Menanam Bunga Calla
Bunga calla lily (Zantedeschia aethiopica) adalah salah satu tanaman hias bunga dengan penampilan yang cantik. Bunga ini juga merupakan bunga potong yang populer untuk rangkaian bunga pernikahan dan karangan bunga.
Berasal dari Afrika, bunga calla lily mekar di cuaca panas. Karena waktu mekar dan ketahanan tanaman ini, banyak orang merasa lebih mudah untuk menanam bunga calla lily di pot. Berikut cara menanam dan merawat bunga calla lily di pot.
Sebenarnya, bunga calla lily bukanlah anggota sejati dari keluarga bunga lily atau Lilium. Calla lily adalah tanaman bunga musim panas rimpang, yang biasanya tumbuh seperti umbi musim lainnya, seperti canna atau dahlia. Rimpang Calla lily memiliki bentuk seperti kentang kecil.
Menanam bunga calla lily di pot dapat dilakukan baik di dalam maupun di luar ruangan. Salah satu keuntungan menanam bunga calla lily di pot adalah ruang tumbuh yang terbatas pada pot dan tidak bisa menjadi invasif. Rimpang bunga calla lily tumbuh paling baik bila ditanam sedalam 1 inci atau 2,5 cm dan diberi jarak antara 2,5 hingga 5 cm.
Pot untuk bunga calla lily harus berdiameter setidaknya 10-12 inci atau 25,5 hingga 30,5 cm dan dikeringkan dengan baik. Bunga calla lily membutuhkan tanah yang lembab secara konsisten. Adapun drainase yang tidak tepat dapat menyebabkan busuk dan penyakit jamur.
Media tanam juga harus mempertahankan kelembaban tetapi tidak terlalu basah. Bunga calla lily yang ditanam di pot biasanya disiram ketika satu atau dua inci teratas atau 2,5-5 cm dari tanah kering saat disentuh. Mereka kemudian harus disiram secara mendalam dan menyeluruh. Ujung dedaunan berwarna cokelat dapat mengindikasikan penyiraman yang berlebihan.
Bunga calla lily dalam pot juga sebaiknya diberi pupuk umum 10-10-10 atau 5-10-10 setiap 3-4 minggu saat musim kemarau. Saat berbunga selesai, hentikan pemupukan. Bunga calla lily tumbuh paling baik di bawah sinar matahari penuh. Dalam pot, disarankan bunga calla lili ditempatkan di lokasi di mana mereka dapat menerima sekitar enam jam sinar matahari setiap hari.
Suhu ideal untuk bunga calla lily yang ditanam dalam pot adalah suhu siang hari antara 15-23 derajat celcius dan suhu malam hari yang tidak turun di bawah 12 derajat celcius. Jika bunga calla lily dalam pot ditempatkab di dalam ruangan dan ditanam sebagai tanaman hias selama musim hujan, suhu ideal ini harus dipertahankan.