Bunga Anggrek Terpopuler
Bunga Anggrek (Orchid Flower) merupakan salah satu tanaman hias yang mempunyai verietas paling banyak.
Anggrek adalah salah satu tanaman hias yang cukup populer dan sering ditanam di rumah-rumah. Anggrek sendiri diketahui memiliki sekitar 30.000 varietas dengan ragam corak, warna dan keunikannya masing-masing. Warna-warna anggrek yang sangat cantik membuatnya tampak indah dan menarik untuk dijadikan hiasan taman. Meski harganya relatif tinggi, namun tetap tidak menyurutkan niat para pecinta tanaman hias untuk merawatnya. Berikut adalah macam anggrek tercantik yang bisa Anda tanam untuk mempercantik teras serta halaman rumah Anda.
1. Anggrek Vanda
Dari sekian banyak anggrek yang ada, menurut pendapat saya anggrek vanda lah yang merupakan jenis anggrek tercantik dan mempunyai daya tarik yang amat tinggi sebab keindahan bunganya yang mempunyai warna yang indah. Keindahan akan anggrek vanda sudah diakui para pencinta tanaman hias baik di Indonesia ataupun mancanegara. Dari 40 spesies anggrek vanda yang tersebar di Asia dan Australia, 20 species anggrek vanda berada di Indonesia. Sungguh karunia yang tuhan berikan kepada tanah Indonesia. Di Indonesia habitat asli anggrek vanda tersebar dari pulau sumatera, Jawa, sampai Papua.
2. Anggrek Dendrobium
Anggrek dendrobium adalah salah satu macam anggrek hias yang biasa dimiliki oleh orang-orang yang memulai mengoleksi anggrek. Anggrek dendrobium adalah jenis anggrek yang biasa dijadikan sebagai tanaman hias di dalam ruangan Ukuran bunga dari anggrek dendrobium tidak terlalu besar, namun jumlahnya cenderung banyak. Hal ini membuat anggrek dendrobium disukai oleh para pecinta anggrek. Anggrek dendrodium termasuk jenis anggrek epifit dengan tipe batang simpodial.
3. Anggrek Phalaenopis
Anggrek phalaenopis adalah macam anggrek lainnya yang memiliki tampilan cantik. Anggrek phalaenopis sendiri terdiri dari kurang lebih 60 spesies, dengan salah satu spesiesnya yang paling terkenal adalah Phaleonopsis amibis. Phaleonopsis amibis atau biasa dikenal dengan sebutan anggrek bulan adalah jenis anggrek endemik yang ada di hutan-hutan wilayah Indonesia.
4. Anggrek Hitam
Salah satu jenis anggrek terbaik dan paling populer di Indonesia adalah anggrek hitam. Jenis anggrek ini banyak ditemukan di wilayah Sumatra dan Kalimantan. Warna hitamnya menimbulkan kesan unik dan "magis" sehingga banyak disukai. Akan tetapi, anggrek hitam kini sulit dimiliki karena keberadaannya yang mulai langka
5. Anggrek Laelia
Anggrek Laelia adalah macam anggrek selanjutnya yang memiliki tampilan cantik serta elegan. Ciri khas anggrek laelia adalah bentuk petal atau kelopaknya yang agak menggulung, membuat anggrek jenis ini nampak lebih ramping dari anggrek jenis lainnya. Dan hal ini jugalah yang menjadi salah satu daya tarik tersendiri dari anggrek laelia. Anggrek jenis ini tentu cocok untuk mempercantik halaman atau kebun bunga Anda.
6. Anggrek Oncidium
Anggrek Oncidium merupakan salah satu species Anggrek yang berasal dari daratan Amerika dan dapat tumbuh pada iklim tropis dan subtropis. Anggrek oncidium terdiri atas sekitar 330 spesies anggrek yang tersebar dari wilayah Meksiko Utara, kepulauan Karibia, Florida Selatan hingga Amerika Selatan. Genus ini dideskripsikan pertama kali oleh Olof Swartz.
7. Anggrek Miltonia
Anggrek miltonia adalah salah satu macam anggrek cantik yang mempunya ciri khas pada kelopak bunganya. Anggrek jenis miltonia memiliki bagian labellum atau lidah yang bercorak seperti batik, dengan warna yang kontras dengan sebagian kelopaknya yang lain. Meski sekilas anggrek miltonia bercorak seperti batik, namun bunga anggrek jenis ini kenyataannya bukan berasal dari daerah Indonesia.
8. Anggrek Bulan (Anggrek Phalaenopsis)
Anggrek bulan merupakan jenis anggrek tercantik juga dan digemari di Indonesia sebab keanggunannya. Anggrek bulan termasuk tanaman anggrek yang kerap berbunga. Anggrek yang satu ini juga amat tahan dengan berbagai keadaan lingkungan. Tetapi bila anda menginginkan tanaman anggrek bulan mempunyai bunga yang indah, maka dibutuhkan perawatan yang sungguh-sungguh. Anggrek bulan sudah banyak di produksi dalam jumlah besar di dunia, salah satunya di Taiwan. Tanaman anggrek di Taiwan diperbanyak melalui teknik meryclone sehingga mempunyai kualitas yang lebih unggul. Berikutnya anggrek bulan yang diproduksi di Taiwan di ekspor ke banyak Negara di seluruh dunia salah satunya tentu saja ke Indonesia.
Itu dia beberapa jenis anggrek yang terpopuler. Semoga bermanfaat!