Manfaat To Do List
Setiap hari pastinya kita melakukan aktivitas yang disebut juga dengan rutinitas. Meskipun dilakukan setiap harinya, gak menutup kemungkinan membuat kita lupa dengan rutinitas yang harus lakukan.
Untuk menghindari rasa lupa itu, setiap orang punya caranya masing-masing. Nah, salah satunya adalah dengan membuat to do list atau daftar apa aja yang harus dikerjain tiap harinya. Mungkin kamu salah satu orang yang selalu membuat to do- list setiap harinya, lho!
Selain untuk menghindari lupa, ada beberapa manfaat lainnya yang akan kamu rasakan apabila rutin membuat to-do-list. Lantas, seberapa penting dan apa saja manfaat membuat to-do-list? Yuk simak artikel ini sampai habis!
Agar kamu ingat terhadap kegiatan kamu
Perlu diketahui, bahwa kemampuan mengingat pada setiap orang itu berbeda-beda. Mungkin ketika kamu sedang fokus untuk mengerjakan sesuatu, kamu jadi lupa akan aktivitas lain yang tidak kalah pentingnya. Hal ini tentu akan sangat merugikan kamu.
Namun, dengan adanya to do list tentu kamu akan lebih mudah untuk mengingat semua aktivitas yang akan kamu lakukan di hari itu, sebab kamu sudah mencatatnya dengan rapi dan urut.
Tidak gampang lupa pada kegiatan / tugas yang akan di kerjakan
Otak manusia ini masih ada keterbatasan. Hal yang kamu ingat juga begitu, ada keterbatasan.
Terkadang kita sudah fokus di kegiatan A. Eh ternyata masih ada kegiatan C, D, dan E yang harus di kerjakan.
Tiba-tiba, sadarnya waktu malam hari, tapi tidak bisa terselesaikan dengan baik.
Dengan membuat to do list, kamu akan tahu ada kegiataan apa saja yang perlu kamu selesaikan di hari itu dan sekiranya membutuhkan berapa banyak waktu untuk menyelesaikannya.
Kamu tahu tugas yang menjadi Prioritas
Dalam 1 hari, pasti ada pekerjaan yang benar-benar sangat PENTING. Dan itu harus kamu selesaikan pada hari itu juga.
Baru, setelah pekerjaan penting selesai, kamu bisa mengerjakan tugas-tugas berikutnya.
Jangan sampai terbalik. Tugas yang penting kamu kesampingkan, tugas yang kurang penting malah kamu dulukan.
Membuat to do list di malam sebelumnya, memungkinkan kamu bisa memiliki waktu yang lebih. Dan sejenak kamu bisa memikirkan dari daftar kegiatan tersebut bisa kamu urutkan daftar yang paling PRIORITAS.
Dengan begitu, kamu bisa lebih fokus pada tugas tersebut dan bisa menyelesaikannya dengan baik, pada hari itu juga.
Semangat makin meningkat
Entah kamu sadari atau tidak, dengan membuat to do list biasanya akan membuat kamu makin bersemangat untuk menjalani hari-hari tersebut. Hal ini dikarenakan kamu mengetahui kegiatan apa saja yang akan kamu lakukan selama hari itu.
Kamu pun mulai menyusun rangkaian aktivitasmu dengan baik, menyesuaikannya agar satu aktivitas dengan aktivitas yang lainnya tidak bertabrakan.
Membuat kamu lebih produktif
Dengan membuat to do list kamu akan jauh lebih produktif. Loh kok bisa? Yaps, seperti yang kita tahu bahwa to do list bertujuan untuk memudahkan kamu dalam mengatur waktu dan menentukan tugas mana yang menjadi prioritas.
Nah, apabila kamu bisa menyelesaikan tugas sesuai dengan waktu estimasi, nantinya kamu bisa mengerjakan hal lain jauh lebih cepat tanpa membuang-buang waktu sehingga to do list bisa membuat kamu jadi lebih produktif.
Belajar bagaimana manajemen waktu
Dengan menuliskan berbagai kegiatan yang akan kamu lakukan, apalagi dilengkapi waktu yang rinci, tentu saja hal tersebut mampu membuat kamu untuk belajar mengenai manajemen waktu dengan lebih baik lagi. Hal ini karena kamu sendiri yang bisa mengatur waktu tersebut dengan menyesuaikan kebutuhanmu.
Membantu mengurangi stres
Dengan membuat to do list, tentu kamu akan lebih mudah untuk bisa menyelesaikan pekerjaan kamu secara lebih cepat dan tepat waktu. Sehingga kamu tidak akan merasa dikejar-kejar terus oleh deadline. Dengan begitu, kamu bisa hidup dengan lebih tenang dan nyaman yang tentunya bisa membuat kamu terhindar dari stres.
Banyak sekali manfaat yang bisa kamu dapatkan dengan membuat to do list di keseharian kamu. Hidup tentunya akan terasa lebih teratur ketika kamu bisa menyusun sendiri jadwal keseharianmu dengan sebaik mungkin. Dengan begitu, kamu akan lebih mudah untuk menyelesaikan segala jenis pekerjaan maupun kegiatan yang ada.