Taman Nasional Terpopuler
Taman nasional adalah kawasan pelestarian alam yang dikelola, dimanfaatkan untuk kegiatan ilmu pengetahuan, dan pelatihan.
Salah satu tempat yang paling menakjubkan di dunia adalah Taman Nasional. Tempat wisata ini biasanya kaya dengan tanaman dan satwa liar yang langka. Banyak negara di seluruh penjuru dunia memiliki Taman Nasional yang menyuguhkan pemandangan alam yang luar biasa. Tak hanya itu, Taman Nasional juga menawarkan hal lain-lainnya seperti pengalaman ilmiah, pendidikan, dan rekreasi yang tak kalah menarik dibanding tempat wisata alam lainnya. Berikut rekomendasi taman nasional populer di dunia yang bisa kamu kunjungi dan pastinya akan memberikanmu pengalaman paling berkesan dan sulit untuk dilupakan.
Berikut ini taman nasional paling populer yang bisa jadi destinasi liburan kamu:
1. Banff, Kanada
Taman Nasional Banff terletak di Pegunungan Rocky Alberta dan merupakan taman nasional tertua di Kanada yang telah berdiri sejak tahun 1885. Salah satu destinasi taman nasional terpopuler di dunia ini menyajikan pemandangan yang begitu megah mencakup pemandangan pegunungan, hutan pinus, danau biru, dan lading es di musim dingin. Karena berusia sangat tua, Taman Nasional Banff ini pun memiliki catatan sejarah yang cukup panjang. Taman Nasional Banff sempat jadi lahan sengketa antara kaum pecinta alam dan pihak yang ingin mengkomersialisasi kawasan ini. Pada akhirnya, pemerintah Kanada pun mengambil alih tanggung jawab atas warisan alam yang indah ini.
2. Taman Nasional Grand Canyon
Masih di Amerika Serikat, taman nasional ini menjadi populer yang kedua karena pengunjungnya mencapai 5,5 juta lebih dalam setahun. Pasti kamu tentu tahu akan kepopuleran taman nasional di Amerika Serikat ini karena sering dibahas diberbagai media. Menawarkan pemandangan yang indah dan menakjubkan, jurang-jurang terjal sepanjang 446 km dengan lebar 6-29 km dan dalamnya mencapai hingga 1.600 meter menjadi ciri khas utama taman nasional ini.
3. Zion National Park, Amerika Serikat
Zion National Park terletak di negara bagian Utah, Amerika Serikat. Taman nasional ini menyuguhkan pemandangan celah alami yang berwarna kemerahan. Selain itu, ada laguna di bagian tengahnya serhingga dapat dilalui pengunjung tanpa harus berenang. Di samping itu, tempat ini juga dihuni penduduk asli Amerika dari suku Anasazi sejak 8000 tahun lalu.
4. Göreme. Turki
Taman Nasional Göreme terletak di dataran tinggi Anatolia, dan merupakan kumpulan tebing yang terbentuk karena erosi. Bentuknya mirip seperti cerobong asap dan bentuk pilar-pilarnya yang unik menjadi daya tarik bagi salah satu taman nasional terpopuler di dunia satu ini. Selain itu, di tempat ini kamu juga bisa melihat beberapa peninggalan peradaban Bizantium, yang merupakan tempat ibadah dan telah berusia sejak abad ke-4.
5. Taman Nasional Yosemite
Taman nasional ini terletak Amerika Serikat, tepatnya di California. Dengan luas area 3.080,74 km persegi dan ada pohon Sequoia raksasa. Tahu kan pohon apa ini? Ini adalah pohon terbesar di dunia dan berumur 3.200 tahun. Karena itu taman nasional ini pun mampu menarik pengunjung 4,1 juta orang.
6. Taman Nasional Komodo, Indonesia
Taman Nasional Komodo memiliki luas wilayah 173.300 hektar. Terdapat tiga pulau besar yang masuk ke dalam kawasan Taman Nasional Komodo, yaitu Pulau Komodo, Pulau Padar, dan Pulau Rinca. Tidak hanya melindungi hewan Komodo yang terancam punah, di taman nasional ini para pengunjung juga bisa menikmati keindahan dari 254 spesies tanaman yang berasal dari Asia dan juga Australia
7. Taman Nasional Zion
Taman nasional ini mampu memikatlebih 4,2 juta wisatawan untuk mengunjunginya. Luas area taman nasional 593,3 km persegi. Ciri khas taman nasional adalah tebing berwarna merah yang curam.
8. Yellowstone, Amerika Serikat
Taman nasional yang populer dan tertua di dunia adalah Yellowstone National Park. Taman nasional ini berada di Amerika Serikat tepatnya di tiga negara, yaitu Montana, Idaho, dan Wyoming. Taman Nasional Yellowstone berupa padang belantara luas yang menyuguhkan titik panas vulkanik geyser, sumber air panas, dan hutan lebat.
Itulah rekomendasi taman nasional terpopuler yang ada di dunia. Semoga bermanfaat!