Jenis Kupu-Kupu Terbesar
Kupu-kupu adalah binatang cantik yang sangat bermanfaat untuk perkembangbiakan tumbuhan.
Kupu-kupu dan ngengat (rama-rama) merupakan serangga yang tergolong ke dalam ordo Lepidoptera, atau 'serangga bersayap sisik' (lepis, sisik dan pteron, sayap). Secara sederhana, kupu-kupu dibedakan dari ngengat alias kupu-kupu malam berdasarkan waktu aktifnya dan ciri-ciri fisiknya. Kupu-kupu umumnya aktif pada waktu siang (diurnal), sedangkan ngengat kebanyakan aktif pada waktu malam (nokturnal). Kupu-kupu beristirahat atau hinggap dengan menegakkan sayapnya, ngengat hinggap dengan membentangkan sayapnya. Kupu-kupu biasanya memiliki warna yang indah cemerlang, Kupu-kupu berfungsi untuk membantu pembuahan dengan terbang dari satu tanaman ke tanaman yang lain. Ketika proses inilah kupu-kupu membawa serbuk sari ke bunga yang lain, baik melalui kakinya ataupun mulutnya ketika sedang mengisap nektar. Berikut adalah kupu-kupu terbesar di dunia.
1. hyalophora cecropia
Spesies ini adalah ngengat asli terbesar di Amerika Utara. Spesies ini adalah anggota keluarga Saturniidae, atau ngengat sutra raksasa. Ukuran spesies ini sangat mencengangkan. Dengan lebar sayap lima sampai tujuh inci (160 mm) atau lebih, ia memang tampak seperti seekor kupu-kupu raksasa. 'Kupu-kupu' ini dapat ditemukan di seluruh Amerika Utara sejauh barat hingga Washington dan utara ke sebagian besar provinsi Kanada.
2. Goliath birdwing
Kupu-kupu ini memiliki panjang 27 sampai 28 sentimeter. Kupu-kupi ini memiliki warna hijau, kuning, dan hitam.
3. Swallowtail Raksasa Afrika
Kupu-kupu terbesar berikutnya adalah African Giant Swallowtail, yang berukuran 23 sentimeter. Kupu-kupu ini adalah kupu-kupu terbesar di Afrika. Kupu-kupu oranye ini jarang memakan hewan lain karena tubuhnya beracun dan bisa menyebabkan kematian jika dimakan.
4. Buru opalescent birdwing
Kupu-kupu ini adalah kupu-kupu yang hanya ditemukan di Indonesia, tepatnya di Pulau Buru. Panjang maksimal kupu-kupu ini adalah 20 sentimeter. Keunikan kupu-kupu Pulai Buru ini adalah kemampuannya untuk terbang tinggi hingga ketinggian 1.600 meter. Sayangnya, populasi Buru opalescent birdwing ini terancam karena banyaknya penebangan hutan.
5. Rippon’s Birdwing
Masih kupu-kupu yang hanya ditemukan di Indonesia. Kupu-kupu ini juga memiliki panjang 20 sentimeter. Kupu-kupu ini saat ini berstatus dilindungi untuk mencegahnya dari kepunahan. Rippon’s birdwing memiliki warna yang unik, yaitu hitam dan kuning. Warna dan polanya mengingatkan kita akan lebah, dan dipercaya untuk mengelabui pemangsanya.
6. Queen Alexandra’s birdwing
Kupu-kupu terbesar di dunia adalah Queen Alexandra’s birdwing yang memiliki ukuran panjang maksimal mencapai 28 sentimeter. Kupu-kupu ini banyak ditemukan di Papua Nugini. Terdapat dua macam warna variasi kupu-kupu ini, yaitu hitam dan biru kehijauan. Sayangnya, sejak erupsi Gunung Lamington tahun 1951, hampir sebagian besar habitat kupu-kupu ini hancur. Hal ini menyebabkan kupu-kupu Queen Alexandra’s birdwing termasuk dalam spesies yang terancam punah.
Nah itu dia jenis kupu-kupu terbesar di dunia. Semoga bermanfaat!