Air Terjun Ban Gioc
Air terjun Ban Gioc adalah sekelompok air terjun yang terletak di Sungai Quy Son.
Air Terjun Ban Gioc merupakan air terjun terbesar dan terindah di Vietnam. Pesonanya dibangun dari air yang mengalir dari ketinggian 60 meter dalam tiga tingkat. Permukaan tebing yang membentuk air terjun ini memanjang 300 meter atau tiga kali lapangan sepak bola. Saking indahnya, agen-agen wisata di Hanoi, ibu kota Vietnam, mempromosikannya dalam poster di kantor-kantor mereka.
Air Terjun Ban Gioc adalah objek wisata yang terkenal, pernah dipilih oleh China National Geographic Magazine sebagai salah satu dari enam air terjun terindah di China pada tahun 2005. Selain itu, Surat Kabar People of Japan dan China Central Television juga telah menilai Air terjun Ban Gioc sebagai salah satu dari sepuluh air terjun terindah di China. Air Terjun Ban Gioc juga telah memasuki seni visual dengan lukisan dan karya fotografi yang unik. Selain memiliki nilai wisata dan seni, air terjun ini juga memiliki potensi pembangkit listrik tenaga air . Juga, di VietnamAda juga yang berkomentar bahwa air terjun Ban Gioc adalah air terjun terindah di negara ini. Menurut statistik dari Departemen Kebudayaan - Olahraga - Pariwisata provinsi Cao Bang, setiap tahun Vietnam memiliki sekitar 30.000 orang mengunjungi Ban Gioc, sedangkan pihak Cina menyambut hampir 1 juta orang.
Lanskap Air Terjun Ban Gioc terdiri dari hutan dan tebing memang tak bisa dilewatkan begitu saja, saat Anda berkunjung ke Vietnam. Namun entah mengapa, lanskap indah ini tenggelam, dengan popularitas Teluk Halong yang berhias pulau-pulau bertebing kapur. Ataukah Ban Gioc terlalu jauh dari Hanoi, sehingga wisatawan malas bergerak ke air terjun itu.
Air terjun Ban Gioc dan Dentian ini selain airnya yang jernih, sawah dan rumpun bambu yang berada di sekitarnya juga memiliki daya tarik tersendiri. Karena lokasinya yang cukup terpencil, tak heran kalau di sekelilingnya masih lumayan banyak vegetasi hijau yang turut menambah keindahannya.
Pada musim hujan sekitar bulan September hingga Oktober, air terjun ini dipenuhi dengan air dan tampak semakin indah. Para wisatawan yang berkunjung juga bisa menikmati keindahan air terjun ini dengan rakit tradisional yang terdapat di sekitar air terjun.
Perjalanan ke Ban Gioc dari Hanoi bisa ditempuh dengan mobil atau sepeda motor – opsi kedua memang disukai para anak motor. Pasalnya, jalannya berliku-liku melalui pegunungan dengan tikungan lebar yang nyaman bagi pengendara pemula sekalipun. Meskipun jalannya dalam kondisi baru dan sangat baik, jalan itu juga sering dikunjungi oleh truk-truk yang menuju ke perbatasan Cina. Jadi, ini seperti Anda bermotor di Pantura harus bersaing dengan truk-truk dengan asap hitam dan klakson membahana. Sekitar 5 km sebelum Air Terjun Ban Gioc, Anda akan melewati tikungan ke Gua Ngam Ngou. Mampir sejenak sembari beristirahat sangat dianjurkan. Pasalnya, Gua Ngam Ngou hanya berjarak 1,65 jam dari Ban Gioc.
Demikianlah informasi mengenai air terjun ban gioc. Semoga bermanfaat!