Rambut dan Minyak Kelapa
Manfaat minyak kelapa untuk rambut dapat membantu menutrisi rambut dan kulit kepala. Minyak kelapa dianggap sebagai bahan serbaguna. Ia bisa digunakan untuk memasak, membersihkan benda, perawatan kulit, dan rambut.
Manfaat minyak kelapa untuk rambut digunakan untuk meningkatkan kesehatan dan kondisi rambut. Manfaat minyak kelapa untuk rambut sudah lama digunakan secara alami sebagai produk perawatan rambut. Manfaat minyak kelapa untuk rambut didapat dari sumber vitamin, asam lemak esensial, lemak jenuh, asam laurat, dan antioksidan.
Rambut kering, rusak, tipis, dan kusam bisa diatasi dengan manfaat minyak kelapa untuk rambut. Nutrisi dalam minyak membantu menyegel kelembapan, mengurangi rambut rontok, memperkuat akar, dan menambah kilau. Manfaat minyak kelapa untuk rambut dapat meningkatkan kesehatan rambut secara keseluruhan.
Manfaat minyak kelapa untuk rambut
- Menutrisi rambut
Manfaat minyak kelapa untuk rambut yang pertama adalah menutrisi. Minyak kelapa adalah sumber vitamin, asam lemak esensial, lemak jenuh, asam laurat, dan antioksidan yang baik untuk rambut. Kandungan ini membantu rambut ternutrisi dengan baik, sehat, dan terlindungi dari hormon stres. Minyak kelapa uga dapat melindungi rambut dari kerusakan karena penataan rambut yang berlebihan atau sinar UV.
- Melembapkan rambut
Asam laurat minyak kelapa memiliki berat molekul rendah dan mudah menembus batang rambut. Ini menciptakan lapisan tipis di atas batang rambut, mempertahankan kelembapan, dan menjaga helai rambut terlindung dari panas dan kerusakan. Manfaa minyak kelapa untuk rambut mengurangi kerusakan rambut, mencegah ujung bercabang, dan memperkuat kutikula rambut.
- Melindungi rambut dari sinar matahari
Menurut studi dalam jurnal Collegium Antropologicum, minyak kelapa memiliki faktor perlindungan matahari dengan kemampuan untuk menghalangi sinar ultraviolet (UV). Sinar UV sinar dapat merusak lapisan pada helai rambut. Menggunakan minyak kelapa bermanfaat untuk melindungi rambut Anda dari kerusakan akibat sinar matahari.
- Mengobati ujung rambut yang bercabang
Sebuah tinjauan dalam International Journal of Trichology mengungkapkan bahwa minyak kelapa dapat menyerap kedalam helai rambut secara lebih baik daripada minyak lain sehingga dapat membantu mencegah rambut patah dan bercabang. Minyak kelapa perlu digunakan secara rutin untuk melihat efeknya.
- Membuat rambut jadi lebih hitam berkilau
Tidak hanya patah, rambut yang rusak juga terlihat lebih kusam dari biasanya sehingga bisa membuat kamu jadi tidak percaya diri. Selain minyak kemiri, kamu juga bisa mengaplikasikan minyak kelapa agar rambut kusam menjadi kembali hitam berkilau. Aplikasikan pada malam hari sebelum tidur, lalu bilas rambut di pagi hari menggunakan sampo atau kondisioner.
- Melembutkan rambut
Penggunaan minyak kelapa pada rambut membantu mengembalikan protein yang hilang, sehingga rambut menjadi lembut kembali. Minyak kelapa kaya akan asam laurat dan mudah meresap ke dalam batang rambut, cocok untuk digunakan sebagai kondisioner sehari-hari.
- Mempercepat pertumbuhan rambut
Manfaat minyak kelapa untuk rambut juga baik untuk pertumbuhan rambut. Hasil studi tahun 2015 pada tikus menunjukkan bahwa formula yang mengandung minyak kelapa dapat meningkatkan pertumbuhan rambut dan meningkatkan ketebalan rambut. Para peneliti menyimpulkan bahwa minyak kelapa mampu melindungi rambut dari kerusakan, membalikkan atau mengobati kerontokan rambut.
- Cegah ketombe
Minyak kelapa dapat menenangkan masalah ketombe yang kronis. Manfaat minyak kelapa untuk rambut bekerja sangat baik untuk kulit kepala kering yang mengelupas. Minyak ini bekerja dengan melembapkan kulit kepala dan memulihkan kesehatannya.
- Mencegah kehilangan protein
Asam laurat dalam minyak memiliki afinitas tinggi untuk protein. Manfaat minyak kelapa untuk rambut secara topikal dapat membantu mencegah hilangnya protein rambut dan menjaga rambut tetap sehat, tebal, dan berkilau.
- Meningkatkan sirkulasi darah
Manfaat minyak kelapa untuk rambut juga bisa membantu meningkatkan sirkulasi darah. Ini dilakukan dengan cara memijat kulit kepala secara teratur dengan minyak kelapa. Memijat juga memastikan nutrisi dalam darah mencapai dan memelihara folikel dan menjaga rambut tetap sehat dan tebal.
- Mendinginkan kulit kepala
Minyak kelapa juga bisa digunakan untuk mendinginkan kepala. Ini bisa digunakan di musim panas atau ketika kulit kepala sedang iritas. Minyak kelapa adalah lemak jenuh alami. Kandungan lemak yang tinggi di dalamnya dapat membantu menenangkan iritasi kulit kepala, pengelupasan, dan gatal-gatal. Lemak dalam minyak kelapa juga dapat membantu menyegel kelembapan rambut.