Tempat Terpencil Di Dunia
Puluhan tahun yang lalu, berkunjung ke suatu tempat adalah hal yang sulit. Semakin jauh lokasinya, semakin sulit juga perjalanannya.
Ternyata, di dunia ini masih ada tempat paling terpencil yang masih dihuni manusia meskipun letaknya sangat jauh di ujung bumi. Jauhnya jarak, sulitnya akses, ataupun minimnya fasilitas di tempat paling terpencil di dunia tersebut tak membuatnya jadi tak menarik lagi. Sebaliknya, para pecinta petualangan yang ingin mengunjungi tempat-tempat yang masih asri dan alami di muka bumi ini sangat berminat mengunjunginya. Berikut ini 5 tempat paling terpencil di dunia:
1. Paro Taktsang, Bhutan
Sama seperti yang ada di Meteora, Yunani, tempat ini juga merupakan kuil suci untuk pemuka agama Buddha. Bangunannya yang terletak di atas tebing pegunungan, membuatnya menjadi tempat yang tenang. Tempat ini dibangun tahun 1692, di sekitar Gua Taktsang Senge Samdup. Menurut cerita, kuil ini dibangun di area tersebut karena merupakan tempat Guru Padmasambhava bermeditasi selama tiga tahun, tiga bulan, tiga hari dan tiga jam di abad ke-8. Tempat ini juga dikenal dengan nama Tiger's Nest atau Sarang Harimau.
2. Kepulauan Pitcairn, Samudera Pasifik
Kepulauan Pitcairn menjadi tempat paling terpencil di dunia selanjutnya. Sebenarnya, Kepulauan Pitcairn terdiri dari empat pulau, namun hanya ada satu pulau yang dihuni oleh manusia, itu pun hanya tujuh orang. Tidak seperti dua tempat terpencil sebelumnya, Pulau Pitcairn tidak memiliki bandara, sehingga tidak ada penerbangan menuju pulau ini. Satu-satunya cara untuk bisa sampai ke sana adalah menempuh perjalanan selama 32 jam dengan menggunakan kapal pesiar.
3. Tristan da Cunha
Oymyakon memang terpencil, tetapi itu tidak ada apa-apanya jika dibandingkan dengan Tristan da Cunha. Mendapatkan predikat sebagai tempat paling terpencil di dunia, Tristan da Cunha adalah sebuah pulau di Samudera Atlantik Selatan. Negara terdekat dari pulau ini adalah Afrika Selatan, dan merupakan bagian dari wilayah Inggris. Pulau ini dihuni oleh 300 orang, dan mereka semua berbicara bahasa Inggris. Nah karena negara terdekatnya adalah Afrika Selatan, maka satu-satunya akses menuju Tristan da Cunha adalah melalui negara ini. Kamu bisa menggunakan pesawat terbang dari Cape Town menuju ke Tristan da Cunha. Sayangnya, dalam satu tahun, hanya ada sembilan penerbangan ke Tristan da Cunha, jadi sepertinya akan sulit untuk pulang.
4. Desa Supai, Arizona, AS
Desa Supai dihuni oleh 208 penduduk tetap dan terletak tepat di dekat Grand Canyon, sebuah destinasi wisata paling banyak dikunjungi di AS. Desa terpencil yang terletak di barat daya Grand Canyon ini merupakan pusat peradaban suku Havasupai. Havasupai berarti “Penduduk Perairan Hijau Biru” yang merujuk kepada deretan air terjun yang berada di sepanjang sungai Havasu. Siapapun yang berminat mengunjungi Desa Supai harus siap mendaki atau menunggang kuda sejauh 12 km, atau menyewa helikopter.
5. Lukomir, Konjic, Bosnia-Herzegovina
Desa ini juga merupakan tempat paling terpencil di negara Bosnia-Herzegoniva. Penduduk di sana dipercaya sudah tinggal selama ratusan tahun secara turun-temurun. Seluruh rumah di sana dibangun dengan dinding batu dan atap kayu. Karena tempat ini memiliki budaya yang masih asli dan alam yang indah, tempat ini sering dijadikan sebagai lokasi pembuatan film.
Itulah tempat terpencil di dunia. Semoga bermanfaat!