Taman Nasional Fairy Meadows
Fairy Meadows adalah salah satu tempat wisata yang paling memesona, dan menarik wisatawan dan pelancong di seluruh dunia.
Fairy Meadows, dinamai oleh pendaki Jerman dan secara lokal dikenal sebagai Joot adalah padang rumput di dekat salah satu situs base camp dari Nanga Parbat , terletak di Distrik Diamer , Gilgit-Baltistan , Pakistan. Pada ketinggian sekitar 3.300 meter (10.800 kaki) di atas permukaan laut, tempat ini berfungsi sebagai titik peluncuran bagi para trekker yang mendaki puncak Rakhiot di Nanga Parbat. Pada tahun 1995, Pemerintah Pakistan mendeklarasikan Fairy Meadows sebagai Taman Nasional .
Fairy Meadows dapat dicapai dengan perjalanan jeepable sepanjang lima belas kilometer mulai dari Jembatan Raikot di Jalan Raya Karakoram ke desa Tattu (Tato). Jalan pegunungan berkerikil yang berbahaya dan sempit dari jembatan ke desa hanya terbuka untuk penduduk setempat, yang menyediakan transportasi untuk pengunjung. Pada 2013, Organisasi Kesehatan Dunia mendeklarasikannya sebagai jalan paling mematikan kedua di planet ini. Dari Tato dan seterusnya, dibutuhkan sekitar tiga hingga empat jam mendaki dengan perjalanan sejauh lima kilometer ke Fairy Meadows. Padang rumput ini terletak di lembah Rakhiot, di salah satu ujung gletser Rakhiot yang berasal dari Nanga Parbat dan mengaliri sungai yang akhirnya jatuh diSungai Indus. Sejak tahun 1992, penduduk setempat telah mengoperasikan situs berkemah di daerah tersebut.
Padang rumput ini dikelilingi oleh hutan alpine yang lebat. Daerah dataran tinggi dan lereng yang menghadap ke utara sebagian besar terdiri dari hutan jenis konifera yang memiliki pohon Pinus wallichiana , Picea smithiana dan Abies pindrow , sedangkan di daerah dataran tinggi dengan sedikit sinar matahari terdapat semak birch dan willow kerdil . Lereng selatan terkonsentrasi dengan juniper dan semak belukar, yaitu Juniperus excelsa dan J. turkesticana . Di dataran rendah, tanaman utama yang ditemukan adalah Artemisia , dengan abu kuning , pohon ek batudan Pinus gerardiana menyebar di antaranya. Penelitian telah menunjukkan kesamaan antara Pinus wallichiana yang ditemukan di padang rumput dengan spesies saudaranya, Pinus peuce , ditemukan di Balkan, berdasarkan ukuran daun. Di antara mamalia, beberapa beruang coklat ditemukan di wilayah tersebut, dengan jumlah yang menurun. Beberapa rusa kesturi , yang dianggap sebagai spesies yang terancam punah, juga ada.
Fairy Meadows adalah salah satu tempat paling populer dan indah untuk mendaki di Pakistan dan untuk alasan yang bagus. Dengan pemandangan tak terhalang dari binatang setinggi 8.125 m yaitu Nanga Parbat, salah satu gunung tertinggi di Pakistan, hanya kedua setelah K2, ini dianggap sebagai salah satu pendakian paling mudah diakses yang memungkinkan Anda menyaksikan gunung setinggi 8.000 m tanpa melakukan perjalanan multi-hari.
Fairy Meadows Trek dimulai dengan naik jeep dari Jembatan Raikot ke Desa Tatu. Pemberhentian pertama perjalanan adalah Chilas, sebuah kota yang terletak di wilayah Gilgit-Baltistan. Ada tiga cara untuk mencapai Chilas untuk Fairy Meadows Trek, yang pertama dan paling layak dalam hal menjelajahi pemandangan adalah melalui NaranKaghan. Dibutuhkan sekitar 10-12 jam untuk mencapai Chilas melalui Naran-Kaghan dan Babusar Top. Pilihan kedua adalah melalui Jalan Raya Karakoram. Babusar Top ditutup karena hujan salju lebat di musim dingin dari November hingga Mei, jadi rute alternatif yang diambil petualangan adalah melalui Jalan Raya Karakoram melalui wilayah Mansehra, Besham, dan Kohistan. Rute ini memakan waktu sekitar 14-16 jam dari Islamabad. Pilihan ketiga adalah mengambil penerbangan satu jam dari Islamabad ke Gilgit dan 2-3 jam perjalanan ke Chilas melalui jalan darat.
Waktu terbaik untuk melakukan perjalanan ini adalah dari April-September, kehijauan padang rumput dengan salju di puncak gunung membawa Anda dekat dengan alam, jauh dari kehidupan perkotaan yang sibuk. Setiap orang kesehatan dapat melakukan perjalanan ini, mudah, singkat dan sempurna untuk pemula. Trek ini juga menawarkan banyak petualangan. Jeep track dari Jembatan Raikot ke desa Tatu adalah salah satu jeep track paling berbahaya di dunia
Demikianlah informasi mengenai Taman Nasional Fairy Meadows. Semoga bermanfaat!