Manfaat Penting Makeup
Makeup merupakan kebutuhan bagi wanita setiap harinya sesuai kebutuhan. Selain mendapatkan tampilan menarik dan cantik, makeup juga punya manfaat tersendiri untuk kesehatan mental.
Kebanyakan wanita akan merasa percaya diri tanpa mempunyai rasa malu, suasana hati positif, dan meningkatkan harga diri. Bahkan seorang terapis kesehatan mental mengatakan bahwa makeup bisa menjadi terapi dalam bentuk seni. Hal ini karena dapat membantu tubuh dan pikiran untuk fokus pada satu hal.
Selain itu, ada beberapa manfaat dibalik rutinitas makeup sebagai berikut ulasannya.
1.Menciptakan identitas diri yang lebih baik
Makeup termasuk dalam aspek kecantikan dan perawatan yang tepat untuk lebih menyayangi diri sendiri.
Rutinitas ini pun bisa menjadi sarana untuk menciptakan identitas tertentu yang ingin kita tonjolkan. Baik itu di depan publik atau sekedar untuk kepuasan diri.
Tanpa disadari, makeup otomatis memberi kita percaya diri, mencegah diri dari rasa tidak percaya diri, dan membuat pikiran kita lebih rileks dengan penampilan yang membuat hati lebih nyaman.
2.Melindungi dari sinar matahari
Untuk memproteksi kulit dari efek buruk sinar UV diperlukan tabir surya dengan kandungan SPF agar kulit terlidungi secara sempurna. Oleh sebab itu, penggunaan makeup seperti BB Cream atau foundation yang dilengkapi dengan kandungan SPF pada formulanya mampu memberikan perlindungan sekaligus menjadikan tampilan warna kulit lebih merata.
3.Melindungi kulit
Makeup dapat bertindak sebagai penghalang atara kulit Anda dan lingkungan sekitar seperti debu dan polusi. Selain menggunakan masker, makeup dapat memiliki peran penting saat beraktivitas di luar ruangan.
4.Mengontrol Pikiran Mengganggu dan Berlebihan
Kecemasan akan berakibat pada pikiran yang mengganggu dan berlebihan. Namun ketika mulai makeup maka semua pikiran pikiran negatif akan hilang. Maka itu,memakai makeup akan memberikan jeda yang dibutuhkan dari siklus negatif tersebut sehingga memaksa diri untuk melepaskan diri dari pikiran-pikiran itu. Saat melakukan rutinitas makeup, tanpa disadari hal ini juga dapat mengasah kreativitas diri . Kreativitas dan gerakan dalam makeup memberikan kelegaan dari respons traumatis. Hal ini secara signifikan dapat mengurangi stress, rasa rendah diri, dan trauma.
5.Meningkatkan Mood
Sama seperti mengenakan outfit penuh warna yang dapat meningkatkan mood. Hal ini juga berlaku ketika mengaplikasikan corak cerah pada wajah. Karena otak akan merespons warna secara individu dan berbeda-beda. Misalnya warna biru bisa membuat sedih sedangkan warna oranye dapat memicu energi. Menerapkan warna berani dapat membantu seseorang untuk lebih percaya diri dan semangat.
6.Bentuk Ekspresi Diri
Makeup juga merupakan salah satu bentuk ekspresi diri. Karena memberikan ruang untuk identitas diri dan kepribadian yang sebenarnya. Dengan mengetahui siapa diri sendiri sebenarnya dapat meningkatkan harga diri dan pola pikir positif.
Itulah beberapa manfaat dari rutinitas makeup yang mungkin belum kalian ketahui tapi sangat bermanfaat untuk diri sendiri.