Cokelat Untuk Kesehatan
Banyak manfaat yang terdapat di cokelat bagi kesehatan. Selain sebagai camilan yang lezat, cokelat juga dapat memperbaiki mood. Namun, konsumsi cokelat secara berlebihan dapat memberikan efek buruk bagi kesehatan. Oleh karena itu, Anda perlu lebih cermat dalam mengonsumsi cokelat.
Cokelat berasal dari biji kakao yang dapat diolah menjadi beragam jenis makanan dan minuman. Selain itu, cokelat juga sering digunakan sebagai campuran untuk membuat kue, biskuit, es krim, hingga permen.
Cokelat kaya akan kandungan antioksidan, termasuk polifenol, flavanol, dan katekin. Berkat kandungan inilah cokelat dapat memberikan beragam manfaat bagi kesehatan. Lantas, apa saja manfaat cokelat mari kita simak pembahasan berikut ini.
1.Mengendalikan nafsu makan
Sebuah studi menyebutkan bahwa makan cokelat sebelum atau sesudah makan dapat memberikan efek kenyang. Hal ini dapat mengurangi keinginan Anda untuk mengonsumsi camilan yang bisa memicu bertambahnya berat badan.
Oleh karena itu, konsumsi cokelat diyakini dapat mengendalikan nafsu makan, sehingga baik untuk menurunkan berat badan dan menjaga berat badan tetap ideal.
2.Meningkatkan fungsi otak
Cokelat ternyata bisa membantu fungsi kognitif otak, tak terkecuali menguatkan daya ingat. American Heart Association, melakukan sebuah penelitian di tahun 2012 untuk mengetahui relevansi cokelat dengan fungsi otak.
Penelitian tersebut membuktikan bahwa cokelat hitam bisa meningkatkan fungsi otak pada orang tua yang sudah mulai mengalami penurunan fungsi kognitif. Selain itu, kandungan flavonoid di dalam cokelat membuat aliran darah menuju otak lancar. Hal tersebutlah yang menjadikan coklat berkhasiat untuk otak.
3.Mencegah penyakit jantung
Manfaat cokelat selanjutnya yaitu bisa menurunkan risiko gangguan pada jantung. Hal ini berkaitan dengan penurunan tekanan darah. Cokelat hitam dipercaya bisa menurunkan terkanan darah pemicu jantung. Penelitian yang diterbitkan dalam Jurnal Clinical Nutrition menyebutkan bahwa konsumsi cokelat setidaknya dua kali seminggu bisa menurunkan plak pada pembuluh arteri sekitar 32%. Kandungan flavonoid diketahui bisa memicu produksi nitrit oksida yang dapat menurunkan kolsterol jahat pemicu serangan jantung.
4.Menghambat penuaan dini
Dengan mengkonsumsi cokelat, Anda juga bisa membantu diri Anda untuk membantu menghambat penuaan dini. Seperti mengurangi kerutan di wajah, dengan kandungan antioksidan alaminya.
Namun, jangan pula Anda memakan cokelat secara berlebihan. Konsumsilah sesuai dengan kebutuhan. Sehingga tidak kenikmatan cokelatnya saja yang kita rasakan, namun manfaat coklat itu sendiri dapat diperoleh.
5.Memberikan efek kenyang
Meskipun mengandung kalori, namun ternyata cokelat bisa memberikan efek kenyang lebih lama. Dengan demikian, mengkonsumsi cokleat bisa membantu menurunkan berat badan dan menjaga agar berat badan tetap ideal. Akan tetapi penting untuk diingat bahwa konsumsi cokelat yang berlebihan juga kurang baik untuk kesehatan.
6.Mengatasi sel kulit mati
Cokelat dengan tambahan gula bisa digunakan sebagai scrub untuk mengangkat sel kulit mati. Ketika sel kulit mati terangkat, maka penggunaan produk perawatan kulit menjadi lebih optimal. Selain itu, pengangkatan sel kulit mati juga akan mempercepat proses regenerasi kulit. Kondisi kulit baru tersebut menjadikan wajah lebih mulus dan halus.
Itulah beberapa manfaat coklat untuk kesehatan dan kecantikan. Meskipun banyak mengandung nutrisi dan kaya manfaat, namun cokelat yang beredar di pasaran memiliki kandungan kalori yang cukup tinggi. Selain itu, penambahan gula juga menyebabkan cokelat berpotensi menyebabkan kenaikan berat badan. Jadi, konsumsi produk cokelat secukupnya saja sehingga tidak menimbulkan masalah kesehatan lainnya.