Manfaat Jalan Tol
Jalan tol merupakan jalan khusus bagi transportasi tertentu yang dapat melaluinya.
Jalan tol adalah jalan umum atau tertutup di mana para penggunanya dikenakan biaya (atau tol) untuk melintasinya sesuai tarif yang berlaku. Jalan ini merupakan suatu bentuk pemberian tarif pada jalan yang umumnya diterapkan untuk menutupi biaya pembangunan dan perawatan jalan. Penetapan tarif didasarkan pada golongan kendaraan. Bangunan atau tempat fasilitas tol dikumpulkan disebut sebagai gerbang tol. Bangunan ini biasanya ditemukan di dekat pintu keluar, di awal atau akhir jembatan (misal: Jembatan Suramadu), dan ketika di awal memasuki suatu jalan layang (fly-over). Di Indonesia, jalan tol sering dianggap sinonim untuk jalan bebas hambatan, meskipun hal ini sebenarnya salah. Di dunia secara keseluruhan, tidak semua jalan bebas hambatan memerlukan bayaran. Dalam bahasa Inggris, jalan bebas hambatan tanpa berbayar dinamakan freeway atau expressway sedangkan jalan bebas hambatan berbayar dinamakan dengan tollway atau toll road. Jalan tol dipakai untuk mempercepat sampai tujuan atau mempersingkat waktu tempuh. Namun tidak semua kendaraan bisa melewati jalan tol. Hanya kendaraan roda empat, seperti mobil, truk, hingga bus yang dapat melewati jalan tol. Sementara kendaraan roda dua, seperti sepeda motor tidak diperbolehkan melewati.
Banyak yang bertanya, bukankah jalan itu harusnya milik umum dan kenapa harus membayar untuk melewati jalan tol? Pengenaan kewajiban membayar tol bagi penggunanya dikarenakan uang yang dibayarkan oleh pengguna akan dimanfaatkan untuk pengembalian investasi, pemeliharaan, dan pengembangan jalan tol. Selain itu, pengguna jalan tol akan mendapatkan keuntungan berupa penghematan Biaya Operasi Kendaraan (BOK) dan waktu, dibandingkan apabila melewati jalan non tol. Sementara Badan Usaha yang mengoperasikan dan memilihara jalan tol akan mendapatkan pengembalian investasi melalui tarif tol yang dibayar pengguna jalan tol.
Adapun tujuan dan manfaat strategis pembangunan jalan tol diantaranya adalah sebagai berikut:
1. Mempersingkat Waktu
Selain itu, jalan tol juga memiliki fungsi lanjutan yaitu mempersingkat waktu karena jarak tempuh yang harus dilalui pengendara transportasi semakin singkat dengan jalan tanpa hambatan yang akan semakin mempercepat waktu tempuh tersebut. Jadi, transportasi akan lebih dipermudah dan terbantu karena adanya jalan tol tersebut.
2. Pemerataan Pembangunan
Yang menjadi landasan atau dasar mengenai pemerataan pembangunan tentu saja soal langkah atau upaya pemerintah dalam mencari jalan keluar atau solusi yang akan dapat memberikan peningkatan kualitas pembangunan. Maka dari itulah, dibangun jalan tol sebagai bukti pemerataan yang sedang dikembangkan untuk menambah tingkat pembangunan yang berkenaan dengan pemerataan.
3. Pengembalian Investasi
Untuk berkenaan dengan pengembalian investasi, maka terdapat kaitannya dengan Badan Usaha, karena memiliki kewenangan tentang pengembangan investasi melalui pendapatan tol yang akan tergantung dengan tarif pasti dan pemberlakuan dari tol.
4. Memperluas Lapangan Kerja
Yang menjadi kaitan dari manfaat jalan tol bagi masyarakat umum adalah upaya pemerintah untuk semakin membuka lebar lowongan pekerjaan. Hal ini dikarenakan pengoperasian jalan tol, tentunya membutuhkan tenaga kerja baru untuk menjadi bagian operator dari jalan tol itu sendiri. Terlebih lagi dibutuhkan sift hingga 24 jam. Jadi, dengan jalan tol pun juga memiliki andil untuk membuka lapangan pekerjaan bagi masyarakat. Transportasi kian lancar, masyarakat juga mendapatkan lapangan pekerjaan.
Nah itulah manfaat dari jalan tol. Semoga bermanfaat!