Macam-Macam Nasi Goreng
Nasi Goreng merupakan salah satu makanan khas Indonesia yang telah mendunia dan menjadi salah satu yang dikenal sebagai khas masakan Indonesia. Selain rasanya yang nikmat, hidangan ini juga sangat mudah untuk dibuat.
Dengan berbahan dasar nasi, minyak, ditambah berbagai bumbu seperti kecap, bawang merah, bawang putih, dan bumbu lainnya serta toping telur yang dicampur dan digoreng. Ttidak heran, Nasi Goreng menjadi menu yang paling umum dijadikan sebagai kudapan favorit.
Nasi Goreng juga telah menjangkau semua kalangan dan dapat ditemui dimanapun, baik di tepi jalan hingga menjadi menu utama di restoran. Saking populernya, ternyata beberapa daerah di Nusantara memiliki nasi goreng khasnya tersendiri, yang tentunya memiliki cita rasa yang unik sesuai dengan masing-masing daerah tersebut. Khusus kamu si pecinta Nasi Goreng, Berikut berbagai nasi goreng khas Indonesia dari berbagai daerah di Nusantara yang telah di rangkum di artikel ini.
1.Nasi Goreng Mawut atau Magelangan
Nasi Goreng Mawut atau Magelangan memang sering terdapat di menu di tempat penjual nasi goreng. Tidak berbeda jauh dari nasi goreng pada umumnya, nasi goreng yang berasal dari Magelang, Jawa Tengah ini memiliki ciri khas tersendiri dengan kombinasi mie dan berbagai topping lainnya seperti bakso, sosis, ayam, dan masih banyak lagi. Hal ini yang membuat nasi goreng khas Indonesia ini dinamakan sebagai Nasi Goreng Mawut adalah karena penampilan dan penyajiannya yang tampak berantakan karena memiliki banyak toping di dalamnya.
Namun, jika kamu berkunjung ke Magelang, Nasi Goreng Mawut atau Magelangan ini sedikit berbeda karena dilengkapi dengan mie basah juga campuran balungan (tulang ayam). Rasa nasi goreng khas Indonesia yang ini juga begitu gurih dengan cita rasa yang khas kaldu ayam dan dimasak menggunakan tungku arang.
2.Nasi Goreng Kampung
Dari berbagai jenis Nasi Goreng di pulau Jawa, mungkin nasi goreng kampung menjadi Nasi Goreng yang paling sering dibuat sendiri di rumah. Bahkan, hampir semua restoran biasanya memiliki nasi goreng khas Indonesia yang ini di menu nya.
Sebenarnya, Nasi Goreng Kampung sendiri berasal dari Yogyakarta. Jika pada umumnya ciri khas kuliner Yogyakarta memiliki cita rasa yang manis, Nasi Goreng ini justru disajikan tanpa kecap sehingga warnanya tampak merah Dan tidak memiliki rasa manis.
Dengan berbagai macam bumbu dasar, Nasi Goreng Kampung khas Yogyakarta ini memiliki bumbu tambahan yaitu terasi, sehingga rasanya semakin gurih dan nikmat. Yang membuatnya lebih nikmat adalah telur yang disajikan merupakan telur mata sapi serta ditambah dengan toping potongan ayam kampung.
3.Nasi Goreng Aceh
Selain terkenal dengan Mie Acehnya, ternyata daerah “Serambi Mekah” ini juga memiliki kudapan khas yang tak kalah nikmat, yaitu Nasi Goreng Aceh. Nasi Goreng Aceh biasanya juga selalu ada dalam menu di restoran yang khusus menjual hidangan khas Aceh.
Keunikan dari Nasi Goreng Aceh adalah memiliki cita rasa yang aromatik dan kaya akan rempah bumbu halusnya, seperti hidangan khas Aceh lainnya yang memiliki banyak pengaruh rempah Arab dan India. Berbagai rempah yang dicampurkan dalam Nasi Goreng Aceh biasanya adalah cabai keriting yang dikeringkan, bunga lawang, pala, merica, bawang merah, bawang putih, kemiri, kayu manis, dan ketumbar.
Jika biasanya Nasi Goreng pada umumnya dilengkapi dengan topping ayam, nasi goreng khas Indonesia yang ini dilengkapi dengan topping daging sapi yang memiliki potongan kotak-kotak. Terdapat juga tambahan topping ikan laut seperti udang. Tak boleh ketinggalan sebagai pelengkapnya adalah cacahan daun seledri, acar bawang, kacang goreng, mentimun, dan emping melinjo.
4.Nasi Goreng Merah Makassar atau Nasi Goreng Ujung Pandang
Jika kamu bertandang ke Makassar, rasanya tak lengkap jika tidak mencoba kudapan Nasi Goreng Merah Ujung Pandang. Seperti namanya, nasi goreng ini memiliki tampilan yang cukup menarik karena memiliki warna merah. Warna merah pada Nasi goreng khas Indonesia yang satu ini ini berasal dari saus tomat yang dimasak dalam waktu 8 jam sehingga warna merahnya sangat menyala. Nasi Goreng Merah memiliki cita rasa yang gurih, sedikit pedas, dan memiliki rasa manis yang dominan.
Nasi Goreng Merah khas Makassar ini juga dilengkapi dengan aneka topping dari berbagai varian seafood dan jeruk nipis sehingga memiliki sensasi rasa segar. Selain itu, terdapat tambahan telur mata sapi yang digoreng matang ataupun setengah matang sesuai dengan selera penikmatnya.
5.Nasi Goreng Resek Malang
Rasanya pasti tak pernah habis jika membahas soal kuliner di Malang. Salah satu kuliner yang menarik dari “Kota Apel” ini adalah Sego Resek atau Nasi Goreng Resek. Resek sendiri memiliki arti sampah. Tapi jangan menganggap Nasi Goreng ini tidak senikmat namanya, karena Nasi Goreng Resek rupanya sangat menjadi buruan bagi para pendatang yang berlibur di kota Malang ini.
Dinamakan Nasi Goreng Resek karena Nasi Goreng ini memiliki berbagai campuran sayuran seperti kecambah, kol, mie, dan suwiran ayam sehingga tampak memiliki porsi yang banyak.
Cita rasa gurih juga sangat terasa dalam nasi goreng khas Indonesia ini karena memakai kaldu ayam sebagai pengganti minyak. Terdapat juga berbagai jeroan seperti usus ayam yang dapat ditambahkan sesuai selera. Yang menarik adalah nasi goreng resek dimasak menggunakan arang yang panas, sehingga memiliki rasa yang khas dan unik.
Itulah beberapa nasi goreng Indonesia khas dari daerahnya masing-masing.citra rasa nasi goreng yang dihasilkan masing-masing daerah juga sangat lezat.