Fakta Aurora Borealis
Di bagian paling utara dan bagian paling selatan bumi ada fenomena unik yang disebut Aurora.
Dilansir dari laman spaceplace.nasa.gov, cahaya terang nan indah ini akan menghiasi langit malam Kutub Utara dan Kutub Selatan. Cahaya yang muncul di langit Kutub Utara disebut dengan aurora borealis (northern lights), sedangkan yang muncul di Kutub Selatan dinamakan dengan aurora australis (southern lights). Aurora adalah cahaya yang terbentuk akibat adanya interaksi antara medan magnetik bumi, dengan partikel yang dipancarkan oleh matahari. Berikut ini Fakta tentang Aurora Borealis:
1. Sejajar dengan astronot
Rupanya, ketinggian Aurora Borealis ini sama dengan astronot di Stasiun Luar Angkasa Internasional. Oleh karena itu, astronot dengan Aurora Borealis sejajar. Para astronot juga bisa melihat cahaya indah ini dari bagian samping.
2. Terbentuk akibat sinar matahari
Tahukah kamu bahwa aurora borealis muncul dari sumber energi terbesar di bumi, yakni matahari?
Matahari ternyata tak hanya memberi kita panas dan cahaya saja, tetapi juga mengirimkan banyak energi dan partiket-partikel kecil. Sebab, bumi memiliki medan magnetik yang melindunginya dari energi dan partikel tersebut, yang tidak pernah kita sadari.
3. Setiap hari warna cahaya aurora yang dipancarkan selalu berbeda
Kalau kamu melihat dari foto-foto tentang Aurora Borealis yang banyak beredar, kamu pasti bisa melihat kalau Aurora ini memiliki warna cahaya yang berbeda-beda. Perbedaan warna ini disebabkan karena kandungan atom pada Oksigen dan Nitrogen di udara selalu berubah-ubah. Ketika kadar atom Oksigen lebih besar, maka cahaya Aurora akan dominan berwarna hijau atau kemerahan. Sedangkan kalau kadar atom Nitrogen lebih banyak, maka cahaya Aurora akan dominan berwarna orange atau kemerahan. Tapi selain warna diatas, kadang-kadang ada muncul juga cahaya berwarna biru.
4. Nama Aurora ternyata berasal dari nama dewi kepercayaan orang Romawi
Keindahan cahaya di langit utara ini memang tiada duanya, hal ini membuatnya diberikan nama yang sama indahnya yakni Aurora Borealis. Nama Aurora berasal dari nama Dewi Fajar kepercayaan orang Romawi Kuno. Sedangkan nama Borealis berasal dari bahasa Yunani "Boreas", yang artinya angin utara.
5. Warna dan pola aurora
Warna dan Pola pada Aurora Borealis sendiri selalu berbeda. Selain itu, Aurora Borealis selalu ada di langit. Namun, karena kondisi langit yang berubah, hal tersebut yang membuatnya tidak terlihat.
6. Tak hanya muncul di bumi
Aurora, termasuk aurora borealis tidak hanya bisa dilihat di bumi, tetapi juga di planet-planet yang memilik atmosfer dan medan magnetik. NASA menyebutkan bahwa aurora pernah terlihat pada planet Jupiter dan Saturnus.
7. Berbentuk unik
Cahaya-cahaya dari aurora borealis ini tak hanya muncul dengan warna-warna khasnya, tetapi juga dengan bentuk-bentuk unik yang ada seperti busur panah, gorden bergelombang, maupun bak sinar mercusuar yang menerangi langit dengan kilauannya yang menakutkan.
8.Selain cahaya yang cantik, aurora ternyata juga bisa mengeluarkan suara
Menurut para ilmuwan, karena letaknya yang sangat tinggi maka Aurora juga mampu mengeluarkan suara. Namun suara Aurora tidaklah selalu terdengar, karena suaranya biasanya muncul di malam hari saat tidak ada angin yang berhembus. Menurut orang-orang yang sudah pernah mendengarnya, suara yang dikeluarkan oleh Aurora merupakan suara lembut seperti gulungan ombak. Namun ada juga yang mendengarnya seperti suara gemericik air, dan suara tepukan.
Itulah fakta menarik mengenai aurora borealis. Semoga bermanfaat!