Ciri-Ciri Jerapah
Jerapah adalah hewan yang memiliki tubuh yang sangat tinggi, jerapah di nobatkan sebagai hewan tertinggi di dunia.
Jerapah adalah hewan darat tertinggi di Bumi, ditemukan di Afrika di zona kering selatan Gurun Sahara. Pohon harus ada di area ini, karena jerapah biasanya merumput di dedaunan pohon. Jerapah adalah hewan sosial dan akan membentuk kelompok-kelompok kecil yang tidak terorganisir tanpa struktur kepemimpinan. Mereka memiliki rentang hidup rata-rata di alam liar 25 tahun.
Jerapah adalah hewan mamalia yang berarti bahwa jerapah berkembang biak dengan cara melahirkan. Jerapah berasal dari afrika. Jerapah memakan rumput dan daun sebagai makanan mereka. Di habitat bebas sana, jerapah banyak menjadi korban mangsa dari hewan hewan predator seperti singa, puma, citah dan lain lain. Oleh karena itu, karena jerapah memiliki leher yang panjang sehingga mempermudah melihat musuh jadi jerapah bisa menyelamatkan diri dengan cara kabur dan bersembunyi.
Jerapah yang sudah dewasa memiliki tinggi sekitar 4,2 hingga 5,4m. Biasanya, jerapah jantan lebih tinggi dari betina. Sangat jarang, jerapah ditemukan lebih tinggi dari kisaran ketinggian rata-rata mereka. Berat rata-rata jerapah dewasa adalah sekitar 1192 kg untuk jantan, dan jerapah betina dewasa memiliki berat sekitar 1180 kg. Si Kecil mungkin telah menyadari kulit jerapah yang memiliki bintik-bintik cokelat tua pada kulit berwarna cokelat muda atau krem. Seiring dengan pola yang tidak biasa pada kulitnya, sebenarnya ketebalan kulit jerapah relatif lebih tebal dibandingkan dengan kulit hewan lainnya.
Di antara semua ciri fisiknya, lidah jerapah memiliki fitur yang menarik. Jerapah pada umumnya memiliki panjang lidah sekitar 45cm dan berwarna hitam keunguan. Ini membantu jerapah untuk tetap terlindung dari sinar matahari dan sinar ultraviolet.
Tak hanya itu saja, jerapah memiliki indera pendengaran dan penciuman yang baik. Mereka dapat mengingat suatu tempat atau apapun dari baunya, bahkan dapat mengidentifikasi buah dan tanaman beracun dari baunya.
Lubang hidung mereka dilindungi dengan otot tambahan, dan mereka dapat menutup lubang hidung mereka yang berotot untuk perlindungan terhadap badai pasir dan semut. Kulit jerapah yang tebal membantu mereka bergerak di hutan dan hutan tanpa mudah terluka oleh cabang-cabang pohon atau benda tajam lainnya. Bahkan bulu jerapah juga memiliki manfaat. Bau jerapah betina memainkan peran penting dalam fungsi seksual mereka. Serta ekornya yang sebagian besar berbulu, dapat membantu mereka mengusir serangga.
Sumber makanan utama jerapah adalah pohon akasia, yang dikenal dengan duri jahatnya. Jerapah menggunakan lidah panjang sekitar 18 inci untuk menjangkau duri. Air liur yang tebal melindungi sistem pencernaan jerapah jika duri tertelan secara tidak sengaja. Kadang-kadang mereka juga akan memakan semak, buah-buahan dan rumput. Jerapah dewasa dapat mengonsumsi hingga 75 lbs makanan per hari.
Demikianlah informasi mengenai hewan jerapah. Semoga bermanfaat!