Fakta Macan Tutul
Macan tutul adalah salah satu dari empat kucing besar.
Macan Tutul  yang mempunyai nama latin Panthera pardus atau juga dikenal dengan nama Leopard dalam dunia Barat adalah salah satu keluarga kucing besar nan eksotik karena keunikan corak warna bulunya. Agak berbeda dengan kucing besar terkenal lainnya seperti Singa ataupun Harimau, Macan Tutul mungkin tidak sepopuler kedua kucing besar tersebut yang terkenal dengan gambaran kekuatan dan kegarangannya.
Subspesies macan tutul ini ditemukan di kawasan hutan yang membentang di perbatasan timur Cina. Hewan ini menghadapi ancaman kepunahan yang besar, dan untuk itu banyak organisasi yang bekerja sama dengan otoritas regional untuk menyelamatkan macan tutul Amur dan memastikan konservasi jangka panjang di wilayah tersebut.
Pada umumnya, Macan tutul menghindari manusia. Namun macan yang kurang sehat, kelaparan atau terluka sehingga tidak dapat berburu mangsa yang biasa, dapat memangsa manusia. Ada peristiwa mengenai seekor macan tutul jantan di Rudraprayag memangsa lebih dari 125 jiwa dan seekor macan tutul betina yang disebut "Macan Tutul Panar" memangsa lebih dari 400 jiwa pada awal abad ke-20 di India.
Beberapa subspesies dari macan tutul seperti macan kumbang dari Indonesia terancam punah, tetapi secara umum macan tutul dievaluasikan sebagai Berisiko Rendah di dalam IUCN Red List. Berikut ini fakta mengenai macan tutul:
1. Memiliki jangkauan habitat yang sempit
Secara tradisional, subspesies ini tersebar di seluruh Korea dan Manchuria bagian atas. Namun, saat ini hampir seluruh populasinya hanya ada di hutan perbatasan Cina-Rusia. Suhu di wilayah ini bisa mencapai lebih dari 30 derajat Celcius selama musim panas dan turun di bawah -30 derajat Celcius selama musim dingin, menjadikan lingkungan macan tutul Amur lebih ekstrem daripada tempat tinggal macan tutul lainnya. Macan tutul Amur paling sering diamati berada ditempat yang lebih tinggi di sepanjang hutan beriklim sedang di perbukitan dan pegunungan di wilayah tersebut.
2. Pelari yang Cepat
Macan tutul termasuk kucing yang cepat, karena dapat berlari dengan kecepatan mencapai 58 kilometer per jam. Selain dapat berlari cepat, mereka juga dapat melompat sejauh 6 meter atau setara dengan panjang tiga orang dewasa yang berbaring dari ujung kepala sampai ujung kaki.
3. Termasuk Hewan yang Terampil
Macan tutul termasuk pendaki yang terampil. Mereka akan beristirahat di cabang-cabang pohon saat siang hari. Mereka juga hewan yang kuat karena dapat membawa mangsa berat ke pepohonan. Mereka membawa makanan ke pepohonan supaya tidak ada yang mencuri makanannya.
4. Memegang peran penting dalam ekosistem
Macan tutul Amur penting secara ekologis. Mereka adalah predator puncak yang berperan penting dalam menjaga keseimbangan spesies yang sehat di habitatnya. Ini mempengaruhi kondisi hutan dan ekosistem. Konservasi habitat macan tutul Amur juga menguntungkan spesies lain, seperti harimau Amur dan spesies mangsa seperti rusa.
5. Manusia dan kucing besar lain adalah ancaman bagi macan tutul Amur
Meskipun macan tutul Amur adalah predator teratas di habitatnya, tetapi mereka menghadapi beberapa ancaman dari manusia yang memburu macan tutul Amur untuk bulu mereka. Selain itu, jangkauan mereka tumpang tindih dengan harimau Siberia. Keberadaan harimau Siberia yang tumpang tindih dengan macan tutul Amur membuat macan tutul Amur harus bersaing mendapatkan mangsa. Namun, para peneliti mengamati bahwa pertumbuhan populasi harimau Siberia belum memberikan efek buruk pada macan tutul Amur.
Demikianlah informasi mengenai macan tutul. Semoga bermanfaat!