Manfaat Roti Gandum
Kini, selain roti tawar putih yang paling sering ditemukan, mulai bermunculan roti gandum dengan warna kecokelatan. Roti jenis ini semakin banyak dipilih karena diklaim lebih sehat dan mengandung serat lebih banyak
Pilihan terbaik adalah roti gandum utuh (whole wheat bread) yang dibuat dari tepung biji gandum utuh dengan tekstur agak kasar. Pada sebagian negara, roti gandum dilengkapi dengan biji-bijian di atasnya agar tampilannya lebih menarik, sekaligus menambah kandungan nutrisi.
Roti Gandum Kaya Serat dan Nutrisi
Di samping sebagai sumber karbohidrat yang cocok untuk sarapan, roti gandum yang terbuat dari biji gandum utuh juga mengandung lebih banyak serat dibanding roti tawar putih.
Selain itu, roti ini mengandung banyak nutrisi, seperti protein, antioksidan, mineral termasuk zat besi, magnesium, kalsium, fosfor, kalium, sodium, dan zinc, serta vitamin B, folat, vitamin E, dan vitamin K.
Roti gandum utuh juga sangat baik untuk kesehatan karena rendah lemak dan bebas kolesterol, serta dilengkapi dengan senyawa alami yang diduga dapat melawan perkembangan sel-sel kanker.
Rutin mengonsumsi roti gandum mampu meningkatkan kesehatan pencernaan, yaitu dengan membantu melancarkan gerakan usus dan merangsang pertumbuhan bakteri baik di dalam usus, sehingga buang air besar menjadi lebih lancar.
Selain itu, mengonsumsi roti gandum juga dapat mengurangi risiko diabetes tipe 2, obesitas, beberapa jenis kanker, dan penyakit jantung.
Meski demikian, waspadai asupan sodium yang berasal dari ragi saat proses pembuatan roti gandum. Tiap helai roti tawar dari gandum utuh mengandung sekitar 200 mg sodium. Sementara itu, asupan sodium harian yang disarankan adalah 600 mg, dengan batas maksimal asupan sodium 1.800 mg setiap harinya.
Selain kaya serat dan nutrisi masih banyak manfaat yang bisa di dapat dari roti gandum.Berikut ini adalah manfaatnya.
Kenyang Lebih Lama
Roti gandum merupakan roti yang terbuat dari gandum, terutama gandum utuh, sehingga diproses lebih lama dalam sistem pencernaan dibandingkan dengan roti tawar lainnya. Hal inilah yang membuat roti gandum sangat direkomendasikan untuk Anda yang ingin menurunkan berat badan.
Lebih Kaya Zat Gizi
Roti ini kaya akan nutrisi yang dapat membantu Anda memenuhi kebutuhan nutrisi harian tubuh. Roti gandum merupakan makanan bergizi yang sangat baik untuk pertumbuhan dan cocok dikonsumsi oleh semua kalangan, baik anak-anak, orang dewasa maupun ibu hamil. Roti gandum utuh memiliki lebih banyak kandungan zat gizi seperti vitamin B dan serat dibanding roti putih, karena hilangnya lapisan gandum dalam pembentukan tepung terigu putih.
Menambah asupan zat besi
Dua potong roti gandum dapat menambah 2,5 mg asupan zat besi untuk tubuh Anda. Apalagi, tubuh membutuhkan hampir sekitar 14,8 mg zat besi setiap harinya.
Zat besi bermanfaat untuk memproduksi sel darah merah, sehingga oksigen dapat mengalir ke seluruh tubuh. Ini juga sekaligus mencegah terjadinya anemia defisiensi zat besi.
Kapan sebaiknya makan roti gandum?
Banyak pula orang yang memilih makan roti gandum sebagai menu sarapan pagi karena terasa cukup ‘ringan’ untuk sekadar mengganjal perut.
Padahal, nyatanya manfaat roti gandum bisa Anda dapatkan pada pagi, siang, atau pun malam hari. Jadi, Anda boleh makan roti gandum kapan pun sesuai dengan keinginan.
Ini karena kandungan karbohidrat pada roti gandum bermanfaat untuk menyediakan energi pada tubuh, khususnya otak. Untuk itu, Anda jadi lebih mudah beraktivitas juga berpikir.
Saat mengonsumsi roti gandum, sebaiknya hindari penggunaan selai manis atau mentega karena hanya akan menambah lemak. Cukup tambahkan telur untuk menambah asupan protein.
Pastikan Anda menyimpan roti gandum dalam suhu ruangan agar bisa bertahan selama 4-7 hari. Jika masih ada sisa roti, tetapi sudah dekat masa kadaluarsa, simpan ke dalam kulkas.
Itulah hal-hal yang harus kita ketahui mengenai tentang manfaat roti gandum untuk kesehatan.