Mengenal Kucing Bengal
Kucing bengal menjadi favorit banyak pecinta kucing karena memilik keunikan.
Kucing bengal adalah salah satu jenis ras kucing yang berasal dari campuran beberapa jenis kucing, yaitu Asian Leopard, Egyptian Mau, Abyssinian, Burmese, dan American Shorthair. Kucing bengal berasal dari California, Amerika Serikat. Di Indonesia, kucing ini lebih dikenal dengan sebuan kucing blacan. Meskipun tergolong kucing hutan, namun ras bengal termasuk hewan yang banyak digemari dan dijadikan hewan peliharaan. Kucing ini memiliki ukuran badan yang panjang dengan otot-otot pada tubuhnya yang kuat. Ia memiliki tulang yang besar dan tebal, serta bulu yang tebal, rapat dan halus. Dalam proses pemeliharaannya, kucing ini memerlukan perawatan khusus pada bulunya, yaitu dengan digosok secara lembut menggunakan sikat yang halus. Populasi kucing bengal belum begitu banyak sehingga harganya tergolong tinggi, yaitu bisa mencapai 10-40 juta rupiah.
Pada tahun 1960, seorang peneliti bernama California’s Jean Mills mempelajari penyakit yang sering menyerang kucing. Pada penelitian tersebut, Mills menemukan fakta bahwa kucing liar seperti singa dan harimau cenderung lebih kebal terhadap berbagai serangan penyakit. Setelah itu, Mills mengembangbiakkan kucing Asian Leopard dan menghasilkan kesimpulan bahwa kucing hasilnya perkembangbiakannya juga kebal terhadap berbagai jenis penyakit. Tak lama setelahnya, Mills mengawinkan kucing Asian Leopard betina miliknya dengan kucing jantan lokal berbulu hitam yang kemudian menghasilkan anak kucing dengan corak bintik dengan daya tahan tubuh ekstra kuat. Mills kemudian berinisiatif untuk mengawinkan salah satu anak betina dari hasil perkawinan tersebut dengan kucing jantan lokal hitam sehingga menghasilkan kucing bengal. Pada saat itu hasil anakan dari perkawinan tersebut menghasilkan kucing bercorak khas seperti kucing Asian Leopard tetapi dengan bentuk tubuh seperti kucing lokal.
Bengal mempunyai buku berwarna abu-abu hingga cokelat dengan motif bintik-bintik. Kucing ini terkenal cerdas dan aktif. Jenis kucing bengal juga sangat unik, sebab mereka ternyata suka dengan air. Padahal umumnya kucing domestika tidak menyukai air. Kucing ras bengal memiliki bentuk tubuh yang besar dan gagah. Hal tersebut dikarenakan ia mendapatkan ciri fisik dari leluluhurnya, yaitu kucing liar. Kucing betina dewasanya memiliki berat badan sekitar 4-5 kilogram, sedangkan berat badan kucing jantan dapat mencapai 10 kilogram. Kucing bengal dapat dibedakan dengan kucing lainnya melalui corak warna pada tubuhnya yang khas, yaitu didominasi dengan warna cokelat dan hitam.
Kucing Bengal memiliki beberapa macam variasi warna yaitu brown-black marbled, brown-black spotted, snow-marbled dan snow-spotted. Dari sekian banyak varian warna dari kucing Bengal, warna yang paling popular adalah brown-black spotted. Pada umumnya penampilan kucing Bengal menyerupai Asian Leopard Cat. Kucing Bengal memiliki mata bulat yang besar berbentuk almond dengan warna biru atau amber. Tatapan mata kucing Bengal sangat tajam yang menunjukan sifatnya yang sangat ingin tahu dan berjaga-jaga.
Itulah informasi mengenai kucing bengal. Semoga bermanfaat!