Wisata Sunrise dan Sunset
Sarangkot adalah desa yang terkenal dengan pemandangan matahari terbit dan terbenam.
Bangsal ini terletak di Sarangkot, sebuah bukit di sisi barat Pokhara dengan ketinggian 1600m. Sarangkot terkenal dengan panorama Himalaya dari Dhaulagiri , Annapurna dan Manaslu . Ini juga memberikan pemandangan kota Pokhara yang luas, dari ujung utara hingga selatan termasuk Danau Phewa . Wisatawan berkendara ke atas bukit untuk menyaksikan matahari terbit dari menara pandang di puncak. Dalam beberapa tahun terakhir, Sarangkot disebut sebagai salah satu lokasi paralayang terbaik di dunia. Pendakian dari jalan raya Pokhara Baglung di Miruwa ke Sarangkot memakan waktu 90 menit hingga dua jam.
Sarangkot juga merupakan lokasi yang populer bagi paraglider untuk diluncurkan dari Pokhara. Jika Anda akan trekking di pegunungan Annapurna maka lihat Sarangkot terlebih dahulu daripada setelah perjalanan! Entah bagaimana lebih baik untuk melihat ke mana Anda pergi daripada di mana Anda baru saja datang.
Anda harus memikirkan waktu dalam setahun Anda akan pergi terlebih dahulu. Jika musim puncak maka Anda harus memiliki pandangan yang jelas dan bagus . Tapi jika musim hujan mungkin akan berkabut atau berawan. Anda juga harus memikirkan tentang membawa pakaian yang sesuai, misalnya perlengkapan hujan ( baca panduan cuaca ke Nepal untuk informasi lebih lanjut ). Anda juga perlu memikirkan apakah Anda ingin berada di sana saat fajar atau senja. Kebanyakan orang mengatakan fajar dan matahari terbit memberikan pemandangan yang lebih baik.
Sarangkot adalah desa yang terkenal dengan pemandangan matahari terbit dan terbenam Annapurna dan tempat lepas landas untuk paralayang. Desa ini terletak pada ketinggian 1600 meter di atas permukaan laut dan merupakan tempat yang sempurna untuk menangkap pemandangan memesona dari Annapurna, Dhaulagiri, Pegunungan Manaslu dan lembah Pokhara.
5 kilometer dari tepi danau Pokhara, tempat ini juga dapat diakses dengan perjalanan 1-1,5 jam. Sarangkot juga terkenal dengan salah satu Zipline tercepat di dunia. Situs benteng kuno yang dihubungkan oleh beberapa langkah dari desa utama adalah sudut pandang yang populer.
Perjalanan di sepanjang jalan punggungan yang mengarah ke barat Sarangkot sangat disarankan bagi wisatawan untuk mendapatkan pemandangan yang lebih menakjubkan. Hutan lebat adalah rumah bagi berbagai flora dan fauna. Dengan demikian, rute ini juga terkenal untuk mengamati burung dan jalan-jalan alam yang menyegarkan.
Meskipun Sarangkot terkenal dengan panorama Himalaya yang megah, jalan-jalan alam, treks dan hiking melalui desa, juga terkenal dengan paralayang. Kota ini terletak di bawah punggung bukit, dan seseorang perlu menaiki tangga yang mengarah ke puncak untuk menyaksikan pegunungan yang indah dan menuju ke tempat di mana semua kegiatan paralayang berlangsung. Penduduk setempat mengatakan pernah ada benteng di lokasi tersebut, maka nama Sarangkot.
Demikianlah informasi mengenai panorama sarangkot. Semoga bermanfaat!