Tips Melatih Kucing
Seekor kucing dianggap tidak bisa patuh seperti anjing, dan cenderung cuek terhadap segala hal, kecuali urusan makan.
Kucing merupakan makhluk hidup yang sangat independen. Para riset menemukan fakta bahwa meski manusia telah merawat kucing lebih dari 100 tahun, kucing masih termasuk hewan yang setengah jinak. Kucing adalah hewan peliharaan yang sangat disukai oleh sebagian banyak orang. Tampang mukanya yang menggemaskan dan juga tingkah uniknya membuat orang terkagum dengan kelakuan si kucing.
Menurut sebagian orang, kucing tidak bisa jadi penurut dan patuh seperti halnya anjing. Kucing memang hewan yang unik seringkali cuek, tidak mau dielus, susah diatur namun ketika mereka lapar akan berubah menjadi hewan yang sangat manis. Misalnya saja mereka suka mencakar ataupun meraung ketika bertemu orang baru. Hal ini karena kucing perlu pendekatan terlebih dahulu agar jadi kucing yang penurut.
Berikut Cara Melatih Kucing Agar Jadi Penurut dan Tidak Nakal:
1. Selalu Memberikan Hadiah Berupa Makanan atau Catnip
Saat melatih kucing, jangan lupa memberikan hadiah berupa makanan padat atau cair, bisa juga berupa catnip. Hal ini bisa menjadi cara melatih kucing anggora dewasa agar nurut atau kucing jenis apa pun, termasuk kucing kampung.
2. Sering Mengelus Kucing
Bagaimana cara agar kucing tidak nakal? Gampang banget loh ternyata. Yang pertama, biasakan untuk memangku mereka kemudian elus secara lembut. Kucing sangat suka dielus-elus terutama pada bagian leher, dagu dan kepalanya. Mengelus kucing bisa meningkatkan kedekatan emosional antara si kucing dan pemilik. Salah satu tanda bahwa kucing merasa nyaman adalah ketika si kucing sudah memejamkan matanya. Hal itu akan membuat kucing merasa diperhatikan. Akan tetapi kita juga harus pandai menganalisa bahasa tubuh si kucing. Karena tidak jarang kucing tidak mood untuk dibelai. Tanda-tanda kucing tidak ingin disentuh adalah telinganya menyamping, ekornya bergerak-gerak secara agresif dan mata membesar. Jika kucing sudah memberikan gelagat seperti ini sebaiknya berikan ruang bagi si kucing untuk bermain sendiri.
3. Jangan pernah menghukum kucing
Berbeda dengan anjing, kucing tidak memahami atau merespon sebuah hukuman dengan baik. Sebuah hukuman justru bisa membuat mereka lari ketakutan dan bersembunyi darimu, hingga membuatnya stres. Selain itu, kamu tidak boleh menghukum kucing dengan cara berteriak keras atau memukul hidungnya, karena hal ini bisa membuat kucing takut dan hilang kepercayaan terhadap dirimu.
4. Melatih buang air di kotak pasir kucing
Kamu juga harus melatih kucingmu agar bisa buang air di kotak pasir kucing. Pertama sediakan kotak berisi pasir dan sesuaikan ukurannya dengan tubuh kucingmu, lalu letakkan di tempat yang tenang dan mudah diakses oleh si kucing. Letakkan kucing ke dalam kotak kotoran setiap hari ketika dia bangun tidur atau setelah makan.
5. Memandikan Kucing Dengan Air Hangat
Ini adalah bagian yang sangat penting. Seperti yang kita ketahui, kucing sangat sensitif terhadap air. Bahkan bisa melukai kita jika kita memandikan nya dengan cara kasar atau memaksa kucing tersebut. Cara pertama adalah dengan menggendong dan mengelus kucing agar merasa nyaman. Kemudian siramkan air hangat ke badan kucing secara perlahan, hal ini akan mengurangi keagresifan si kucing. Nah setelah itu berikan shampo pada badan si kucing dan pijat secara perlahan. Membersihkan busa sabunnya pun harus sangat pelan agar si kucing tetap merasa aman. Setelah selesai membersihkan sisa sabun, gendong kucing secara perlahan dan keringkan menggunakan handuk atau bisa juga menggunakan hair dryer.
6. Memberi Nama si Kucing
Nah apakah kamu sudah punya nama panggilan untuk kucingmu? Ini penting banget loh, beri kucing kalian nama yang pendek saja ya agar mudah dimengerti. Sobat Pintar bisa membiasakan memanggil nama mereka setiap hari, perlahan mereka akan mengerti.
7. Mengulang Latihan Secara Rutin
Cara menjinakkan kucing yang agresif perlu dilakukan latihan secara rutin. Sobat Pintar bisa mengajarkan mereka menggunakan litter box, bermain dengan pelatihan secara rutin setiap hari.
8. Selalu Mengajak Bermain
Kalau kamu memiliki kucing hiperaktif, kamu bisa mengajaknya bermain setiap hari atau setidaknya ada rutinitas. Hal ini menjadi cara menjinakkan kucing liar atau cara menjinakkan kucing galak, ada interaksi agar kucing patuh.
9. Durasi Latihan Berlangsung Tidak Lama
Kamu ingin melatih cara melatih kucing bersalaman, cara melatih kucing memijat, bermain, atau aktivitas lainnya. Ajarkan kucing dalam durasi yang pendek, biasanya hewan ini memang cepat bosan dan tidak mau mengikuti instruksi.
10. Memberikan Makanan Kesukaan Si Kucing Dengan Tangan
Yang satu ini cara yang sangat mudah bukan? Salah satu langkah yang mudah untuk menjinakkan kucing baru atau kucing anakan adalah dengan memberi mereka makan menggunakan tangan kita. Gunakan makanan kering atau makanan sachet dan belai kepala si kucing ketika sedang memberikan makanan. Hal ini akan membuat kucing cepat jinak.
Nah itu 10 tips melatih kucing agar jinak dan penurut. Semoga bermanfaat!