Fakta Unik Kanguru
Kanguru adalah hewan yang terkenal sebagai hewan khas benua Australia. Kamu pasti tahu kanguru, termasuk beberapa fakta umum tentang mereka. Misalnya, mereka bergerak dengan cara melompat, serta mereka adalah hewan marsupial alias mamalia yang merawat bayinya di dalam kantung pada tubuhnya.
Akan tetapi, keunikan kanguru tak hanya sebatas itu. Masih banyak lagi fakta menarik yang bisa kita pelajari tentang hewan ini. Berikut adalah fakta-fakta unik dan menarik mengenai Kanguru.
1.Kanguru adalah Marsupial Terbesar di Bumi
Kanguru adalah marsupial terbesar yang hidup saat ini, dipimpin oleh kanguru merah, yang tingginya lebih dari 1,6 meter, ditambah ekor 3 kaki (1 m), dan berat 180 pon (82 kilogram). Kanguru abu-abu bahkan bisa lebih tinggi, dengan beberapa jantan dewasa mencapai hampir 7 kaki (2,1 meter), tetapi mereka juga lebih ramping, hanya beratnya mencapai 120 pon (54 kg).
2.Suka Hidup Berkelompok
Kalau dilihat di kebun binatang, kanguru hidup terpisah-pisah. Tapi kalau di habitat aslinya, ia suka hidup berkelompok. Mereka juga punya pemimpin, dalam satu kelompok. Pemimpin yang dipilih biasanya adalah kanguru yang paling tua dan kuat.
3.Fungsi Kaki Depan dan Belakang Berbeda
Kaki depan dan belakang kanguru ternyata mempunyai fungsi yang berbeda. Kaki depan biasanya digunakan untuk mengambil makanan. Sedangkan kaki belakang digunakan untuk melompat. Lompatan kanguru bisa mencapai jarak 10 meter dengan kecepatan 65 km/jam! Kaki belakangnya juga bisa digunakan sebagai alat pertahanan diri dan memperingatkan kanguru lain jika ada bahaya.
4.Kanguru Bisa Menemukan Sumber Air
Salah satu kemampuan unik yang dimiliki kanguru adalah bisa menemukan sumber air. Bahkan, kanguru bisa menemukan sumber mata air yang paling banyak. Namun sayang, banyak orang yang suka menyalahgunakan kemampuan kanguru ini. Mereka merebut mata air yang sudah ditemukan kanguru.
5.Kanguru Bisa Melompat Setinggi 25 Kaki
Melompat merupakan cara menghemat energi bagi kanguru untuk bergerak, membantu mereka menempuh jarak yang jauh di Australia yang gersang saat mereka mencari makanan. Mereka biasanya melakukan perjalanan dengan kecepatan sedang, tetapi mereka mampu berlari jika diperlukan. Seekor kanguru merah dapat melompat dengan kecepatan 35 mph (56 kph), melompat sekitar 1,8 m dari tanah, dan menutupi 25 kaki (8 m) dalam satu lompatan.
6.Anak Kanguru Menghabiskan Waktu dalam Kantung
Masa kehamilan kanguru adalah sekitar lima minggu, setelah itu mereka biasanya melahirkan satu bayi, yang dikenal sebagai joey. Tidak lebih besar dari buah anggur, joey yang baru lahir harus menggunakan kaki depannya untuk merangkak melalui bulu induknya ke kantongnya, tempat ia akan hidup selama beberapa bulan ke depan saat ia tumbuh. Seekor kanguru betina bisa hamil lagi saat joey masih di dalam kantungnya, dalam hal ini joey yang lebih muda memasuki keadaan tidak aktif sampai kantungnya kosong. Setelah kakaknya meninggalkan kantungnya, tubuh induk mengirimkan hormon sinyal untuk melanjutkan perkembangan joey yang lebih muda.
7.Kanguru Makan Rumput
Semua kanguru adalah herbivora, makanan utamanya adalah rumput tidak hanya rumput , Kanguru juga dapat memakan beberapa lumut, semak, dan jamur sebagai makanan mereka. Mirip dengan sapi dan hewan ruminansia lainnya, kanguru terkadang memuntahkan makanannya dan mengunyahnya sebagai makanan sebelum mencernanya. Namun, hal ini tidak perlu untuk pencernaan mereka, dan mereka hanya melakukannya sesekali, mungkin karena hal itu tampaknya membuat mereka tertekan.
Perut berbentuk tabung kanguru sangat berbeda dari perut empat bilik ruminansia. Sapi mengeluarkan banyak metana, gas rumah kaca yang kuat, saat mereka bernapas dan bersendawa, tetapi meskipun diet serupa, kanguru hanya menghasilkan sekitar 27% volume spesifik massa tubuh dari metana yang dihasilkan hewan pemamah biak. Makanan bergerak lebih cepat melalui perut kanguru, dan penelitian menunjukkan mikroba usus kanguru berada dalam keadaan metabolisme yang lebih cocok untuk pertumbuhan, atau produksi biomassa daripada untuk membuat metana .