Keunggulan Traktor
Traktor adalah kendaraan pertanian mekanika yang terintegrasi untuk melakukan tugas-tugas pertanian umum seperti pengolahan tanah
Kata traktor diambil dari bahasa Latin, trahere yang berarti "menarik". Ada juga yang mengatakan traktor merupakan gabungan dari kata traction motor, yaitu motor yang menarik. Awalnya dipakai untuk mempersingkat penjelasan "suatu mesin atau kendaraan yang menarik gerbong atau bajak, untuk menggantikan istilah "mesin penarik" (traction engine). Di Inggris, Irlandia, Australia, India, Spanyol, Argentina, dan Jerman, kata "traktor" umumnya berarti "traktor pertanian", dan penggunaan kata traktor yang merujuk pada jenis kendaraan lain sangat jarang. Di Kanada dan Amerika Serikat, kata "traktor" juga berarti truk semi-trailer.
Penggunaan traktor sangat memegang peran penting untuk menunjang kesuksesan menanam. Dengan menggunakan traktor, dalam sehari petani bisa menggarap lahan sawah lebih banyak daripada menggunakan hewan ternak. Salah satu upaya yang paling efisien dirasakan adalah penggunaan traktor roda empat. Traktor roda empat ini banyak digunakan di area perkebunan. Tapi saat ini traktor roda empat juga digunakan di area sawah. Traktor roda empat sangat cocok digunakan dilahan sawah dengan skala luas dan datar. Cocok juga digunakan untuk tanah yang kering atau tadah hujan sehingga untuk percepatan tanaman padi, jagung dan kedelai. Penggunaan traktor juga dapat membantu daerah-daerah yang kekurangan tenaga kerja.
Keuntungan dari penggunaan traktor adalah dapat membajak sawah lebih cepat, dapat menyuburkan lahan karena dapat membalik tanah dengan kedalaman yang maksimal sesuai keinginan petani sehingga petani mempunyai keuntungan yang luar biasa selain cepat juga subur. Selain itu traktor roda 4 tidak mudah terbenam atau selip saat digunakan sehingga ideal digunakan dalam olah tanah. Hasil akhir tanah juga berbeda bila dibandingkan membajak dengan menggunakan hewan. Tanah jauh halus terolah, sisa tanaman padi, jagung atau kedelai, jadi hancur dan tercampur dengan tanah yang membuat tanah lebih kaya nutrisi.
Sebagian besar traktor dimaksudkan untuk bekerja di medan kasar dan menarik beban berat. Untuk ini, mesin menghasilkan sejumlah besar kekuatan untuk menyelesaikan tugas-tugas tersebut secara efektif. Versi modern diaktifkan dengan gandar yang terbuat dari besi cor untuk lapisan daya tahan dan kekuatan ekstra. Karena itu, Anda dapat mengandalkan traktor bahkan dalam kondisi terberat sekalipun. Traktor berkualitas juga dibuat agar tahan lama. Jadi, apa pun tugas yang Anda perlukan dari traktor, Anda tahu bahwa ia memiliki kemampuan untuk menanganinya dengan mudah.
Traktor bisa diklasifikasikan sebagai two wheel drive, four wheel drive, atau track tractor. Traktor, kecuali track tractor umumnya memiliki 4 roda dengan dua roda yang lebih besar di belakang atau keempat roda sama besar. Track tractor memiliki penggerak seperti tank yang membuatnya mampu bergerak di berbagai medan. Karena traksinya yang sangat hebat, track tractor menjadi populer di California pada tahun 1930-an.
Traktor pada awalnya menggunakan mesin uap. Pada awal abad ke 20, mesin pembakaran dalam menjadi pilihan utama sumber tenaga traktor. Antara tahun 1900 hingga 1960, bensin menjadi bahan bakar utama, dan minyak tanah dan etanol sebagai alternatif bahan bakar. Dieselisasi mencapai puncaknya pada tahun 1960, dan traktor pertanian modern umumnya menggunakan mesin diesel yang memiliki output power antara 18 hingga 575 tenaga kuda (15-480 kW). Kebanyakan traktor tua memakai transmisi manual. Traktor jenis ini memiliki beberapa rasio kecepatan, umumnya 3 hingga 6. Kecepatan rendah umumnya dipakai di lahan pertanian sedangkan kecepatan tinggi umumnya dipakai di jalan. Tenaga yang diproduksi oleh mesin harus ditransmisikan ke peralatan yang diimplementasikan ke traktor untuk melakukan pekerjaan yang dibutuhkan (menanam, memanen, membajak, dan sebagainya). Hal ini bisa dicapai dengan drawbar atau sistem sambungan.
Demikianlah penjelasan mengenai keunggulan Traktor untuk membajak sawah. Semoga bermanfaat!