Mengenal Mercusuar
Mercusuar merupakan sebuah menara tinggi yang biasa dibangun di dekat pantai atau tebing tepi lautan.
Mercusuar, menara api, menara suar, atau menara angin adalah sebuah bangunan menara dengan sumber cahaya di puncaknya untuk membantu navigasi kapal laut. Sumber cahaya yang digunakan beragam mulai dari lampu sampai lensa dan (pada zaman dahulu) api. Karena saat ini navigasi kapal laut telah berkembang pesat dengan bantuan GPS, jumlah mercusuar di dunia telah merosot menjadi kurang dari 1.500 buah. Mercusuar biasanya digunakan untuk menandai daerah-daerah yang berbahaya, misalnya karang dan daerah laut yang dangkal.
Menara mercusuar merupakan bangunan yang dibuat khusus untuk memancarkan cahaya. Mercusuar pertama dibangun pada masa pemerintahan Ptolemy II Philadelphus sekitar 280-247 Sebelum Masehi (SM). Mercusuar tersebut dijuluki dengan Pharos of Alexandria yang terletak di Alexandria, Mesir. Bahkan mercusuar Alexandria merupakan salah satu tujuh keajaiban di zaman kuno.
Bukan hanya sebuah bangunan tinggi biasa, mercusuar memiliki cahaya penerangan di bagian atas bangunan. Selain itu, mercusuar juga tidak dibangun di sembarang tempat, karena alat ini memiliki peranan penting bagi para kapal di lautan. Mercusuar meruapakan menara navigasi bagi para kapal yang berlayar di malam hari. Dengan adanya cahaya dari mercusuar, kapal-kapal besar atau kecil bisa tahu batas daratan, sehingga tidak akan bertabrakan dengan karang. Selain itu, mercusuar juga memiliki fungsi sebagai penentu lokasi dan arah berlayar. Sehingga tidak akan ada kapal yang terdampar di perairan dangkal atau tersesat di jalur berbahaya. Dari mercusuar, kapal yang beralayar juga akan tahu lalu lintas kapal padat atau tidak sehingga meminimalisir terjadinya tabrakan antar kapal.
Mulanya mercusuar menggunakan batu bara dan kayu untuk api, serta menggunakan lilin dan sekam. Namun seiring banyaknya mercusuar yang dibangun maka menggunakan bahan bakar minyak hewani seperti minyak paus dan minyak lemak. Cara kerja mercusuar enggak sesederhana memantulakn cahaya ke laut, lo. Namun, dengan cara memantulkan cahaya vertikal ke permukaan horizontal. Nah, permukaan horizontal tersebut ditempelkan pada sebuah lensa raksasa yang disebut dengan lensa Fresnel. Lensa Fresnel berfungsi memantulkan cahaya dalam bentu sinar. Lensa tersebut akan berputar terus menerus dengan searah jarum jam. Sehingga sebarkas cahaya akan mudah terlihat walau dalam kondisi cuaca yang berkabut.
Seringkali di lokasi yang terpencil dan sulit untuk mendapatkan akses, mercusuar modern bekerja jauh lebih fungsional namun juga tidak terlalu artistic dan indah, karena biasanya mereka menggunakan baterai surya yang dapat diisi ulang dan memiliki sebuah lampu sorot tunggal yang tidak dapat berubah tempat yang berdiri di kerangka baja menara mercusuar. Mercusuar terakhir yang masih menggunakan petugas manusia dibangun di Amerika Serikat, yaitu Charleston Light pada tahun 1962. Menyerupai menara kontrol lalu-lintas udara, menara ini memiliki bentuk segitiga modern, dengan paduan lapisan aluminium, penyejuk udara, dan lift.
Demikianlah informasi mengenai mercusuar. Semoga bermanfaat!