Macarons VS Macaroons
Pada dasarnya, macaron dan macaroon adalah dua jenis kue kering yang berbeda. Tapi sebagian besar dari kalian salah menyebut macaron dengan pelafalan macaroon.
Padahal dua kue kering ini sangat berbeda terutama dari penampilannya. Macaron, (dibaca mack-a-ROHN) adalah kue kering yang berasal dari Prancis berbasis meringue yang terbuat dari tepung almond, putih telur dan gula bubuk atau icing sugar. Macaron bentuk bulat dan ditumpuk seperti sandwiches dengan isian manis seperti selai, buttercream atau ganache. Tekstur luarnya renyah dan lembut di dalam. Tampilannya menarik dengan warna-warna yang lucu menggemaskan.
Macaroon, (dibaca mack-a-ROON) adalah kue kering yang berasal dari Italia. Berbeda dengan macaron, macaroon tidak dibuat dari tepung almond melainkan hanya terbuat dari putih telur, gula, dan kelapa kering sehingga rasanya seperti kelapa.
Ayo kita simak mengapa mereka berbeda.
- Bahan utama membuat macaron dan macaroon sebenarnya sama yaitu putih telur yang dikocok. Namun, ada beberapa bahan utama lainnya yang berbeda. Macaron terbuat dari putih telur yang dikocok dengan gula, garam, ekstrak vanili, dan tepung almond. Sementara macaroon terbuat dari putih telur yang dikocok dengan garam, ekstrak vanili, susu kental manis, dan kelapa parut.
- Biasanya macaron diisi dengan cokelat atau selai buah-buahan. Tekstur cangkangnya seperti telur yang mudah retak dan rasanya tidak semanis macaroon.
Kebanyakan sejarawan setuju bahwa macaron kemungkinan berasal dari abad ke-8 di Venesia, pada waktu yang sama almond diperkenalkan ke wilayah itu oleh orang Arab dan versi awal makanan itu dibuat di beberapa orang daerah. Bahkan, kata "macaron" adalah turunan dari kata Italia "macaroni."
- Perbedaan macaron dan macaroon juga ada pada cara membuatnya. Macaron khas Perancis dibuat dengan dua langkah pembuatan yang utama. Itu adalah mengocok telur dan memasukkan tepung dan bahan lainnya. Lakukan langkah yang pertama dengan mengocok putih telur dan gula hingga kaku. Setelah itu, tambah dengan ekstrak rasa dan pewarna. Masukkan bahan kering seperti tepung ke dalamnya. Aduk perlahan hingga membentuk adonan. Adonan dimasukkan ke dalam piping bag, semprot di atas loyang, dan panggang hingga matang.
Sementara itu, macaroon dibuat dengan cara mencampurkan kelapa parut, susu kental manis, dan vanila ke dalam mangkuk besar. Ketiga bahan tersebut dicampurkan dalam mangkuk. Di lain wadah, kocok putih telur dan garam hingga kaku. Masukkan campurkan kelapa parut ke dalam kocokan putih telur. Aduk hinga membentuk adonan. Ambil satu sendok makan adonan dan taruh di atas loyang. Panggang hingga matang. Biasanya macaroon disajikan untuk teman minum teh.
- Macaroon biasanya dicelupkan ke dalam lelehan coklat. Macaroon dibentuk dengan pipa berbentuk bintang sehingga bentuknya mirip seperti bintang. Di Prancis, macaroon dikenal dengan nama Congolais dan kue kering bertekstur renyah ini sering disajikan pada saat Paskah karena tidak mengandung tepung.
- Nama macaroon juga berasal dari Italia, berasal dari kata "pasta," mengacu pada pasta almond yang merupakan bahan utama dalam resep asli makanan ini.
Selama bertahun-tahun, kue ini menjadi lebih populer terutama di Inggris sebagai macaroon kelapa, karena dulu di sana tidak ada almond.
Macaroon kelapa ini memiliki banyak variasi, mulai dari putih telur dan kelapa, sampai rasa lemon dan cokelat. Rasanya sangat manis, serta mudah retak dan berantakan ketika dimakan.
Perbedaan penampilan dari dua kue kering ini sangat berbeda bukan? Sebaiknya perbaiki pelafalan kalian dengan menyebut macaron dengan benar. Jangan sampai orang asli Prancis atau Itali mendengar kalian mengucapkan pelafalan yang salah.