Mengenal Kucing Ragamuffin
Kucing ragamuffin sangat terkenal di kalangan pencinta binatang lantaran sifatnya yang sangat manis dan menggemaskan.
Ragamuffin adalah kucing besar, kuat dengan pertahanan daya tubuh yang baik. Bulu-bulunya cenderung tebal, berukuran panjang, disertai beragam warna dan pola. Kucing jenis ini memiliki mata besar yang ekspresif dan bisa bersahabat dengan manusia. Beratnya bervariasi dari 4-9 kilogram dengan harapan hidup 28 tahun. Kucing Ragamuffin merupakan ras kucing domestik yang juga termasuk dalam varian ras Ragdoll. Ras ini merupakan hasil perkawinan antara ras Ragdoll dengan ras lain. Oleh karena itu penampilan mereka terlihat mirip dengan ras Ragdoll.
Sebenarnya kucing ini mempunyai ukuran kepala yang sedang tetapi dikarenakan terdapat bulu-bulu di wajahnya sehingga kepala kucing terlihat lebih besar. Ukuran telinganya sedang, matanya besar dan mempunyai sorot mata yang ekspresif. Badannya yang besar menjadikan kucing Ragamuffin mempunyai kaki besar dan kokoh pula. Dua kaki depan kucing lebih pendek daripada dua kaki belakangnya. Cakar atau kukunya berbentuk bulat dan besar. Mereka mempunyai ekor panjang dengan bulu lebat sehingga mirip seperti kemoceng.
Kucing Ragamuffin mempunyai bulu cukup panjang, padat, halus, dan lembut. Bulu pada bagian leher lebih panjang daripada bulu pada bagian tubuh yang lain. Untuk warnanya ada biru, putih, perak, cokelat, merah, hitam, ungu, perak, dan krem. Sementara warna matanya adalah hijau, amber, biru, emas, dan odd eye.
Jika kamu melakukan perawatan yang baik dan tepat pada kucing ini. Maka usianya bisa mencapai 18 tahun lebih. Perlu kamu ketahui terlepas dari ciri-ciri kucing Ragamuffin. Kucing ini ternyata suka di manja. Mereka sangat senang jika digendong, dipeluk, dan dicium. Suka dimanja bukan berarti tidak aktif, mereka justru sangat aktif saat masa kanak-kanak saja. Setelah itu, mereka lebih suka bersantai. Namun, jika kamu mengajak kucing ini beraktivitas seperti bermain maka mereka akan mengikuti dengan tenang. Hewan ini cocok dipelihara bagi kamu yang suka ketenangan dan tidak berisik. Sebab kucing ini hanya mengeluarkan suara saat kelaparan saja. Selain sifatnya yang pendiam, mereka juga sangat setia. Bahkan mereka tak segan untuk menunggu sang pemilik di depan rumah.
Ragamuffin punya bulu-bulu yang lembut dan tebal. Ditambah lagi dengan ekornya yang panjang. Secara fisik, ia memang terlihat sangat menggemaskan. Tapi jangan khawatir, perawatannya mudah kok. Karena bulu-bulu ragamuffin gak mudah menggumpal sehingga gak memerlukan perawatan yang terlalu berat. Kamu bisa merawatnya seperti kucing lain dengan perhatian yang sama. Salah satu risiko yang dimiliki oleh kucing ragamuffin adalah masalah kelebihan berat badan. Untuk itu diperlukan pantauan pada setiap asupannya. Memelihara kucing ragamuffin yang penuh kasih sayang bakal jadi menyenangkan setiap harinya.
Demikianlah informasi mengenai kucing ragamuffin. Semoga bermanfaat!