Model Kacamata Hitam Keren
Kacamata hitam sudah menjadi bagian dari tren yang digunakan sebagai pelengkap gaya berpakaian. Oleh karena itu, setiap orang perlu menggunakan kacamata hitam saat melakukan kegiatan di luar ruangan.
Terlebih lagi, saat melakukan kegiatan di tengah paparan sinar matahari.
Ada hal yang perlu kamu ketahui saat memilih kacamata ataupun kacamata hitam:
1. Pilih kacamata yang melindungi mata dari sinar UV
Kacamata hitam yang baik harus setidaknya mampu menghalangi 99% UVB dan 95% UVA. Biasanya, tingkat perlindungan kacamata akan tertera dengan keterangan UV transmittance atau UV protection (UV-cut). UV transmittance artinya transmisi sinar UV. Makin rendah angkanya, makin baik pula kacamata tersebut. Sebaliknya, keterangan UV-cut yang makin tinggi menunjukkan tingginya perlindungan kacamata terhadap sinar UV.
2. Sesuaikan bingkai dengan bentuk wajahmu
- Bentuk wajah oval sejatinya cocok dengan berbagai macam bentuk kacamata. Meskipun begitu, kacamata hitam yang paling tepat untuk kamu yang berwajah oval haruslah kacamata yang memiliki frame berbentuk persegi dan persegi panjang.
- Wajah bulat sebaiknya pilih kacamata dengan bingkai yang bersiku. Menggunakan kacamata hitam dengan bingkai bersiku bisa menyeimbangkan siluet wajah sehingga menimbulkan kesan lebih tegas dan panjang.
- Untuk bentuk wajah persegi yang memiliki panjang tulang pipi yang sama dengan panjang wajah, kacamata hitam yang terbaik adalah jenis kacamata oval atau kacamata bulat. Jenis kacamata ini biasanya memiliki frame yang lebih lebar di kedua sisi, sehingga akan tampak lebih natural di wajahmu.
- Wajah berbentuk hati biasanya memiliki dahi yang cukup lebar, namun memiliki dagu yang cukup lancip. Orang dengan bentuk wajah ini akan sangat cocok jika menggunakan kacamata hitam dengan frame bersayap yang akan mengimbangi bagian dahi.
- Berbeda dengan wajah bentuk hati, mereka dengan wajah berbentuk segitiga ini memiliki rahang yang cukup lebar dan memiliki dahi yang sempit. Oleh karena itu, jika kamu memiliki bentuk wajah ini pilihlah kacamata hitam dengan frame yang lebih tebal di bagian atas, dan lebih tipis di bagian bawah.
Inilah beberapa rekomendasi kacamata hitam yang bisa kamu pertimbangkan:
- The Marshal (Ray-Ban)
Bagi kamu yang menyukai penampilan gagah, kacamata ini bisa menjadi opsi terbaik untuk dipilih. Sesuai dengan namanya, kacamata ini didesain khas perwira angkatan laut dengan double bridge yang memberi image tegas. Warna lensanya pun bisa dipilih sesuai kebutuhan dan tentunya tetap akan melindungi matamu dari sinar UV.
- Beige Cat-eye Sunglasses (Sunset Eyewear)
Brand kacamata asal Bali, Sunset Eyewear, ini menawarkan sunglasses dengan model-model unik dan harga yang terjangkau. Salah satunya adalah kacamata berdesain cat-eye dan bentuk bingkai kotak ini. Kacamata hitam ini sangat cocok untuk kamu yang berencana liburan dan bersantai di pantai. Terlebih, lensa kacamata ini diklaim dilengkapi dengan lensa perlindungan UV 400, sehingga dapat menjaga mata dari sinar matahari Bali yang terik.
- Polarized Plastic Rim Barstow Aviator Sunglasses
Memiliki ukuran lensa yang lebih kecil, Urban State Polarized Plastic Rim Barstow Aviator Sunglasses ini tidak akan terlihat kebesaran ketika kamu gunakan. Selain itu, kacamata hitam ini juga telah dilengkapi dengan low nose bridge, yang dapat mencegah kacamata hitam ini melorot. Belum lagi jika kita berbicara tentang bagian bridge, hinge, dan juga screw nya yang berwarna keemasan, cocok untuk kamu yang ingin memiliki tampilan klasik, elegan, dan berkelas, namun dengan harga yang lebih terjangkau.
- Victory 2.0 (SATURDAYS x EVOS)
Brand kacamata SATURDAYS baru saja meluncurkan koleksi kacamata hitam terbaru. Mereka berkolaborasi dengan EVOS, organisasi yang berfokus pada mendukung talenta-talenta di bidang E-Sports. Koleksi bernama Victory 2.0. ini punya desain frame bulat dan simpel. Klaimnya, kacamata hitam ini bisa melindungi mata dari paparan sinar radiasi layar digital berkat perlindungan lensa blue light.
- My Ma (Gentle Monster)
Bagi kamu yang menyukai produk kacamata oversized, produk ini patut kamu pertimbangkan. Kacamata ini juga memberimu perlindungan terhadap sinar UV dengan menggunakan lensa Zeiss. Meski ukurannya oversized, produk ini tetap memberikan kesan manis bila digunakan wanita dan keren saat dipakai pria.
- Kacamata Hitam Bulat Berrybarton
Jika kamu mencari kacamata yang cocok untuk semua gaya berpakaian, produk ini patut dipertimbangkan. Model semi rimless menonjolkan perpaduan gaya vintage sekaligus modern yang unik.
Dengan material yang premium, kacamata ini memiliki daya tahan yang sangat baik. Lensanya pun dibuat dari polycarbonate yang antibenturan dan anti-UV. Kacamata ini dapat dipakai baik untuk pria maupun wanita.
- 1103/F/S Sunglasses (Hugo Boss)
Berbicara tentang modelnya, kacamata hitam pria yang satu ini memiliki desain yang cukup klasik, dengan model kacamata hitam yang bersifat manly. Jenis kacamata hitam seperti ini mungkin akan sering kamu lihat digunakan oleh para pilot. Dengan bingkai ganda pada bagian tengahnya, Hugo Boss 1103/F/S Sunglasses ini akan membuat kamu tampil lebih gagah.
- Grey Jack Sunglasses Polarized Anti UV 2462
Merupakan brand lokal, Grey Jack Eyewear telah lama memproduksi berbagai jenis kacamata mulai dari kacamata anti radiasi, hingga kacamata dengan kondisi mata tertentu.
Sebagaimana namanya, kacamata hitam yang satu ini merupakan jenis kacamata anti radiasi sinar UV. Filter yang ada pada lensa kacamata ini juga mampu menahan pantulan cahaya menyilaukan yang berasal dari benda dengan permukaan horizontal. Gagang kacamatanya pun terbuat dari material yang ringan, namun tidak mudah patah dan sangat nyaman ketika digunakan.