Manfaat Utama Stroberi
Stroberi adalah salah satu buah yang menjadi favorit segala usia. Buah berwarna merah itu sering digunakan sebagai toping pada berbagai kue. Buah yang memiliki rasa campuran manis, asam, dan terkadang kecut itu memberikan sensasi menyenangkan bagi yang mencicipinya.
Namun masih ada hal yang perlu Anda ketahui tentang buah yang paling populer ini.Berikut adalah beberapa fakta menarik tentang buah stroberi.
1.Vitamin C harian mencapai 160%!
1 mangkok full stroberi ternyata bisa memberikan asupan vitamin C sebanyak 160% dari kebutuhan vitamin C harian kita,jadi vitamin C bukan hanya di dapat dari buah jeruk atau lemon tapi juga dari stroberi. Rutinlah mengkonsumsi stroberi tiap harinya, berarti asupan vitamin C harian udah terpenuhi.
2.Bukan dari keluarga Berry!
Ternyata stroberi bukan berasal dari keluarga berry. Walaupun namanya mengandung berry tapi stroberi bukan dari keluarga berry. Karena stroberi adalah satu-satunya buah dengan biji yang berada diluar buah, sedangkan buah berry lainnya memiliki biji di dalam buah. Bahkan, fakta ini cukup mencengangkan karena selama ini kita mengira strawberry adalah salah satu buah berry.
3.Stroberi dari keluarga bunga
Ternyata tidak di sangka stroberi ini berasal dari keluarga bunga mawar.Bunga dari stroberi jika dhirup seperti aroma bunga mawar.
4.Mandi stroberi
Jaman dulu, Madam Tallien seorang Royal Lady of Napoleon pernah mandi stroberi setahun sekali.Sekali mandi Madam Tallien mandi bisa menghabiskan stroberi sebanyak kurang lebih 10kg! Karena faktanya stroberi dapat menyegarkan dan menyehatkan kulit.
5.Teori warna
Semakin merah warna stroberi, bukan berarti buah tersebut semakin manis. Sebab hampir semua stroberi memiliki rasa manis asam yang kuat. Stroberi bisa dijumpai dalam berbagai warna, itu hanya karena varietas, cuaca, dan tanah yang digunakan ketika menanamnya.
6.Tempat stroberi
Stroberi biasanya dijual di dalam kotak plastik atau keranjang kecil bernama punnet. Apabila Anda melihat bercak pada tempat stroberi tersebut, maka sebaiknya Anda tidak membelinya, karena ada kemungkinan buah stroberi sebelumnya pernah ditekan.
7.Bagian tengah Stroberi
Coba iris buah stroberi dengan cara vertikal, kemudian perhatikan bagian putih di tengah buah tersebut. Bagian putih itu sebenarnya tidak tahan lama, jika dibiarkan maka ia akan perlahan-lahan menghilang!
Selain dimakan secara langsung, stroberi juga bisa Anda nikmati dengan mengolahnya menjadi kue, toping yogurt, atau minuman.
Itulah beberapa fakta yang mungkin belum kalian ketahui tentang buah stroberi.