Memilih Warna Cat Kuku
Kuku merupakan bagian tubuh yang sering menjadi penunjang penampilan pada wanita. Kuku biasanya juga butuh dipercantik dan diperhatikan dengan berbagai perawatan.
Salah satu wujud perawatan kuku untuk menunjang penampilan adalah menghias kuku menggunakan cat kuku (kutek). Namun kamu harus memperhatikan beberapa tips dalam memilih cat kuku yang tepat sesuai warna kulitmu yang akan kita bahas kali ini.
Kutek atau cat kuku, atau disebut juga nail polish merupakan pernis yang digunakan pada kuku tangan atau kuku kaki untuk menghias, memperindah, dan melindungi lempeng kuku. Cat kuku ini memiliki beragam warna. Bahkan seni menghias kuku sekarang juga nggak hanya menggunakan satu warna saja. Bisa beberapa warna yang digambar menjadi pola tertentu. Namun, memilih warna cat kuku nggak bisa kamu lakukan sembarangan lho.
Pasalnya, nggak semua warna cat kuku pas dengan warna kulitmu. Jika salah warna, bisa-bisa kuku kamu bukannya cantik, malah membuatmu nggak pede. Seperti halnya memilih foundation, blush on, atau lipstik, tips memilih warna cat kuku adalah dengan menyesuaikan dengan warna skin tone maupun undertone kulit kita.
Undertone  adalah warna dasar kulit yang ditentukan oleh gen dan nggak akan mengalami perubahan warna. Meskipun kulitmu bertambah gelap atau  semakin cerah, undertone kulit akan tetap sama. Sementara itu skin tone adalah warna kulit kita yang bisa kita lihat langsung. Skin tone orang Indonesia ini biasanya adalah putih pucat, kuning langsat, dan sawo matang.
Tips memilih warna cat kuku berdasarkan undertone kulit
Apabila kamu sudah mengetahui undertone kulit, maka akan mudah deh menentukan warna cat kuku yang tepat. Berikut ini adalah beberapa tips menentukan warna cat kuku berdasarkan undertone kulit.
1. Warm undertone
Warm undertone ini merupakan warna rona kulit yang cenderung kekuning-kuningan. Maka, tips memilih cat kuku yang bagus digunakan adalah yang bernuansa warna merah dengan dasar kuning atau orange. Kamu bisa memakai kutek warna orange, peach, kuning, gold, maroon, atau coral. Bahkan kamu juga bisa memilih warna hijau seperti olive. Selain itu, untuk kulit undertone hangat ini sebaiknya menjauhi warna ungu maupun abu-abu.
2. Cool undertone
Tentunya, memilih cat kuku untuk undertone dingin akan berbeda dengan undertone hangat, dong. Untuk cool undertone, kamu bisa memilih warna-warna dengan based biru. Misalnya saja warna navy, rose red, burgundy, rose red, atau pink. Untuk kulit dengan undertone dingin ini, sebaiknya menghindari warna seperti turqoise.
3. Neutral undertone
Untuk kulit dengan neutral undertone ini, nggak ada tips khusus karena semua warna bisa cocok untuk dipakai. Warna cat kuku yang disarankan antara lain merah-orange atau orange agar tampak muda dan fresh. Memilih warna-warna netral seperti hitam atau putih juga cocok kok.