Manfaat Buah Nanas
Buah nanas dikenal karena rasanya yang lezat dan menyegarkan. Nanas merupakan buah serbaguna yang dapat dinikmati dengan banyak cara.
Nanas adalah jenis buah dari famili Bromeliaceae yang memiliki nama ilmiah Ananas comosus Merr. Tanaman nanas memiliki kulit kasar yang keras dan daun runcing di atasnya. Rasa buah nanas adalah perpaduan manis dan sedikit asam yang segar. Buah nanas mengandung sejumlah besar vitamin C yang membantu melawan kerusakan sel, menurut Linus Pauling Institute di Oregon State University. Vitamin C juga menjadi membantu melngatasi masalah kesehatan, seperti penyakit jantung dan nyeri sendi.
Manfaat buah nanas untuk kesehatan:
1. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh
Nanas memiliki manfaat untuk kesehatan tubuh, yakni membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Nanas dengan kandungan vitamin C menjadi sumber utama antioksidan. Kemudian nanas juga memiliki asam amino yang berfungsi untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh seseorang. Vitamin C dan asam amino menjadi zat yang sangat diperlukan tubuh untuk memperbaiki kerusakan sel akibat radikal bebas. Dengan begitu, nanas dapat menjadi salah satu buah yang membantu menjaga stamina agar tetap fit setiap saat.
2. Membuat tulang kuat
Manfaat buah nanas untuk membuat tulang kuat merupakan efek dari mineral mangan yang terkandung di dalamnya. Satu cangkir potongan nanas mengandung 2,6 mg mangan, yaitu mineral yang penting untuk mengembangkan tulang yang kuat dan jaringan ikat, menurut Linus Pauling Institute. Mangan sangat penting untuk kesehatan tulang, termasuk perkembangan dan pemeliharaan tulang. Ketika dikombinasikan dengan nutrisi kalsium, seng dan tembaga, mangan mendukung kepadatan mineral tulang, menurut studi L. Strause, dkk. dalam “Journal of Nutrition”.
3. Menurunkan Tekanan Darah
Di antara vitamin dan mineral lainnya, nanas mengandung banyak kalium. Kalium adalah vasodilator alami yang kuat yang dapat meredakan ketegangan pembuluh darah dan meningkatkan sirkulasi darah ke berbagai bagian tubuh. Saat pembuluh darah kamu rileks, tekanan darah akan berkurang dan aliran darah tidak terlalu dibatasi. Oleh karena itu, nanas dapat membantu mencegah kondisi seperti stroke dan aterosklerosis.
4. Mengobati Batuk dan Pilek
Berkat senyawa bromelain anti-inflamasi dan vitamin C yang sangat tinggi, nanas bisa menjadi obat yang bagus untuk mengobati pilek dan batuk yang parah. Bromelain juga dikenal dapat mengurangi masalah pembengkakan dan pernapasan. Enzim yang terkandung pada nanas dapat mengurangi peradangan dan membersihkan lendir yang berlebihan di sistem pernapasan.
5. Mengandung antioksidan penangkal penyakit
Buah nanas mengandung antioksidan yang dikenal sebagai flavonoid dan asam fenolik, menurut penelitian Xin-Hua Lu, dkk. dalam jurnal “Molecules”. Antioksidan adalah molekul yang membantu tubuh untuk melawan stres oksidatif. Stres oksidatif adalah kondisi tubuh yang mengandung terlalu banyak radikal bebas. Akibatnya, terjadi kerusakan yang terkait dengan peradangan kronis, sistem kekebalan yang melemah dan banyak penyakit berbahaya.
6. Membantu mencegah kanker
Kandungan enzim bromelain dalam buah nanas dapat membantu mencegah kanker. Menurut penelitian dalam jurnal “PLOS One”, Usus manusia dapat menyerap bromelain tanpa degradasi atau kehilangan sifat biologisnya. Penelitian menunjukkan bahwa bromelain dapat menghambat pertumbuhan sel dan menginduksi apoptosis sel pada kanker sehingga sel menjadi mati. Pada kanker lambung, pengobatan bromelain dapat mengurangi pertumbuhan sel dan gangguan DNA yang signifikan.
7. Mencegah Penyakit Jantung
Setelah ditelusuri, ternyata buah nanas memiliki manfaat untuk mencegah penyakit jantung. Buah nanas memiliki kandungan vitamin C yang berperan penting dalam mencegah oksidasi kolestrol. Kandungan tersebut juga membantu mencegah perubahan plak penyumbat arteri. Kemudian kandungan potasium dan mineral di dalam buah nanas dapat membantu menyeimbangkan jumlah air yang disimpan tubuh. Kandungan natrium berlebih dan kalium yang belum tercukupi dapat menyebabkan tekanan darah tinggi. Grameds bisa minum jus buah nanas secara rutin demi mendapatkan kalium yang cukup untuk memastikan elektrolit seimbang.
8. Meningkatkan Kesehatan Mata
Untuk menjaga kesehatan mata, kamu perlu melindungi penglihatan mata yang berperan penting. Sel-sel pada mata cenderung rusak seiring bertambahnya usia. Hal itu kerap disebut sebagai degenerasi makula. Meningkatkan asupan vitamin A dapat menjadi salah satu cara terbaik untuk mencegah degenerasi makula. Kandungan beta karoten pada buah nanas dapat berubah menjadi vitamin A. disarankan untuk mengonsumsi buah yang kaya akan vitamin A untuk mengurangi risiko katarak. Dengan begitu, buah nanas memiliki manfaat dalam membantu meningkatkan kesehatan mata.
Nah itu dia beberapa manfaat buah nanas. Semoga bermanfaat!