Manfaat Gunung Bagi Manusia
Jarang diketahui, selain hanya untuk mendaki, gunung memiliki peran yang sangat penting untuk kehidupan seluruh makhluk hidup.
Wilayah pegunungan menutupi sekitar 22 persen dari total permukaan Bumi. Areal pegunungan juga menjadi tempat hidup untuk 13 persen populasi dunia. Kini pegunungan sedang menghadapi risiko perubahan iklim dan bencana alam lantaran suhu global terus meningkat. Selain itu, pegunungan yang dibabat habis juga menjadi penyebab utama datangnya bencana. Setiap orang memiliki kewajiban untuk terus melindungi dan melestarikan keberadaan gunung. Apalagi Indonesia yang merupakan salah satu negara yang dikenal memiliki banyak gunung aktif dan wilayah pegunungan yang luas. Tak hanya itu, pemerintah juga semestinya mulai sadar akan pentingnya menjaga gunung dari pembangunan yang merusak ekosistem dan mahkhluk hidup di dalamnya.
Berikut ini manfaat gunung bagi manusia:
1. Gunung Menjaga Keragaman Hayati
Banyak gunung telah ditetapkan sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO dan cagar biosfer, mengakui bahwa gunung tersebut memainkan peran kunci dalam pembangunan berkelanjutan dan konservasi keanekaragaman hayati. Pegunungan menampung 25% keanekaragaman hayati dunia di darat, dan merupakan rumah bagi spesies yang sangat terspesialisasi yang tidak akan bertahan di tempat lain. Hampir sepertiga dari hutan dunia dapat ditemukan di daerah pegunungan, berisi beragam pohon khusus yang tidak dapat bertahan di bagian hilir. Selain menyediakan rumah dan mendukung ekosistem unik, pohon-pohon ini memainkan peran penting dalam mengatur iklim daerah. Menyerap air hujan dalam jumlah besar, mereka juga penting untuk mencegah erosi, tanah longsor, dan bebatuan.
2. Sebagai Penyedia Pangan
Manfaat gunung dikenal sebagai penyedia pangan. Banyak sumber makanan yang tumbuh subuh di area pegunungan. Mulai dari buah-buahan, sayuran, dan umbi-umbian. Diketahui enam dari 20 spesies tanaman yang memasok sebagian besar makanan dunia berasal dari daerah pegunungan. Selain itu, masyarakat pegunungan juga mampu menghasilkan banyak makanan bermutu tinggi seperti kopi, kakao, madu, dan rempah-rempah. Gunung juga menjadi sumber mata pencaharian masyarakat dan mampu meningkatkan perekonomian lokal. Maka dari itu sudah semestinya pemerintah dan masyarakat menjaga kelestarian gunung beserta isinya.
3. Sumber penyimpanan air
Bagi kalian yang suka mendaki gunung, pasti kalian akan menemukan banyak mata air. Itulah salah satu manfaat gunung, yaitu sebagai tempat penyimpan air dan mengalirkannya ke hilir atau tempat yang lebih rendah. Ketika musim hujan, gunung juga bermanfaat untuk menyerap air, sehingga air dari langit tidak membanjiri permukiman di kaki gunung.
4. Objek Pariwisata dan Pendakian
Manfaat gunung memang banyak sekali bagi kehidupan manusia dan makhluk di bumi. Tak hanya sebagai penyedia air dan pasokan bahan makanan, manfaat gunung juga bisa menjadi objek pariwisata yang menarik. Bagi para pendaki gunung, manfaat gunung sebagai objek wisata seperti separuh dari jiwanya. Sebab dengan mendaki gunung akan didapatkan beragam pengetahuan dan pengalaman berharga. Pegunungan mampu menarik sekitar 15-20 persen dari pariwisata global. Gunung juga merupakan wilayah keanekaragaman budaya, pengetahuan dan warisan dunia yang penting. Objek wisata di gunung juga bermanfaat mendongkrak perekonomian kecil warga setempat.
5. Menyuburkan tanah dan sumber mineral
Magma yang keluar dari perut bumi melalui erupsi mengandung beragam mineral, termasuk sulfur. Mineral itu bisa dimanfaatkan sebagai bahan baku obat, kosmetik, dan bahan dasar untuk kehidupan sehari-hari. Gunung umumnya menyimpan mineral emas dan tembaga yang bisa ditemukan saaat menambang.Tanaman dan pohon di sekitar gunung tumbuh subur karena nutrisi yang terkandung di dalamnya, termasuk nutrisi yang ikut terangkat bersama abu vulkanik ketika erupsi.
6. Objek edukasi dan penelitian
Gunung juga menjadi sarana edukasi dan objek penelitian. Ada banyak hal yang bisa diteliti dari gunung, mulai dari kekayaan alamnya, flora dan fauna yang hidup di sana, hingga bagaimana aktivitas gunung berapi. Aktivitas edukasi tidak lepas dari manfaat gunung sebagai tempat untuk menjaga hewan dan tumbuhan dari kepunahan. Sebab, sejumlah gunung di Indonesia sudah ditetapkan sebagai taman nasional, yang berarti kegiatan perburuan dan membawa tanaman gunung akan menjadi perbuatan ilegal.
Demikianlah informasi mengenai manfaat gunung bagi manusia. Semoga bermanfaat!