Fakta Unik Cappadocia
Cappadocia terkenal sebagai tempat wisata balon udara paling populer di dunia.
Kota Cappadocia menjadi salah satu destinasi favorit ketika berkunjung ke Turki. Wilayah ini memang memiliki keindahan dan pesona alam yang menakjubkan. Seluruh bangunan yang ada di wilayah tersebut berasal dari bebatuan kuno yang terbentuk jutaan tahun yang lalu. Selain itu, wilayah ini juga menawarkan pemandangan berupa balon udara yang semakin menambah keindahan kota Cappadocia, terlebih pada saat suasana petang.
Berikut fakta unik Cappadocia di Turki yang harus kamu ketahui.
1. Terbentuk dari endapan vulkanik
Secara geografis, Kapadokya tertimbun abu dan lahar akibat erupsi gunung berapi yang membentuk sedimen vulkanik. Sedimen vulkanik ini lalu terkikis hujan dan angin kencang hingga memadat jadi batuan lunak. Erosi ini menciptakan bentuk aneh seperti kubah, pilar seperti jamur, dan cerobong. Adapun nama gunung berapi adalah Erciyes, Gunung Hasan, dan Gunung Melendiz.
2. Nama Cappadocia berasal dari abad ke-6 SM
Sejarah mencatat bahwa nama Cappadocia sudah digunakan sejak akhir abad ke-6 SM. Pada saat itu, wilayah tersebut merupakan salah satu negara yang membentuk kekaisaran Persia. Penduduk asli menyebutnya Kaptapuka, berasal dari bahasa Luwian yang berarti negara rendah. Namun, penduduk Iran mengenalnya sebagai tanah kuda. Hal tersebut karena kuda adalah bagian dari pajak yang harus dibayarkan ke pemerintah Persia dan Raja Persia akan menerima kuda tersebut sebagai hadiah dan upeti. Hingga saat ini, kuda masih dihargai oleh penduduk asli setempat dan digunakan sebagai transportasi oleh wisatawan.
3. Terdapat kota di bawah tanah Cappadocia
Kota bawah tanah terletak tepatnya di bawah permukaan cerobong dan dihubungkan oleh terowongan yang digunakan sebagai pemukiman. Beberapa bangunan di bawah tanah memiliki kedalaman hingga delapan tingkat ke dalam bumi. Tempat tersebut menyimpan semua fasilitas yang dibutuhkan untuk kehidupan sehari-hari. Selain kota bawah tanah, ada juga gua buatan di Cappadocia yang juga berfungsi sebagai tempat persembunyian.
4. Wilayah Pertanian yang Subur
Kapadokya memiliki kondisi tanah pertanian yang sangat subur. Komoditas yang biasa ditanam di wilayah ini seperti aprikot, labu, melon, tebu, buncis, dan bit. Kapadokya juga merupakan produsen utama anggur.
5. Situs Warisan Dunia UNESCO
Pada tahun 1985, Kapadokya ditetapkan sebagai situs warisan dunia oleh UNESCO. Wilayah yang disebut sebagai tanah berkuda dalam bahasa Persia ini memiliki sejumlah monumen terbesar dan termasuk situs bawah tanah Derinkuyu dan Kaumakl yang luas.
6. Balon udara menjadi pemandangan terbaik di Cappadocia
Balon udara adalah sesuatu yang sangat populer di Cappadocia. Pengunjung dapat naik balon ini di wilayah Goreme. Terbang dengan balon udara dapat menjadi pengalaman yang tak terlupakan bagi pengunjung, karena mereka dapat menikmati keindahan Cappadocia dari ketinggian. Setiap harinya, lebih dari seratus balon udara panas mengudara di langit Cappadocia. Jika takut ketinggian, pengunjung dapat melakukan kegiatan lain, seperti mendaki dan bersepeda.
7. Terdapat festival di Cappadocia
Selain memiliki visualisasi lanskap yang menarik, Cappadocia juga merupakan tempat untuk festival musik. Acara ini dimeriahkan oleh seniman lokal dan internasional. Cappdocia tak hanya melakukan festival musik yang diisi dengan pertunjukan paduan suara dan orkestra selama seminggu penuh. Pada bulan Juli, mereka juga akan mengadakan festival balon udara.
Itu dia sederet fakta menarik tentang Cappadocia, sebuah kota di Turki yang menyimpan berbagai macam keindahan. Semoga bermanfaat!