Kapal Kontainer Raksasa
Menurut International Chamber of Shipping, ada lebih dari 50.000 kapal dagang yang beroperasi di lautan saat ini.
Kapal kontainer (kapal tongkang) adalah kapal kargo yang mengangkut muatan dalam kontainer berukuran besar. Mereka diklasifikasikan ke dalam berbagai kategori, berdasarkan daya dukungnya.
Saat ini, ada tujuh jenis kapal kontainer utama yang beroperasi. Dalam urutan naik, mereka adalah - Small Feeder, Feeder, Feedermax, Panamax, Post Panamax, New Panamax (atau Neo Panamax) dan Ultra Large Container Vessel (ULCV). Pada tahun 1956, Malcolm McLean menciptakan kapal di industri pengiriman kargo dengan memperkenalkan ide kapal kontainer untuk pertama kalinya.
Sejak saat itu, perlombaan untuk membangun kapal yang paling efisien sedang berlangsung, menghasilkan beberapa kapal kontainer terbesar di dunia dalam batasan fisika. Kapal kontainer terbesar sekarang menyaingi kapal tanker minyak mentah dan kapal curah sebagai kapal angkutan laut komersial terbesar.
Dikutip dari marineinsight.com, berikut ini kapal container raksasa di dunia berdasarkan kapasitasnya, yang diukur dalam TEU (Twenty-foot equivalent unit).
1.HMM Algeciras
HMM Algeciras adalah kapal dengan wadah terbesar di dunia dengan kapasitas 24.000 TEU. Kapal kontainer ini juga dianggap sebagai salah satu kapal kontainer paling berteknologi maju di dunia. Kapal berbendera Panama ini memiliki panjang 399,9 m dengan kedalaman 33,2 m.
2.HMM OSLO
HMM Oslo adalah sistership dari kapal kontainer terbesar di dunia HMM Algeciras dan HMM Copenhagen. Dibangun oleh Samsung Heavy Industries, HMM Oslo bersama dengan kapal saudaranya melakukan pelayaran perdananya pada tahun 2020. Panama Flagged Vessel memiliki panjang 400 meter dan lebar 61,50 meter dengan draft maksimum 16,50m. HMM Oslo memiliki kapasitas angkut 23.792 TEU, hanya 172 TEU lebih kecil dari HMM Algeciras yang merupakan kapal terbesar di dunia.
3.MSC Gulsun
MSC Gulsun merupakan kapal kontainer terbesar ketiga di dunia dengan kapasitas kapal 23.756 TEU. Kapal ini adalah kapal pertama dari jenisnya yang dapat mengangkut 24 kontainer secara berdampingan melintasi lebar lambungnya. Kapal MSC Gulsun memiliki panjang 400 meter dan lebar 62 meter. Kapal ini dibangun oleh Samsung Heavy Industries dan terdaftar di Panama. Kapal dioperasikan oleh Perusahaan Pengiriman Mediterania.
4.MSC Mina
MSC Mina juga termasuk dalam kelas kapal kontainer Gulsun. Dioperasikan oleh Perusahaan Perkapalan Mediterania, MSC Mina memiliki kapasitas angkut peti kemas 23.656 TEU. Dibangun oleh Daewoo Shipbuilding and Marine Engineering, kapal ini berukuran panjang sekitar 400 meter dan lebar 61 meter.