8 Jenis Ikan Hias Cantik
Hadirnya ikan hias dalam akuarium di rumah bisa memberi tampilan rumah yang alami sekaligus lebih sejuk.
Sebagian besar orang memilih ikan hias untuk dijadikan peliharaan di rumah dan dapat memperindah suasana rumah serta membuatnya lebih nyaman. Memelihara jenis ikan hias juga bisa berguna untuk kesehatan tubuh loh. Ikan hias juga bisa membantu pemiliknya mengatasi stres dan juga menurunkan tekanan darah dan juga detak jantung.
Umumnya, orang-orang akan memelihara ikan hias di kolam. Namun jika mereka tidak memiliki lahan yang luas, biasanya akan memelihara ikan tersebut di aquarium. Jika kamu bisa menata kolam ataupun aquarium dengan tepat, yaitu menggunakan tumbuh-tumbuhan, kerikil, batu karang, dan lainnya, maka akan membuat ikan hias merasa hidup di habitat aslinya. Memelihara ikan hias kini sudah menjadi hobi yang umum dilakukan banyak orang. Dari mulai remaja hingga orang tua. Akan tetapi, seseorang yang gemar memelihara ikan biasanya tidak akan cukup hanya memelihara satu jenis ikan hias saja. Mereka akan menjadi kolektor yang memiliki berbagai jenis ikan dari berbagai harga dan ukuran.
Berikut jenis ikan hias cantik yang mudah untuk Anda pelihara di rumah:
1. Ikan Molly
Ikan Molly sering juga disebut dengan ikan balon karena kebanyakan ikan molly memiliki perut yang buncit dan tubuh yang bundar. Jenis ikan hias ini sangat cocok untuk dijadikan ikan hias akuarium karena sifatnya yang adaptif dan 'cinta damai' membuat ikan molly aman jika dicampur dengan ikan jenis lainnya. Selain itu, harga ikan molly juga sangat ramah di kantong, yaitu tidak sampai Rp5.000 per ekornya.
2. Ikan Platy
Walaupun berukuran kecil, tapi ikan ini sangat aktif dan gemar berkelompok. Untuk 5 ekor ikan platy, kamu hanya cukup menyiapkan tangki 10 galon yang cukup besar. Ikan hias yang satu ini memang cukup populer di kalangan pecinta ikan hias. Sebab, ikan tersebut hadir dalam beragam jenis warna. Ikan platy merupakan jenis komunitas ikan yang tergolong hebat. Ikan tersebut juga sangat rukun dan damai, meski satu akuarium bersama jenis ikan lain seperti molly dan guppy. Jadi, kamu tidak perlu khawatir jika ikan-ikan tersebut ditempatkan dalam satu akuarium.
3. Discus
Habitat asli dari ikan hias yang satu ini berada di kawasan Sungai Amazon, Brazil. Garis-garis pada tubuh ikan ini digunakan sebagai mekanisme pertahanan diri dari ikan predator. Sebagai ikan high class, tidak aneh jika ikan discus dengan tampilan sempurna ditaksir memiliki harga yang sangat tinggi.
4. Ikan Mas Koki
Ikan Mas Koki merupakan salah satu jenis ikan hias yang populer dikalangan pecinta ikan hias. Ikan ini memiliki karakteristik perut buncit dan warna yang cerah dan cantik yang membuat banyak orang menyukainya. Meskipun ikan mas koki menjadi ikan hias yang cukup populer, namun ikan ini masih memiliki harga yang cukup terjangkau, yaitu sekitar Rp10.000 hingga puluhan ribu per ekornya. Meski begitu, ada juga jenis ikan mas koki yang mencapai harga ratusan ribu, tergantung jenis dan usianya.
5. Ikan Angelfish
Ikan angelfish merupakan salah satu anggota dari keluarga ikan cichlid. Dimana ikan tersebut juga tergolong ke dalam ikan discus, parrot, dan oscar. Ikan tersebut dapat tumbuh sampai 6 sampai 8 inci. Selain itu, ikan angelfish juga terbagi ke dalam beragam warna dan juga pola. Ketika mereka dewasa, maka mereka akan menjadi lebih agresif. Terlebih jika akuarium kamu terlalu penuh. Akan tetapi secara umum, ikan tersebut merupakan ikan komunitas yang cukup baik. Hanya saja, jangan satukan jenis ikan ini dengan ikan yang berukuran sangat kecil atau jenis ikan penggigit sirip. Sebab, ikan tersebut bisa saja merusak sirip ikan angelfish.
6. Ikan Komet
Ikan komet hampir mirip dengan ikan mas dan ikan mas koki. Jenis ikan hias ini kerap disebut ikan slayer karena bentuk sirip dan ekor ikan ini seperti slayer. Ikan komet juga memiliki warna yang sangat cantik. Ikan komet yang memiliki nama latin Carrassius Auratus. Memiliki tubuh yang ramping dengan warna perak mengkilap putih dan merah cerah serta ekor panjang yang melambai saat berenang membuat para pecinta ikan hias memburu ikan ini. Untuk harganya, ikan komet biasanya dijual dengan harga Rp 5.000 hingga Rp 60.000 per ekor.
7. Ikan Black Ghost
Ikan ini asalnya dari Sungai Amazon dan Suriname. Bentuknya yang seperti bulu ayam dengan warna hitam gelap membuat ikan black ghost mempunyai keunikan tersendiri, apalagi ketika sirip bawahnya bergerak.
8. Ikan Cupang
Sering disebut dengan ikan cupang, ikan betta memiliki banyak jenis yang membuat warnanya berbeda-beda. Gerakan ikan ini membuat siripnya akan bergerak indah di dalam akuarium dan tentunya akan menarik perhatian anak untuk merawatnya. Selama pandemi, ikan cupang pun banyak digemari. Bahkan harga penjualannya pun naik dengan drastis. Tak sedikit orang beralih profesi menjadi penjual ikan cupang karena tren ini.
Itu dia jenis ikan hias air tawar yang paling digemari untuk dirawat di dalam akuarium. Semoga bermanfaat!