Teknik Dasar Tembikar
Halo sobat kali ini kita akan membahas tentang 4 Teknik Dasar Pembuatan Tembikar Tanah Liat. Seperti Kita tahu jika Pembuatan Tembikar atau Pottery sudah ada sejak zaman dahulu kala.
Nah apa saja kah teknik – teknik Pembuatan Gerabah Tanah Liat tersebut, mari kita simak penjelasannya berikut ini.
Teknik pijit / pinch
Teknik Dasar Pembuatan Tembikar Tanah Liat yang pertama adalah Teknik pijit / pinch, teknik ini merupakan teknik yang paling sederhana dalam mengerjakan tanah liat, karena tidak memerlukan alat bantu yang banyak, tetapi cukup dengan tangan.
tanah liat dapat dibentuk dengan cara memijit -mijitnya menjadi sebuah bentuk. Namun untuk menghaluskan permukaannya diperlukan alat bantu seperti alat butsir, spon dan sebagainya.
Caranya, Mulailah memijit pot dengan membentuk gumpalan tanah liat menjadi bola halus yang sesuai dengan ukuran tangan.
Lalu sambil memegang bola tanah liat tersebut, tekan ibu jari ke tengah bola, setengah jalan ke bawah. Saat memutar bola di satu tangan, tekan dinding secara merata dengan ibu jari ke dalam dan jari di luar. Ratakan permukaannya dengan spons basah atau menggunakan alat butsir untuk membantu. Setelah terbentuk siapkan tungku lalu bakar di dalam tungku api.
Teknik Lempeng/ slab Teknik
Teknik Dasar Dalam pembuatan Tanah Liat selanjutnya adalah Teknik Lempeng slab, dalam teknik ini tanah liat dibuat lempeng terlebih dahulu dengan menggunakan rol kayu.
Selanjutnya setelah mencapai ketebalan tertentu, tanah liat dipotong dengan pisau khusus dan bentuknya disesuaikan dengan bentuk yang akan dibuat. Untuk menyambung potongan itu digunakan tanah liat cair.
cara menggunakan Teknik Slab, yaitu dengan menempatkan dua potongan kayu di atas kanvas sedikit lebih jauh dari lebar lembaran yang sudah jadi. 
Menggunakan kain bertekstur akan meninggalkan bekas pada lempengan tanah liat. Tempatkan tanah liat di atas kain di antara potongan kayu dan gulung. Gunakan alat runcing untuk memotong lempengan tanah liat dengan ukuran yang kamu inginkan.
Kamu dapat membuat pola kertas untuk diikuti jika diinginkan bentuk yang memiliki beberapa sisi. Gosokkan jari basah pada tepi yang akan disambung, dan skor dengan alat.
Gulung gulungan tipis tanah liat lengket dan letakkan di sepanjang salah satu ujungnya. Tekan kedua ujungnya bersamaan. Lembaran tanah liat dapat ditempatkan di atas batu, mangkuk, bentuk plastik dll untuk membuat bentuk yang menarik.
Teknik Pilin coil (Twisted Coil)
Teknik Pilin coil, dengan teknik ini terlebih dahulu tanah liat dibuat pilin (putaran tanah liat, lihat contoh diatas. Untuk membuat bentuk yang dinginkan.
Lalu pilin tanah liat yang kamu buat tadi ditempatkan secara tumpang berdasar bentuk yang akan dibuat. Agar pilin itu melekat perlu ditekan dengan jari dan selanjutnya diratakan dengan memukul-mukulnya pakai kayu.
Teknik Putar
Teknik Putar, teknik ini paling sulit dibanding teknik lainnya, sebab alat yang digunakan harus dapat dikuasai dan dikoordinasikan dengan tangan secara baik. Sebelum dikerjakan tanah liat harus dipadatkan dahulu dengan meremas dan menekan berulang kali yang tujuannya untuk menghilangkan udara dalam tanah.