Taman Nasional Arches
Taman Nasional Arches , daerah gurun formasi batu pasir di bagian timur Utah , AS.
Amerika Serikat memiliki banyak taman nasional yang tersebar di negara-negara bagian. Salah satu taman yang mencuri perhatian adalah Taman Nasional Arches. Taman ini mampu menarik banyak wisatawan setiap tahunnya dari berbagai negara. Selain itu, terdapat berbagai spot menarik yang sukses membuat terpesona. Didirikan sebagai monumen nasional pada tahun 1929 dan sebagai taman nasional pada tahun 1971, dan memiliki luas 120 mil persegi (310 km persegi).
Taman ini terletak di tepi utara Dataran Tinggi Colorado pada ketinggian kira-kira antara 4.000 dan 5.600 kaki (1.200 dan 1.700 meter). Batu pasir merah daerah itu telah terkikis menjadi berbagai bentuk yang tidak biasa, termasuk puncak , jendela, dan lengkungan. Fitur penting adalah Balanced Rock,Courthouse Towers (dengan menara yang menyerupai gedung pencakar langit), The Bagian Windows, Arch Delicate ,Tungku Api (dinamai demikian karena bersinar saat matahari terbenam), dan Devils Garden. Lengkungan Lanskap, berukuran panjang sekitar 290 kaki (88 meter) dari dasar ke dasar, adalah salah satu bentangan bebatuan alami terpanjang di dunia; sejak tahun 1991 sebagian besar formasi telah jatuh, meskipun lengkungannya tetap utuh.
Yang mendasari lanskap taman saat ini adalah hamparan garam yang mengendap sekitar 300 juta tahun yang lalu. Pasir dan sedimen lainnya menutupi dasar garam dan akhirnya terkompresi menjadi batuan. Berat batu di atasnya ini menyebabkan lapisan garam yang tidak stabil bergeser dan melengkung; lapisan batuan dipindahkan ke atas untuk membentuk kubah, sementara di tempat lain di wilayah rongga berkembang. Saat kubah garam runtuh, bebatuan di sisi-sisinya retak. Erosi angin dan air membentuk sirip batu pasir dari batuan yang retak, dan pelapukan lebih lanjut (terutama pada sisi sirip) menciptakan lengkungan batu. Lebih dari 2.000 lengkungan telah dikatalogkan di taman ini.
Dengan lebih dari 2000 formasi batuan berbentuk lengkung, belum lagi menara batu dan bukit-bukit, Arches adalah salah satu taman nasional yang paling ikonik dan spektakuler di seluruh AS Setiap tahun, ia memikat lebih dari satu juta pengunjung melalui gerbangnya, sebagian besar yang tidak menyimpang jauh dari jalan dan tempat parkir. Tetapi menjelajah ke area terbuka seluas lebih dari 119 mil persegi yang membentuk batas taman dan Anda akan menemukan banyak hal yang unik dan menarik untuk membuat Anda sibuk.
Formasi batuan paling terkenal di dalam Arches National Park adalah tanpa diragukan lagi Delicate Arch. Bahkan, ini mungkin lengkungan paling terkenal di seluruh dunia, dan bahkan mengungguli pelat nomor untuk negara bagian Utah. Pengunjung dapat mendaki ke Delicate Arch sepanjang jejak 1,5 mil yang menyandang namanya. Jalannya mudah, dapat diakses, dan sepadan dengan usaha, dengan pemandangan yang bagus di sepanjang rute. Jalan utama melalui Arches National Park adalah Arches Scenic Drive, yang membentang sejauh 18 mil melewati beberapa pemandangan paling indah di seluruh taman. Di sepanjang jalan, Anda akan dapat melihat banyak formasi batu di taman nasional.
Taman ini memiliki iklim kering yang ditandai dengan fluktuasi suhu diurnal yang cukup besar. Musim panas terasa panas, dengan suhu paling tinggi di siang hari sering kali melebihi 100 ° F (38 ° C), dan musim dingin yang dingin, karena suhu terendah malam hari umumnya jauh di bawah titik beku. Curah hujan sedikit dan sering kali datang sebagai hujan singkat dan deras yang dapat memicu banjir bandang di arroyos dan ngarai. Tanah berbatu terutama mendukung semak belukar, rerumputan, beberapa spesies kaktus (terutama pir berduri), dan berbagai macam bunga liar, terutama di musim semi. Selain itu, hutan dengan pohon juniper dan pinus piñon yang tersebar menutupi sekitar setengah area, dan kapuk, box elder, zaitun Rusia, dan tamarisks.
Demikianlah informasi mengenai taman nasional arches. Semoga bermanfaat!