombang besar dari barat menarik keluar jauh ke arah pantai barat, mereka dapat meledak tepat di atas pulau kecil yang terendam di Cortes Bank. Hal itu yang membuat lokasi ini menjadi satu tempat selancar dengan gelombang besar dan paling berbahaya di dunia.
3. Gansbaai, Afrika Selatan
Gansbaai adalah kota nelayan dan tujuan wisata yang populer di Overberg District Municipality, Western Cape, Afrika Selatan. Kota telah disebut sebagai "Ibukota Hiu Putih Besar Dunia" karena banyaknya pemangsa berbahaya yang ditemukan bersembunyi di lepas pantai. Menurut The Telegraph, hiu-hiu berdatangan ke daerah itu akibat adanya koloni 60 ribu anjing laut berbulu yang hidup di "Shark Alley".
4. Belhara, La Cote Basque, Perancis
Belhara terletak sekitar 2,5 km barat laut di lepas pantai kota nelayan Saint Jean de Luz, Perancis. Berdasarkan informasi dari Surfer Today, ombak tertinggi yang pernah tercatat di kawasan ini mencapai 66 kaki atau sekitar 20 meter. Gelombang tinggi itu berhasil ditaklukkan oleh tim Sebastian St. Jean pada 2 November 2002.
5. Pantai News Smyrna, Florida
Jangan pernah terlena dengan keindahan semata karena kamu tidak tahu terdapat bahaya tersembunyi yang sedang mengintai di balik keindahan tersebut. Pantai New Smyrna adalah salah satunya. Area wisata yang  indah ini dipenuhi dengan hiu yang lebih mematikan daripada imajinasi kamu. Sudah banyak korban yang berjatuhan di pantai ini. Tercatat ada sebanyak 238 serangan hiu di pantai tersebut, dilansir dari panamajack.com.
6. Cyclops - Espérance, Australia Barat
Lokasinya terletak di pantai lepas Esperance, Australia Barat. Untuk menuju Cyclops, hanya bisa diakses dengan perahu. Perubahan kedalaman yang ekstrim akan membawa ke arah karang yang tajam. Nama cyclops berasal dari barel oval yang membentuk ombak tebal menyentuh karang.
7. Tehupoo, Tahiti, Polinesia
Pantai Teahupoo merupakan salah satu pantai dengan ombak terbesar dan paling mematikan di dunia. Karakteristik ombak di pantai ini adalah besar, berongga, dan bergerak cepat sehingga mampu memecah karang. Ketinggian ombak di Tehupoo bisa mencapai 7 meter. Tak heran, ombak-ombak di Pantai Teahupoo mampu merenggut nyawa beberapa peselancar ulung.
Demikianlah informasi mengenai gelombang laut terbesar di dunia. Semoga bermanfaat!