Fakta Lumba-Lumba
Lumba-lumba adalah mamalia yang terkenal karena kecerdasannya. Hewan ini juga terlihat lucu karena mulutnya yang melengkung.
Lumba-lumba menjadi salah satu hewan mamalia yang ramah terhadap manusia. Hewan ini juga dikenal memiliki tingkat IQ atau kecerdasan yang tinggi. Walaupun hidup di air, lumba-lumba berbeda dengan binatang laut pada umumnya. Sebab, lumba-lumba bernafas dengan paru-paru untuk beraktivitas dan bukan insang. Lumba-lumba adalah hewan laut yang dapat ditemukan di seluruh perairan di dunia. Mereka merupakan kerabat dekat paus dan pesut. Meski ada berbagai spesies lumba-lumba, tetapi yang paling umum dan terkenal ialah lumba-lumba hidung botol.
Berikut fakta menarik lainnya tentang hewan yang biasa hidup berkelompok ini:
1. Mengklaim wilayah sendiri
Lumba-lumba memiliki wilayahnya sendiri dan hierarki yang diatur dalam grup. Mereka dibagi menjadi beberapa kelompok untuk misi berbeda seperti merampok lumba-lumba lain untuk mencuri betina mereka. Lumba-lumba sangat bijaksana dan terorganisir.
2. Memiliki Lapisan Lemak Tebal
Perlu Moms ketahui, lumba-lumba memiliki lapisan lemak yang sangat tebal di tubuhnya. Hal ini berguna untuk melindungi tubuh dari perubahan iklim yang ekstrem. Selain itu, lapisan lemak yang tebal dapat membantu daya apung ketika di dalam air. Lapisan lemak juga dapat berfungsi sebagai perlindungan karena pemangsa akan kesulitan melewati lapisan lemak yang tebal ini. Uniknya lagi, kulit lumba-lumba yang terlihat halus dan mengkilap ini memiliki sifat penyembuhan luka yang sangat cepat. Bahkan, luka terdalam pun dapat disembuhkan dalam waktu singkat. Jadi, mereka tidak akan mengalami pendarahan atau kematian meski mengalami luka yang sangat dalam pada bagian tubuhnya.
3. Saling Mengetahui Nama
Lumba-lumba yang satu dengan yang lain saling mengetahui nama. Sebab berdasarkan sebuah studi, mereka memiliki bahasa sendiri untuk berkomunikasi. Adapun, cara berkomunikasi lumba-lumba layaknya sebuah telepon. Ia bisa mengetahui siapa yang tengah berbicara dengannya.
4. Penyelam yang Hebat
Lumba-lumba dikenal sebagai hewan laut yang hebat dalam hal berenang. Mereka bisa berenang dengan kecepatan 3 sampai 7 mil per jam. Beberapa spesies bisa berenang dengan kecepatan 20 mil per jam, bahkan spesiel lain bisa melebihi itu dan melakukan perjalanan dengan kecepatan 20 mil per jam. Selain itu, mereka juga dikenal sebagai penyelam yang hebat. Sebagai mamalia laut, mereka bisa menyelam hingga 1.000 kaki di bawah air.
5. Hidup Berkelompok
Mamalia laut yang satu ini termasuk hewan yang senang hidup berkelompok. Karena itulah lumba-lumba sering ditemui berkelompok saat berenang dan muncul ke permukaan laut. Selain itu, sudah menjadi sifat alami lumba-lumba untuk tetap bersama induknya untuk waktu yang lama sebelum mereka meninggalkan kawanannya. Beberapa spesies bahkan tinggal bersama ibu mereka selama 3 atau bahkan 8 tahun lamanya. Kebiasaan hidup berkelompok inilah yang juga menjadi salah satu faktor kecerdasan mereka. Kelompok sosial yang kompleks dan berevolusi seiring waktu membuat otak mereka terus berkembang sehingga memiliki kecerdasan dan kemampuan interaksi sosial yang baik.
6. Tidur dengan Satu Mata Tertutup
Bila hewan tidur dengan menutup kedua matanya, maka lumba-lumba berbeda. Sebab, hewan ini diketahui hanya menutup satu matanya saat tertidur karena hanya setengah otaknya yang masuk dalam mode tidur. Tidur menjadi aktivitas yang agak sulit bagi lumba-lumba karena mereka bernapas menggunakan paru-paru. Sehingga harus naik ke permukaan setiap akan bernapas.
7. Tidak Mengunyah Makanan
Hewan ini memiliki gigi dengan jumlah mencapai 100. Namun uniknya, lumba-lumba tidak mengunyah makanan dan langsung menelannya karena memiliki lambung yang berfungsi untuk mencernanya. Jenis makanan lumba-lumba menyesuaikan lokasinya. Untuk yang tinggal di pantai biasa memakan ikan dan invertebrata bawah laut. Sedangkan yang tinggal di lepas pantai biasa memakan ikan dan cumi-cumi.
8. Melahirkan seperti Manusia
Sama seperti manusia, lumba-lumba juga melahirkan anak. Namun, masa kandungannya mencapai 9-17 bulan tergantung dengan jenisnya. Saat akan melahirkan, hewan ini biasa memisahkan diri dari kelompoknya dan mencari permukaan air. Biasanya ibu dan anak akan tinggal bersama dalam kurun waktu 3 sampai 8 tahun.
9. Hewan yang Cerdas
Lumba-lumba dikenal sebagai hewan yang sangat cerdas, bahkan juga memiliki kepribadian yang ramah dan peduli terhadap hewan lain serta manusia. Ketika para ilmuwan melakukan penelitian untuk membandingkan ukuran rasio otak dengan tubuh, lumba-lumba menempati urutan ke-2 setelah manusia. Mamalia laut yang menakjubkan ini mampu memecahkan masalah, interaksi sosial, dan menggunakan sistem komunikasi yang kompleks. Tak hanya belajar sebagai individu, mereka juga cenderung bisa membagikan pengetahuan tersebut kepada spesies lain di dalam kelompoknya.
Itu dia berbagai fakta menarik dari hewan lumba-lumba. Semoga bermanfaat!