Gunung Stargazing
Kegiatan melihat bintang atau stargazing merupakan impian banyak orang. Menatap indahnya deretan bintang hingga gugusan bima sakti di bawah gelapnya langit menjadi sebuah pemandangan yang jarang bisa didapatkan.
Maka tak heran, jika banyak orang yang rela bepergian jauh hanya untuk stargazing. Namun, bagi kamu yang ingin berburu stargazing tak perlu pergi ke luar negeri, di Indonesia nyatanya juga ada beberapa tempat yang bisa disinggahi untuk menatap bintang. Di mana saja? Berikut akan di Bahasa di bawah ini.
Gunung Bromo
Gunung untuk star gazing yang pertama adalah Gunung Bromo. Gunung berapi yang masih aktif sampai saat ini memang menjadi salah satu destinasi yang cukup populer di Jawa Timur. Hal ini karena aksesnya yang cukup mudah dan banyak fasilitas untuk wisatawan sehingga berlibur di Bromo bisa lebih mudah.
Gunung Bromo memang terkenal dengan pemandangan sunrise atau matahari terbitnya, namun keindahan langit malam disini juga mampu membius siapapun yang datang. Kamu bisa berkemah dan menunggu waktu malam sehingga kamu bisa menikmati pemandangan gugusan bintang dari gunung setinggi 2.329 meter diatas permukaan laut ini.
Gunung Ijen
Gunung Ijen juga menjadi salah satu gunung untuk star gazing terbaik di Indonesia yang wajib untuk kamu kunjungi. Gunung ini memang terkenal dengan keindahan kawahnya dan blue fire nya yang menjadi salah satu blue fire terindah di dunia.
Selain bisa menikmati indahnya blue fire, disini kamu juga bisa menikmati indahnya langit malam di puncaknya. Untuk bisa menikmatinya lebih lama, kamu bisa berkemah di area puncak Ijen. Namun jika waktu kamu terbatas, kamu bisa menikmati keindahan langit malam disini saat turun mendaki atau naik mendaki.
Gunung Rinjani
Gunung untuk star gazing yang satu ini menjadi gunung cukup menantang untuk ditaklukkan, pasalnya Gunung Rinjani menjadi bagian dari Pacific Ring of Fire. Gunung ini memang memiliki jalur pendakian yang menantang, namun menawarkan pemandangan yang sangat indah. Terutama saat malam hari.
Salah satu spot untuk menikmati langit malam di gunung ini adalah Segara Anakan. Kamu bisa mendirikan tenda di Segara Anakan ini sambil menikmati indahnya langit malam, apalagi ditemani dengan tenangnya air danau Segara Anakan, pastinya akan membuat perjalananmu ke Rinjani akan terasa lebih menyenangkan dan tidak terlupakan.
Ranca Upas
Salah satu destinasi terkenal di Jawa Barat, yaitu Ranca Upas juga cocok kamu jadikan tempat berburu stargazing. Selain melihat bintang di sana, kamu juga bisa berkemah sambil berburu bintang.
Selain itu, di sana juga terdapat tempat untuk melihat rusa dan menunggang kuda yang bisa kamu coba. Ada pula latihan memanah yang bisa menjadi pilihan alternatif berlibur.
Danau Segara
Bagi para pendaki, pasti sudah tahu bahwa Danau Segara Anak menjadi salah satu tempat selanjutnya yang bisa dijadikan spot untuk melihat bintang. Berada di ketinggian 2.004 mdpl, Danau Segara anak menyajikan pemandangan indah dan luar biasa. Hal inilah yang membuat danau tersebut cocok untuk berburu stargazing.
Itulah beberapa rekomendasi gunung-gunung yang paling cocok untuk stargazing di Indonesia.Mana yang paling membuatmu penasaran untuk mengunjunginya duluan?