Manfaat Buah Alpukat
Alpukat adalah buah dari pohon Persea americana. Buah alpukat umumnya memiliki kulit luar yang kasar dengan daging buah berwarna hijau kekuningan. Tekstur buah alpukat matang terasa empuk dan lembut.
Manfaat alpukat untuk kesehatan tidak perlu diragukan lagi. Manfaat tersebut diperoleh dari beragam nutrisi yang terkandung pada buah berwarna hijau ini. Selain bernutrisi, buah alpukat juga memiliki rasa yang nikmat dan cocok dikonsumsi oleh semua kalangan.
Buah alpukat juga dikenal dengan kandungan lemak baiknya, yakni lemak tak jenuh tunggal. Buah ini juga mengandung karbohidrat, serat, dan protein yang penting untuk kesehatan tubuh. Selain mengandung nutrisi tersebut, alpukat mengandung kalium, magnesium, lutein, folat, dan aneka vitamin, seperti vitamin A, vitamin B, vitamin C, vitamin E, dan vitamin K.
Inilah Manfaat Alpukat yang Wajib Diketahui
Berkat kandungan antioksidan dan beragam nutrisi yang telah disebutkan di atas, ada banyak manfaat alpukat yang luar biasa bagi kesehatan, antara lain:
1. Nutrisi
Nutrisi lengkap Alpukat sangat bergizi dan mengandung berbagai macam nutrisi, termasuk 20 vitamin dan mineral yang berbeda. Manfaat buah alpukat untuk ibu hamil juga terbilang lengkap. Manfaat dari buah alpukat antara lain mengandung folat, vitamin K, vitamin C, kalium, vitamin B5, vitamin B6, vitamin E, magnesium, mangan, fosfor, vitamin B1, dan kaya serat.
2. Kandungan potasium
Memiliki kandungan potassium lebih tinggi dari pisang Pisang selama ini jadi buah yang dikenal dengan kandungan tinggi potasium. Namun rupanya, daging buah alpukat justru memiliki kandungan potasium lebih tinggi. Potasium merupakan senyawa yang berguna untuk menurunkan tekanan darah yang jadi sebab dari penyakit serangan jantung, stroke, dan gagal ginjal.
3.Menjaga berat badan
Karena alpukat mengandung karbohidrat dan serat, mengonsumsi buah ini bisa memberikan rasa kenyang lebih lama. Meski berlemak, alpukat tidak menyebabkan berat badan cepat meningkat, karena jenis lemak yang terkandung di dalamnya adalah lemak baik.
Namun, untuk mendapatkan manfaat alpukat yang satu ini, Anda dianjurkan untuk tidak mengonsumsinya secara berlebihan mengingat kalorinya cukup tinggi, yaitu sektiar 150–200 kalori per buahnya. Selain itu, untuk menurunkan berat badan, Anda juga dianjurkan untuk rutin berolahraga.
4.Memelihara kesehatan jantung
Buah alpukat merupakan sumber lemak sehat, protein, serat, serta aneka vitamin dan mineral yang baik bagi jantung. Riset menunjukkan bahwa pola makan tinggi buah dan sayuran, termasuk buah alpukat, dapat membantu mengurangi kadar kolesterol jahat (LDL) dan meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL) dalam tubuh.
Kolesterol LDL yang terlalu tinggi tidak baik untuk kesehatan karena bisa menyebabkan sumbatan di pembuluh darah jantung dan memicu penyakit jantung. Oleh karena itu, buah alpukat baik dikonsumsi untuk mengontrol kadar kolesterol dan menjaga kesehatan jantung.
5.Lebih bugar
Sebuah studi di Amerika Serikat mengamati kebiasaan orang yang makan alpukat. Mereka menganalisis data dari 17.567 peserta dalam survei tersebut, bahwa mereka yang mengonsumsi alpukat ternyata jauh lebih sehat daripada orang yang tidak makan buah ini. Mereka memiliki asupan nutrisi yang jauh lebih tinggi. Tidak hanya itu, orang yang makan alpukat secara teratur juga memiliki berat badan yang lebih rendah.
6.Cegah kanker
Dalam sebuah penelitian, ekstrak alpukat juga telah terbukti menghambat pertumbuhan sel kanker prostat di laboratorium. Hal ini menunjukan, kalau avocado bisa berguna untuk pencegahan kanker. Bahkan, buah ini juga disebut sebagai salah satu obat untuk membantu penyembuhan kanker.
Itulah segudang manfaat buah alpukat untuk kesehatan, termasuk manfaat buah alpukat untuk ibu hamil, hingga untuk kebutuhan diet.