Fakta Unik Kucing Sphynx
Bagi para pencinta kucing, pasti sudah tidak asing lagi dengan jenis kucing Sphynx.Ya, kucing yang dikenal tidak memiliki bulu ini punya bentuk wajah yang unik dan telinga yang besar juga lebar. Tak hanya itu, ternyata kucing Sphynx memiliki sejumlah fakta unik dan menarik yang perlu kamu ketahui. Berikut ini adalah beberapa fakta menarik soal kucing Sphynx.
Berasal dari Kanada
Banyak rumor yang mengatakan bahwa kucing Sphynx berasal dari Mesir karena namanya diambil dari bahasa Yunani kuno, Sfinks atau makhluk mitologi Mesir yang bertubuh singa dengan kepala manusia. Padahal, kucing Sphynx ternyata berasal dari Kanada dan mulai berekspansi di Amerika Utara sejak 1960-an atau ketika seekor kucing Ontario melahirkan anak kucing tak berbulu, hasil dari mutasi genetik alami.
Kucing Sphynx punya banyak warna
Warna kucing Sphynx dapat bervariasi dari satu kucing ke kucing lainnya dan warnanya meniru marking yang Anda lihat di kucing berbulu. Anda dapat menemukan kucing Sphynx dengan pola hitam, putih, merah, coklat, dan berbagai warna, seperti belacu dan tortoiseshell.
Berjemur adalah segalanya
Kucing suka tidur siang di bawah sinar matahari dan kucing Sphynx tidak berbeda. Karena sifat ingin tahu mereka, Sphynx cocok menjadi kucing indoor. Menjaga mereka tetap aman di dalam rumah akan mencegah kecelakaan berbahaya di luar ruangan. Saat Anda tidak di rumah, biarkan gorden tetap terbuka sehingga mereka dapat menemukan tempat yang cerah untuk tidur.
Memiliki Kulit Sensitif
Perlu diingat bahwa kucing Sphynx tidak memiliki bulu sepanjang atau selebat kucing-kucing ras lain sehingga tubuhnya lebih sensitif terhadap sinar matahari.
Bahkan ia juga lebih sering kepanasan atau kedinginan sehingga kucing Sphynx lebih baik dipelihara di dalam rumah.
Berpelukan adalah aktivitas favorit mereka
Membelai, memegang, dan memeluk Sphynx adalah perekat ikatan batin yang akan Anda nikmati bersama. Jika Anda memiliki Sphynx, Anda dapat mengharapkan mereka tidur dengan Anda di dalam selimut agar tetap hangat. Rasanya seperti memiliki penghangat kaki hidup yang mendengkur!
Kerutan adalah bagian dari hidup
Sama seperti kucing Sphynx, kucing berbulu pun sebenarnya juga punya kerutan. Bedanya adalah mereka bisa menyembunyikannya! Karena kerutan kulit Sphynx terpapar, penting untuk menjaganya tetap bersih dan mencucinya secara teratur untuk menghindari kotoran dan penumpukan minyak.
Mereka dibiakkan secara selektif
Untuk mendapatkan kulit dengan sedikit bulu dan kepribadian yang sangat ramah, peternak dengan hati-hati membiakkan kucing tak berbulu ini sampai mereka menemukan campuran yang sempurna. Sekarang, kucing Sphynx sangat dicari dan menempati daftar teratas dalam peringkat ras kucing yang penuh kasih sayang.
Itulah beberapa fakta menarik dari kucing Sphynx , jika kalian ingin memelihara kucing ini , kalian harus mengetahui kebiasaan dan cara mengurusnya , karena kucing ini butuh perhatian khusus.