Manfaat Makan Popcorn
Menonton sebuah film di bioskop tentu akan menjadi kurang afdol rasanya jika tidak sambil menikmati camilan khas, yaitu popcorn.
Camilan yang satu ini memang sudah melekat pada sebagian besar orang sebagai pendamping dalam menikmati alur cerita dari sebuah film.
Selain membuat momen menonton kamu jadi makin lengkap, nyatanya camilan popcorn menyimpan banyak manfaat bagi tubuh.
Karena terbuat dari bahan dasar jagung maka tak heran kalau popcorn menyimpan sejumlah kandungan yang dibutuhkan oleh tubuh.
Lantas apa saja kira-kira manfaat baik popcorn bagi kesehatan?
Popcorn tinggi serat
Karena terbuat dari 100 persen biji gandum utuh, popcorn masuk dalam golongan makanan yang tinggi serat.
Kandungan serat dalam makanan telah terbukti baik untuk pencernaan jika dikonsumsi dengan benar. Artinya tidak dikonsumsi secara berlebihan.
Serat dapat membuat pergerakan usus teratur sehingga menjauhkan kamu dari masalah pencernaan, seperti sembelit.
Selain itu, serat dalam popcorn juga mampu memperlambat metabolisme karbohidrat menjadi gula sehingga ramah terhadap pengidap diabetes, juga bisa membantu menurunkan kadar kolesterol.
Mencegah kanker
Camilan popcorn merupakan sumber antioksidan yang bernama polifenol. Dimana antioksidan tersebut mampu membunuh radikal bebas yang menjadi penyebab kanker.
Karena kemampuannya melawan radikal bebas, maka orang yang rutin mengonsumsi popcorn cenderung lebih “aman” dari kanker.
Menurunkan berat badan
Khasiat lain yang bisa kamu dapatkan dari mengonsumsi popcorn adalah dapat membantu menurunkan badan.
Jadi bagi kamu yang sedang diet gak perlu lagi takut untuk ngemil di malam hari, palagi jika camilan yang kamu pilih adalah popcorn.
Kandungan kalori yang relatif rendah menjadikan popcorn aman dikonsumsi tanpa perlu khawatir berat badan melonjak.
Tapi perlu diingat, meski mengandung jumlah kalori yang relative rendah, kamu tetap harus memerhatikan takaran yang dianjurkan dan menghindari konsumsi yang berlebihan.
Popcorn Juga Bisa Berdampak Negatif
Meski memiliki banyak manfaat menguntungkan bagi tubuh, tapi nyatanya camilan dengan bahan dasar jagung ini juga bisa memberikan efek sebaliknya, yaitu gangguan terhadap kesehatan jika diolah dengan cara yang tidak benar alias tidak aman.
Contohnya adalah popcorn yang harus dipanaskan bersama kemasannya dengan microwave. Hal ini bisa menjadi berbahaya karena kemasan popcorn biasanya dilapisi zat kimia yang disebut perfluorooctanoic acid (PFOA). Sejumlah penelitian menyebut PFOA bisa memicu risiko ADHD, berat badan lahir rendah, dan masalah tiroid.
Popcorn yang dikonsumsi dengan berbagai rasa dan diolah dengan mentega juga bisa membuat bobot tubuh menjadi naik. Karena makanan ini tidak lagi rendah kalori, bahkan beberapa mengandung minyak trans yang berhubungan dengan peningkatan risiko penyakit jantung dan penyakit serius lainnya.
Jadi, perlu diperhatikan juga ya buat kamu yang gemar dengan camilan gurih dan enak yang satu ini.