Kelezatan Donat
Donat merupakan salah satu makanan manis yang dibuat dengan campuran tepung, gula, krim, dan telur, lalu digoreng.
Legenda mengatakan bahwa pada tahun 1940, terdapat seorang anak bernama Kapten Gray.
Gray suka makan roti goreng buatan tangan ibunya, namun ia menemukan bahwa bagian tengah dari roti yang digoreng tersebut belum matang sepenuhnya yang disebabkan oleh waktu penggorengan yang tidak mencukupi.
Jadi ibu Gray akan menggali bagian tengah roti gorengnya, lalu menggorengnya kembali, dan menemukan bahwa rasa roti goreng itu bahkan lebih enak, jadi dia menamainya donat, dan lahirlah donat itu.
Bentuk donat yang paling umum adalah bentuk cincin berongga, dan beberapa donat dihias dengan indah. Bentuk donatnya bulat dan bagian tengah nya berlubang sehingga memberikan bentuk yang unik. Donat disukai oleh orang-orang di seluruh dunia dan dibeberapa negara, donat dijadikan sarapan. Bahkan di Amerika, ada festival khusus donat yang menunjukkan bahwa donat sangat populer.
Donat yang lezat ini dapat Anda buat sendiri di rumah dengan mudah. Di artikel ini kami akan menjelaskan cara membuat donat yang mudah, sebagai berikut :
Pertama, siapkan bahan-bahan yang di butuhkan :
70g tepung rendah gluten
2-3 butir telur
Krim ringan 35g
Mentega 35 gram
Gula halus 55g
Sedikit garam
Selanjutnya, Anda dapat membuat donat sesuai dengan langkah-langkah berikut :
1. Pertama: tuang air, gula, dan susu ke dalam wadah, lalu aduk rata menjadi satu.
2. Tambahkan telur dan aduk rata, lalu tambahkan tepung tinggi gluten dan ragi, aduk rata dan uleni hingga menjadi adonan.
3. Uleni hingga permukaan adonan halus dan tidak lengket, lalu tambahkan mentega dan haluskan hingga permukaan adonan halus.
4. Uleni adonan dan bagi menjadi adonan kecil seberat 80g, diamkan 10 menit.
5. Giling adonan kecil dengan rolling pin dan gulung kembali.
6. Gilas adonan yang sudah digulung menjadi potongan-potongan panjang, satukan ujung-ujung potongan panjang tersebut dan bentuk lingkaran.
7. Masukkan adonan ke dalam loyang, nyalakan oven ke fungsi fermentasi, masukkan adonan ke dalam oven, dan fermentasi hingga volume aslinya 1,5 kali lebih besar.
8. Panaskan wajan, masukkan adonan donat yang sudah difermentasi ke dalam penggorengan, lalu goreng hingga kedua sisinya berwarna cokelat keemasan, bila salah satu sisinya sudah digoreng, lalu balikkan untuk mengalirkan minyak pada donat yang sudah digoreng.
9. Setelah donat benar-benar dingin, celupkan permukaannya ke dalam coklat leleh dan taburkan beberapa permen coklat berwarna untuk hiasan.
Sekarang donat sudah siap, saat Anda memakannya, Anda dapat merasakan lembut dan enak nya donat tersebut.
Jadi, cobalah Anda membuat donat ini.
Hal-hal yang perlu Anda perhatikan:
Dengan cara menggoreng akan banyak menyerap lemak, sehingga tidak hanya dapat menambah besar kalori, tetapi akan berdampak serius terhadap penurunan berat badan, tetapi juga menghasilkan zat karsinogenik, tidak kondusif bagi kesehatan dan tidak dianjurkan makan terlalu banyak.